Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sitrun, Mudah dan Murah!

17/06/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sitrun, Mudah dan Murah!
Berikut ini merupakan tahapan-tahapan cara membersihkan blok mesin dengan sitrun yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Amat mudah kok dan biayanya tidak sampai Rp10.000!

Membuat tampilan mobil bersih luar dalam memang dambaan setiap orang. Karenanya rutin mencuci mobil sebaiknya dilakukan minimal setiap akhir pekan. Sehingga tidak ada debu atau kotoran yang terendap terlalu lama di mobil baik pada bagian eskterior maupun di interior. Menjaga kondisi mobil tetap bersih juga akan mengurangi risiko Anda dan penumpang lainnya tercemar bakteri atau virus.

Selain kondisi eksterior dan interior yang kinclong, Anda juga tentu menghendaki bagian ruang mesin sama bersihnya. Namun terkadang kendala datang saat hendak membuat tampilan ruang mesin juga selalu bersih seperti mobil baru. Banyaknya komponen kelistrikan tentu untuk melakukan pembersihan di area ini tidak bisa sembarang. Salah-salah bukannya bersih, namun mesin malah jadi error atau bahkan terjadi konseting yang bisa memicu timbulnya kebakaran.

Dan kami pun tidak menyarankan Anda membersihkan ruang mesin dengan cara disemprot dengan air bertekanan tinggi. Karena sudah pasti tindakan itu akan merusak komponen pada mesin tersebut. Mungkin efek negatifnya tidak dirasakan langsung. Namun bayangkan jika ada air yang masuk ke ruang mesin dan menimbulkan water hammer sehingga merusak piston? Pastinya biaya untuk memperbaikinya jauh lebih mahal dibanding biaya untuk mencuci mesin tersebut.

Sebagai solusinya, seringkali pemilik mobil menyerahkan pekerjaan membersihan ruang mesin ini ke tempat car detailing. Sayangnya jasa untuk pekerjaan itu bagi sebagian orang cukup mahal. Belum lagi Anda harus datang sendiri ke lokasi car detailing tersebut, yang terkadang lokasinya cukup jauh dari kediaman Anda. Belum lagi jika harus menunggu antrean cukup lama karena ada konsumen lain yang datang atau sudah melakukan booking lebih awal.

Padahal ada lho cara membersihkan ruang mesin yang dapat Anda kerjakan sendiri dan tidak butuh bahan-bahan berharga mahal. Berikut penjelasan lengkapnya dari Cintamobil.com

1. Cuma Butuh Modal Kurang dari Rp10.000

Bubuk citric acid atau citrun

Gunakan bubuk kimia ini untuk mengangkat berbagai kotoran membandel di ruang mesin

Trik untuk membersihkan ruang mesin mobil yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan sitrun alias asam sitrat. Punya nama lain citric acid, bahan kimia ini kerap kali dipakai untuk membersihkan pakaian atau alat-alat rumah tangga dari noda membandel yang dicak mampu terangkat oleh sabun biasa. Dan ternyata sitrun juga bisa dipakai untuk membersihkan mesin mobil termasuk bagian blok mesin yang biasanya dipenuhi debu, kotoran, sampai sisa-sisa oli.

Cara membersihkan blok mesin dengan sitrun juga tak butuh menguras isi dompet dibanding Anda datang ke tempat-tempat car detailing. Cukup beli bahan kimia berbentuk bubuk tersebut yang mudah ditemukan di toko-toko bahan kebutuhan pokok di sekitar kediaman Anda. Harganya juga amat murah, berkisar Rp2.000 hingga Rp5.000 tergantung ukuran kemasannya.

>>> 3 Bahan Sederhana Ini Ternyata Bisa Jadi Pengganti Shampo Mobil Lho!

2. Siapkan Alat-alatnya

Membersihkan blok mesin mobil

Semprot cairan larutan sitrun ke mesin dan gosok dengan kuas

Lalu bagaimana cara membersihkan blok mesin dengan sitrun agar membuat ruang mesin mobil Anda kinclong seperti mobil baru? Pertama-tama tentu persiapkan dulu alat-alat yang dibutuhkan. Yaitu sitrun, alat semprotan air untuk tanaman, sabun cuci piring bentuk cair secukupnya, ember berisi air bersih secukupnya, kuas cat ukuran sedang dan ukuran kecil yang bersih, dan lap kering yang bersih.

Pertama-tama isi ember dengan air bersih secukupnya kira-kira setengah dari ukuran ember tersebut. Kemudian campurkan 4 sendok makan cairan sabun cuci piring ke dalam air pada ember tersebut. Baru kemudian masukkan pula bubuk sitrun dengan takaran cukup 2 sendok makan ke dalam larutan air dan sabun cuci piring cair tadi. Lalu aduk air dalam ember sampai merata.

>>> 5 Manfaat Cuka untuk Merawat Eksterior dan Interior Mobil Anda

3. Cara Menggunakannya

Engine car detailing

Hati-hati untuk membersihkan area kabel, soket, dan sekring

Jika larutan sabun cuci piring dan sitrun telah tercampur rata dalam ember, tuangkan air tersebut ke tempat semprotan air yang biasanya dipakai untuk menyemprot tanaman. Tidak perlu terlalu penuh agar cairan tidak tercecer mengenai permukaan cat mobil. Kemudian tutup rapat penutup sempotan dan pastikan cairan keluar dengan sempurna melalui ujung semprotan.

Mulai lah lakukan pembersihan. Caranya semprotkan bagian mesin yang akan dibersihkan dengan cairan sitrun tadi. Lalu gosok menggunakan kuas cat yang sudah disiapkan sampai noda terangkat. Bersihkan dahulu sedikit demi sedikit sampai seluruh permukaan blok mesin tak lagi ada noda. Gunakan kuas ukuran lebih kecil untuk sudut-sudut yang sulit terjangkau. Jika semuanya sudah dirasa bersih, lap permukaan blok mesin hingga kering.

Mengelap mesin mobil

Lap hingga kering saat ruang mesin dirasa sudah bersih

Cara membersihkan blok mesin dengan sitrun ini akan memberikan efek ruang mesin yang terlihat jauh lebih bersih daripada sekedar dilap dengan lap basah atau kanebo. Tapi perlu diingat, karena mengandung air, sebaiknya hindari menyemprot bagian kabel-kabel, soket, saklar, serta sekring kerena khawatir terjadi kosleting. Kalau pun ada yang terkena kabel, maka sebaiknya bagian tersebut langsung di lap kering.

>>> Tips dan trik perawatan mobil yang lainnya bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top