Harus Berkendara di Cuaca Ekstrem? Waspada Tertimpa Pohon Tumbang

15/04/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Berkendara di cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang berpotensi membuat Anda terjebak banjir, kejatuhan reklame hingga tertimpa pohon tumbang.

Cuaca ekstrem terjadi di sejumlah kawasan di Indonesia belakangan ini. Termasuk di ibu kota, hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi. Selain menimbulkan genangan air, banyak pohon tumbang menutup ruas jalan dan mengakibatkan kemacetan.

Pohon tumbang

Di Jalan Hang Tuah Raya Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, lalu lintas searah menuju blok M harus dialihkan ke Jalan Hang Tuah 1. Hujan deras dan angin pada, Rabu (14/4/2021) sekitar pukul 15.00 WIB mengakibatkan satu pohon tumbang. Selain menutup jalan, satu unit mobil Range Rover warna hitam menjadi korban tertimpa pohon hingga mengalami kerusakan. Beruntung tidak terjadi korban jiwa dalam insiden tersebut, kendaraan juga sudah dievakuasi.

Pohon tumbang di Jalan Hang Tuah Raya bukan satu-satunya. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota mencatat setidaknya 25 pohon tumbang dan sempal di 20 titik beberapa kecamatan di Jakarta Selatan.

“Info pohon tumbang atau sempal yang terjadi sore sampai malam ini ada 20 titik,” kata Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto, dikutip dari Poskota Rabu (14/4/2021).

Foto menunjukkan Range Rover tertimpa pohon

Berkendara di cuaca ekstrem mobil berpotensi tertimpa pohon

Di Jakarta Barat puluhan pohon dilaporkan tumbang dan sempal. Salah satunya menimpa mobil, yaitu di kompleks Permata Buana BPN, Kembangan.

"Jadi jumlah sementara pohon tumbang dan sempal di Jakarta Barat ada 24 pohon," kata Kasudin Kehutanan Jakarta Barat, Djauhari Arifin.

>>> Microsoft Ciptakan Teknologi Visibilitas Berkendara saat Berkabut

Hati-hati berkendara

Angin kencang dan hujan deras adalah fenomena alam. Di belakangnya banyak potensi masalah mengikuti, seperti banjir dan tanah longsor hingga benda berjatuhan seperti papan reklame dan pohon tumbang. Berkendara di cuaca ekstrem tersebut perlu meningkatkan kewaspadaan.

Auto2000 berbagi beberapa tips agar kendaraan tidak tertimpa pohon tumbang atau kejatuhan papan reklame.

1. Tunda perjalanan

Informasi cuaca bisa diketahui secara online. Jika dikabarkan jalan yang akan dilewati sedang atau bakal hujan lebat disertai angin kencang, Anda bisa menunda perjalanan. Itu akan mengurangi potensi tertimpa pohon tumbang.

2. Berhenti sampai situasi tenang

Jika hujan lebat dan angin kencang terjadi saat di perjalanan, menepilah di tempat aman dan berhenti sampai situasi tenang, hujan mereda dan angin tidak lagi kencang.

Foto menunjukkan Cuaca ekstrem di perjalanan

3. Berhenti di tempat aman

Tempat aman misalnya tanah lapang, tidak di bawah pohon besar, tidak di bawah papan reklame atau objek besar yang lain. Hindari juga berhenti di bawah tebing untuk meminimalisir bahaya longsor.

4. Waspadai keadaan sekeliling

Jika belum menemukan tempat aman untuk berhenti, tetaplah fokus dan waspada dengan keadaan sekeliling. Waspadai objek-objek yang bergerak agar bisa mengambil tindakan cepat jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

>>> Solusi Agar Mobil Rusak Tertimpa Pohon Ditanggung Asuransi

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top