Microsoft Ciptakan Teknologi Visibilitas Berkendara saat Berkabut

27/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Microsoft Ciptakan Teknologi Visibilitas Berkendara saat Berkabut
Visibilitas berkendara yang baik akan menciptakan perjalanan yangaman dan nyaman. Namun jika diperjalanan terganggu akibat hujan lebat atau kabut, maka Anda butuh alat untuk membantu penglihatan ke arah depan. Satu diantaranya melalui teknologi dari Microsoft ini.

Visibilitas berkendara yang baik tentu akan sangat diperlukan manakala Anda mengemudikan kendaraan bermotor, termasuk juga mobil. Karena dengan pandangan ke arah depan, samping, dan belakang yang baik, maka berkendara juga lebih aman dan nyaman.

Ada banyak alat bantu untuk menciptakan visibilitas berkendara yang baik, satu diantaranya fog lamp alias lampu kabut. Alat ini akan membantu kala berkendara di tengah kondisi berkabut akibat hujan deras atau salju. Namun bukan berarti fog lamp dibuat asal memancarkan cahaya. Karena jika sinarnya kurang berkualitas maka tidak akan meningkatkan visibilitas berkendara secara signifikan.

Selain fog lamp, belum lama ini Microsoft juga dikabarkan tengah meracik sebuah teknologi baru guna menambah visibilitas bagi pengemudi mobil saat kondisi berkendara sangat minim cahaya.

>>> Porsche Kembangkan Bahan Bakar Sintetis

Alat untuk Memberikan Pandangan Lebih Jelas ke Arah Depan

Microsoft AR Glasses

Paten desainnya sudah diajukan ke pihak terkait

Microsoft, dikutip dari Carbuzz, Selasa (26/01/2021), telah mengajukan paten baru ke pihak United States Patent and Trademark Office (USPTO). Paten ini mereka namakan "kacamata dengan kontrol prediktif berdasarkan input peristiwa".

Secara sederhana, teknologi ini akan bekerja dengan memanfaatkan augmented reality untuk menilai kondisi di depan kendaraan. Kemudian hasil tangkapan gambar itu diproses untuk selanjutnya ditampilkan pada layar di hadapan pengemudi.

Mungkin Microsoft tidak akan menggunakan teknologi ini dalam sebuah benda yang benar-benar berbentuk kacamata. Tetapi diprediksi teknologi akan berbentuk seperti head-up display seperti yang saat ini mulai diterapkan pada beberapa mobil premium.

>>> Tidak Bosan Dalam Perjalanan, Tips Optimalkan Head Unit Mobil

Tingkatkan Visibilitas Berkendara Saat Kondisi Minim Cahaya

Teknologi Microsoft untuk Mobil

Objek yang tertutup kabut bisa terlihat lebih jelas

>>> Review Mercedes-Benz S-Class 2021: Sedan Flagship Dengan Aura First-Class

Mungkin Panasonic juga telah membuat teknologi head-up display utnuk menampilkan kondisi di luar mobil bagian depan. Teknologi tersebut juga telah diterapkan pada Mercedes-Benz S-Class terbaru. Tapi menurut Microsoft, apa yang mereka lakukan lebih unggul karena bisa membantu pengendara saat visibilitas dari arah depan sangat minim.

Dari paten setebal 235 halaman yang diajukan Microsfot itu, satu diantaranya juga menyebut kalau teknologi visibilitas mereka mampu menangani masalah gangguan penglihatan berkendara akibat asap. Mengingat beberapa kejadian peristiwa bencana alam, seperti kebakaran hutan atau gunung meletus, kerap menghasilkan asap yang sangat pekat.

Namun seperti halnya banyak paten teknologi baru lainnya, demi mewujudkan teknologi visibilitas berkendara dari Microsoft untuk benar-benar bisa dinikmati dalam sebuah kendaraan, mungkin butuh waktu yang lama. Jadi Anda harap bersabar.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top