Ban Mobil Benjol, Apa Sih Penyebabnya?

Share this post:
Ban Mobil Benjol, Apa Sih Penyebabnya?
Ban mobil benjol bukan tanpa sebab, bahkan sering kali kondisi kerusakan pada ban ini akibat perilaku perawatan dan berkendara si pemilik mobil itu sendiri. Mau tau apa saja penyebabnya?

Beberapa pengguna mobil kerap mengeluh ada satu dari keempat ban kendaraannya yang mengalami benjolan. Ya benjolan, seperti layaknya manusia jika bagian kepalanya beradu dengan benda tumpul, maka sebagian permukaan kulit pada kepala tersebut akan membengkak yang sering disebut benjol.

>>> 5 Penyebab Retak Ban Mobil, Serta Tips Mencegahnya

Tetapi ban mobil benjol bukan karena bengkak, namun ada hal lain. Bahkan terkadang hal itu tidak disadari disebabkan oleh si pemilik mobil itu sendiri. Apa saja penyebab ban benjol? Berikut penjelasannya:

1. Tekanan Angin Ban

ukur tekanan nagin ban mobil

Selalu jaga tekanan angin ban sesuai standar pabrikan

>>> Promo mobil baru yang menarik selalu ada disini

Tanpa Anda sadari, tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil akan membuat ban benjol. Bisa karena ban kurang tekanan angin, sementara mobil Anda membawa beban berat. Atau bisa juga karena ban menggunakan tekanan angin yang berlebih.

Tekanan ban yang tidak merata inilah yang bisa membuat sebagian permukaan ban menonjol. Hal ini bisa terjadi apabila kondisi ban terutama bagian dindingnya sudah tidak mampu menahan tekanan angin yang tidak sebanding dengan beban pada kendaraan.

2. Jalan Berlubang

jalan berlubang

Sebaiknya kurangi kecepatan saat melintas di jalan berlubang

Jika Anda kerap melintas di jalan berlubang juga bisa jadi penyebab ban benjol. Saat Anda menghajar lubang, maka yang pertama kali yang akan terjadi adalah ban terjepit antara pelek dan permukaan jalan yang rusak tadi.

>>> Banyak mobil bekas berkualitas disini

Bayangkan jika Anda menghajar lubang dengan kecepatan tinggi, maka jepitan ban ke pelek akan lebih keras yang pada akhirnya merusak kawat bagian sisi ban. Inilah yang kemudian membuat ban mobil benjol.

Untuk mencegah ban mobil benjol, sebaiknya selalu lakukan merawat ban mobil, misalnya dengan mengecek tekanan angin ban sebelum berkendara, dan usahakan untuk menurunkan kecepatan saat akan melintasi jalan berlubang.

>>> Tips & trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil Anda?

14/05/2019

Perawatan dan service

6 menit

Mengetahui angka tekanan angin ban mobil sebenarnya sangatlah mudah, yakni bisa melihat melalui buku petunjuk manual kendaraan tersebut atau pada plat informasi tekanan angin ban. Plat informasi tekanan angin ini berada di balik pintu pengemudi.

Lihat juga

Ban Kekurangan Angin Lebih Berbahaya Dari Kelebihan Angin, Kok Bisa?

Ban memegang peranan penting dalam sebuah mobil, oleh karena itu tekanan anginnya harus sesuai dengan spesifikasi pabrik. Namun demikian, ban kekurangan angin dinilai lebih berbahaya. Mengapa demikian?

Lihat juga

Cara Mengemudi Mobil Melewati Jalan Berlubang

06/05/2017

Pengemudian

Mengurangi kecepatan mobil. perhatikan kedalaman lubang, pegang kemudi dengan kuat, hindari dinding ban tergesek pinggir luang adalah cara untuk Anda selamat jika mengemudi mobil melewati jalan berlubang.

Lihat juga

Review Subaru WRX STI 2012

29/07/2018

Editor rate:

Subaru Indonesia yang sudah melenggang di Tanah Air sejak tahun 1970an, memiliki produk inovatif dan dinilai cukup berkompeten. Produk tersebut dinamai, Subaru WRX yang diperbarui pada tahun 2012 lalu. Meski perjalanan perusahaan Motor Image selaku distributor Subaru di Indonesia kurang sukses, namun nyatanya produk Subaru WRX STI banyak dicari oleh peminat-peminat mobil sedan. Bagaimana cerita selengkapnya? Mari kita simak review Subaru WRX STI 2012.

Lihat juga

Harga Chevrolet Captiva Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

Chevrolet

Tidak dapat dipungkiri kategori Sport Utility Vehicle (SUV), memang sedang diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Hal ini yang kemudian membuat banyak pabrikan mobil terus menghadirkan produk-produk SUV inovatif. Chevrolet selaku pemain lama di dunia otomatif, juga ikut meramaikan pasar SUV dengan mengusung produk teranyarnya Chevrolet Captiva. Apa saja fiturnya? Berapa harga Chevrolet Captiva ini?

Lihat juga