3 Cara Menyimpan Ban Mobil Biar Awet

15/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
3 Cara Menyimpan Ban Mobil Biar Awet
Banyak pemilik mobil yang salah dan tidak mengetahui cara penyimpan ban mobil di rumah. Padahal jika disimpan dengan baik dan benar, ban tetap bisa dipakai hingga lima tahun lho... Yuk perhatikan caranya!

Terkadang Anda memiliki beberapa ban cadangan yang disimpan di rumah. Ban cadangan ini biasanya terdiri dari satu set atau empat buah, atau minimal dua buah. Saat disimpan di rumah, Anda perlu memperhatikan cara menyimpan ban mobil. Ini agar ban mobil tetap awet dan bisa dipakai saat dibutuhkan.

>>> Tips Merawat Ban Mobil

Memiliki stok ban yang tidak dipakai memang bagus untuk mengantisipasi kalau-kalau ada ban di mobil Anda yang mengalami pecah atau robek. Tetapi jangan asal ya saat menyimpan ban cadangan ini.

Berikut tiga cara menyimpan ban mobil biar tetap tahan lama:

1. Posisi

ban mobil ditumpuk

Perhatikan posisi menyimpan ban, ditumpuk atau dijejer

Perhatikan posisi penyimpanan ban. Walaupun biasanya ban diletakkan di dalam ruang gudang, namun jangan asal menumpuk atau meletakkannya begitu saja ya. Untuk ban yang terpasang pelek, maka sebaiknya ban disimpan dengan cara direbahkan ke lantai dan ditumpuk.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Jika ban cadangan ini dismpan tanpa terpasang dengan pelek, maka sebaiknya simpan ban mobil dengan posisi berjejer vertikal. Jangan menumpuk ban atau digantung, sehingga ban tetap kokoh dan dapat tetap digunakan sewaktu-waktu.

2. Lokasi

toko ban mobil

Simpan ban di tempat yang teduh

Sebaiknya pilih lokasi penyimpanan yang memiliki kelembaban cukup. Simpan ban di ruang tertutup dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Namun jangan juga simpan ban pada ruangan yang terlalu lembab. Hal ini untuk menjaga elastisitas dari karet ban tersebut.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

3. Waktu

Gudang ban mobil

Jangan simpan ban terlalu lama

Yang perlu diperhatikan dari cara menyimpan ban mobil adalah waktu penyimpanan. Sebaiknya ban jangan disimpan terlalu lama. Jika ban belum pernah digunakan sama sekali, maka waktu penimpanan bisa sampai 5 tahun sejak Anda membeli ban tersebut.

Namun jika ban sudah pernah dipakai, sebaiknya simpan ban hanya maksimal selama tiga tahun. Jika tidak mengetahui cara menyimpan ban mobil yang benar, dan disimpan ban terlalu lama, maka elastisitas ban semakin menurun seiring berjalannya waktu. Ban pun menjadi getas dan berbahaya untuk digunakan.

>>> Tips & trik lain bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tanda-Tanda Ban Mobil Anda Harus Diganti

Ban merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah kendaraan. Jadi mengganti ban jika ban sudah rusak.

Lihat juga

Tips Mengganti Ban Dengan Ukuran Lebih Besar

Mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar menjadi salah satu trend sekarang. Namun jika ingin mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar, apa yang harus kita memperhatikan dan gimana caranya?

Lihat juga

Arti Kode-Kode Pada Ban Mobil

06/05/2017

Perawatan dan service

3 menit

Ban dianggap sebagai salah satu komponen terpenting dari kendaraan, setiap ban memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Masing-masing jenis disesuaikan dengan fungsi dan tipe kendaraan yang memakainya.

Lihat juga

Review Suzuki Karimun Wagon R Facelift 2017

17/04/2019

Editor rate:

Suzuki Karimun adalah salah satu pionir mobil perkotaan alias city car di Indonesia. PT Indomobil Suzuki selaku APM sebelum PT Suzuki Indomobil Sales memasukkan varian ini ke Indonesia pada tahun 1999, dan langsung mendapat sambutan luar biasa. Lantas bagaimana impresi kami mengenai facelift terakhir dari Suzuki Karimun Wagon R 2017? Simak ulasan kami hingga tuntas.

Lihat juga

BMW 6 Series 2021: Harga mobil BMW 6 Series & Promo Januari

01/01/2021

BMW

BMW Indonesia menghadirkan BMW 630i Gran Turismo Luxury sebagai model BMW 6 Series satu-satunya untuk pasar Tanah Air. Menariknya model mobil ini dipasarkan secara ekslusif dan sudah bisa dipesan saat ini. Berapa kira-kira harga BMW 6 Series ini?

Lihat juga
 
back to top