Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Daihatsu Rocky Turbo

16/07/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Berikut Kelebihan Dan Kekurangan Daihatsu Rocky Turbo
Sebagai media yang punya kredibilitas dalam menguji kendaraan, berikut kami sampaikan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky Turbo berdasarkan hasil tes kami

Bisa dibilang Daihatsu Rocky merupakan rising star dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Hype mobil ini luar biasa, sejak diluncurkan akhir bulan April 2021 lalu ia mampu mencatatkan penjualan (Wholesales) 3.471 unit. Sebagai pendatang baru yang sangat laku, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky Turbo.

Foto Daihatsu Rocky 1.0 R ADS CVT 2021 warna hitam

Kami akan paparkan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky

Dan sebagai media yang punya kredibilitas dalam menguji kendaraan baru, tentu tim Cintamobil.com tak boleh asal cuap saja. maka, berikut ini kami sampaikan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky Turbo berdasarkan hasil tes yang kami lakukan terhadap mobil ini.

Kelebihan Daihatsu Rocky Turbo

1. Desain Maskulin

Foto Daihatsu Rocky 1.0 R ADS CVT merah 2021

Desain jadi salah satu kekuatan Daihatsu Rocky

Desain merupakan poin plus dari Daihatsu Rocky Turbo. Tampilannya yang gagah dan maskulin membuatnya mudah untuk diterima oleh konsumen. Selain itu pilihan warnanya juga cukup banyak, total ada enam pilihan warna 'biasa', dan dua pilihan kelir special color.

2. Performa Mesin

Performa mesin juga tak bisa dianggap remeh di mobil ini. Kami sudah tes sendiri pakai alat berbasis satelit bernama Racelogic Performance Box untuk tes akselerasi. Untuk Daihatsu Rocky Turbo bertransmisi manual mampu berlari dari 0-100 km/jam hanya dalam tempo 10,5 detik saja.

Gambar Daihatsu Rocky ADS

Supremasi Rocky sangat terlihat ketika kami melakukan pengetesan

Sedangkan untuk performa konsumsi BBM, SUV mungil racikan Karawang ini juga mampu memperlihatkan supremasinya. Di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam ia mampu mencatat angka 16,8 kilometer per liter (km/l), sementara di tol dengan average speed 90 km/jam konsumsi BBM mobil ini di 19,5 km/l.

>>> Test Drive Daihatsu Rocky 1.0 R ADS MT 2021: Transmisi Manualnya Mengejutkan!

3. Kepraktisan Kabin

Keunggulan interior Daihatsu Rocky salah satunya adalah ruang penyimpanan berlimpah. Seperti adanya kantung untuk menyimpan ponsel di bawah trim tuas transmisi. Lalu ada lagi console box di antara kursi penumpang depan dan kursi pengemudi yang dapat digunakan untuk meletakkan suatu benda.

Gambar bagasi Daihatsu Rocky

Kabin praktis, cocok untuk keluarga muda

Kapasitas bagasi 369 liter juga jadi salah satu keunggulannya, juga jika Anda membutuhkan konfigurasi rata lantai, deck board bisa dinaikkan ke atas dan bisa mengakomodir kabin rata lantai dengan pelipatan kursi baris kedua 60:40.

4. Kelengkapan Fitur

Fitur yang berlimpah juga menjadi kunci Daihatsu Rocky merebut hati pasar. Bahkan, untuk Rocky tipe M bermesin 3-silinder 1.200 cc saja masih dilengkapi dengan audio mumpuni dan kelengkapan kabin yang hanya sedikit dilucuti saja.

Foto headlamp Daihatsu Rocky

Fitur lengkap dikombinasi dengan harga memikat

Untuk trim termahal yakni Rocky Astra Daihatsu Styling (ADS) dan Advance Safety Assist (A.S.A) bermesin 3-silinder 1.000 cc turbocharger malah sudah dilengkapi dengan tambahan subwoofer untuk audio dan tentunya peranti fitur tingkat lanjut yang bisa menambah keamanan Anda saat berkendara.

5. Jaringan Servis

Gambar Daihatsu Mobile Service

Bahkan bila Anda tak sempat ke bengkel, bisa kontak Daihatsu Mobile Service

Anda tak perlu khawatir saat hendak melalukan perawatan Daihatsu Rocky yang Anda miliki. Sebab ia memiliki layanan purna jual yang begitu kuat. Berbekal jaringan dealer yang hingga tahun 2021 ini sejumlah 256 outlet dan tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

>>> Komparasi Biaya Servis Toyota Raize vs Daihatsu Rocky di Atas 50.000 Km

Kekurangan Daihatsu Rocky Turbo

1. Posisi Mengemudi

Foto layout dashboard Daihatsu Rocky Turbo

Posisi mengemudi bukan yang terbaik di kelasnya

Salah satu kekurangan Daihatsu Rocky yang kami rasakan saat mengetes langsung Daihatsu Rocky Turbo adalah soal posisi mengemudinya. Yang kami rasakan adalah posisi mengemudi bukan yang terbaik di kelas ini, hal itu dikarenakan adjustment terbatas dan enggak ada pengaturan setir teleskopik.

2. Bantingan Suspensi

Gambar tampilan belakang Daihatsu Rocky

Ia memang stabil, tapi agak limbung saat dibawa bermanuver cepat

Kekurangan Daihatsu Rocky yang kedua menurut kami adalah bantingan suspensi. Yes, ia memang terasa stiff dan cukup stabil saat dikendarai dengan kecepatan tinggi, namun dibandingkan para rivalnya menurut kami masih terasa agak keras tapi saat dibawa bermanuver juga terasa limbung.

3. Build Quality

Foto headunit Daihatsu Rocky

Sayangnya kami masih menemukan gap interior yang tidak konsisten

Hal ketiga yang menjadi kekurangan Daihatsu Rocky adalah soal kualitas buatannya. Terutama di sisi interior, kami menemukan beberapa panel yang gap (jaraknya) kurang presisi dan seharusnya hal tersebut bisa dieliminir oleh para quality control dari PT ADM.

4. Tak Ada Deffoger Belakang

Gambar tampilan belakang Daihatsu Rocky

Tak ada deffoger belakang bisa jadi salah satu nilai minus Daihatsu Rocky

Fitur esensial Rocky sudah cukup lengkap, namun ketiadaan deffoger belakang menurut kami bisa menjadi salah satu kekurangan Daihatsu Rocky. Apalagi bagi konsumen yang feature freaks (penggila fitur). Tapi, hembusan AC yang terasa hingga ke penumpang belakang bahkan bagasi mungkin jadi salah satu alasan absennya fitur ini.

5. Getaran Mesin

Sebenarnya kami cukup surprise terhadap mesin 1KR-VET yang tersemat di balik bonnet Daihatsu Rocky ini. Memang ia masih pakai basis mesin KR series seperti di Daihatsu Ayla, tapi pengembangan yang dilakukan luar biasa. Bila Anda kurang peka, getaran nyaris tak terasa alias sangat minim.

Foto mesin 1KR-VET Daihatsu

Menurut kami getaran mesinnya masih bisa diredam oleh engineer ahli Daihatsu

Bahkan mesin ini kami berani sejajarkan dengan mesin 3-silinder 1.500 cc berkode B38 yang jadi jantung pacu SUV premium BMW X1. Vibrasi bisa sedemikian minim berkat penerapan engine balancer anyar dikombinasi dengan engine mounting baru. Tapi, menurut kami peredam getarannya seharusnya masih bisa lebih halus lagi.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top