Cara Bikin Cat Mobil Kinclong Lagi, Bisa Dilakukan di Rumah Lho!

12/10/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Cat mobil bisa cepat kusam bila tak dilakukan perawatan dengan baik. Nah, berikut ini cara membuat cat mobil kinclong lagi dan bisa dilakukan di rumah lho!

Perawatan mobil tak melulu soal servis berkala di bengkel resmi. Satu hal yang tak kalah penting dari merawat mobil adalah membuat tampilannya selalu kinclong. Oleh karena itu diperlukan juga perawatan bodi mobil agar penampilannya kembali mempesona. 

Membuat cat mobil kinclong sebenarnya bukan hal sulit. Bahkan Anda bisa melakukannya di rumah ketika waktu senggang. Berikut ini tips membuat cat mobil Anda kinclong lagi yang bisa dilakukan dari rumah seperti dikutip laman Suzuki Indonesia. 

>>> Tips Merawat Bodi Mobil Setelah Terkena Air Hujan

1. Mencuci Mobil dengan Rutin dan Benar

Mencuci mobil merupakan hal mudah yang kerap diabaikan oleh para pengendara. Tak sedikit pengendara yang menunda untuk mencuci mobilnya meski kondisinya sudah kotor. Terlebih ketika memasuki musim hujan seperti sekarang di mana kotoran mudah menempel di bagian bawah mobil dan mengeras serta membekasi di bodi. 

cuci mobil siang hari

Hindari untuk mencuci di bawah sinar matahari langsung

Perlu diketahui, kotoran yang menempel pada bodi mobil itu akan membuat catnya cepat kusam. Maka dari itu, ketika kondisi sudah memungkinkan segeralah mencuci mobil. Anda bisa mencuci dengan shampo khusus mobil. Pastikan menggunakan air dingin dan juga cuci di tempat yang teduh. 

Setelah itu mobil wajib dikeringkan agar noda air tidak muncul dan merusak cat mobil. Usai mencuci tampilan mobil akan mengkilap kembali. 

 2. Pakai Wax

Kalau sudah dicuci bersih dan dikeringkan, Anda bisa langsung memanfaatkan wax untuk mencegah lapisan cat terkikis. Wax merupakan lilin yang akan memberikan lapisan pelindung tambahan pada bodi mobil. 

Cara menggunakan wax untuk membuat cat mobil mengkilap terbilang mudah. Anda bisa mengaplikasikannya di permukaan bodi yang kering dan bersih. 

perawatan cat mobil dari Meguiar's

Penggunaan wax bisa membuat cat mobil kinclong lagi

Kemudian poles langsung wax dengan spons atau kain yang lembut. Lakukan gerakan memutar sampai merata dan diamkan 5 menit. Baru setelah itu Anda bisa membersihkan bekas wax dengan lap kering. 

>>> Biar Cat Awet, Begini Cara Mencegah Kucing Nangkring di Atas Mobil

3. Jangan Menggunakan Compound Berlebihan

Menggunakan compound bisa dibilang merupakan cara singkat untuk menghilangkan goresan kecil pada mobil. Tapi perlu dicatat ya, jangan digunakan di bodi mobil yang masih mulus karena justru bisa merusaknya. 

Hindari pemakaian compound terlalu sering. Penggunaan compound berlebihan tak lantas membuat mobil jadi mengkilap. 

4. Menggunakan Obat Poles

Cara poles mobil dengan tangan

Gunakan lap microfiber untuk mengelap usai menggunakan obat poles

Satu cara lain yang Anda bisa lakukan agar cat mobil kinclong lagi adalah menggunanakan obat poles. Anda bisa membeli obat poles yang sama dengan cat mobil. Sebaiknya diaplikasikan setelah mobil selesai dicuci untuk menghindari adanya kotornya menempel dan ikut terlapisi di dalamnya. 

Caranya, Anda bisa menggunakan spons yang masih bersih dan kering untuk menggunakan obat poles pada bodi mobil. Setelah itu diqmkan sesaat hingga mengering. Kalau sudah kering, Anda bisa langung mengelapnya dengan menggunakan lap microfiber. 

>>> Cara Cek Cat Mobil Masih Orisinil atau Tidak

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top