Tips Memundurkan Mobil Ketika Parkir: Metode Berbelok untuk Parkir Paralel

19/02/2018

Pengemudian
Tips Memundurkan Mobil Ketika Parkir: Metode Berbelok untuk Parkir Paralel
Mengemudi dengan gigi mundur sambil berbelok merupakan salah satu kepandaian yang dibutuhkan jika Anda ingin mengendarai mobil. Banyak kondisi yang membutuhkan keahlian ini, salah satunya ketika Anda ingin parkir parallel atau keluar dari parkir.

Bagi pengemudi pemula, beberapa kurang mengetahui bagaimana cara mengemudi dengan gigi mudur sambil berbelok ketika mengendarai sebuah mobil. Apalagi ketika pengemudian membutuhkan berputar saat Anda mundur, contohnya ketika akan parkir parallel. Cintamobil memberikan tips mengemudi dengan gigi mundur dengan metode berbelok untuk memudahkan Anda dalam memarkirkan kendaraan.

1. Putar kemudi ke arah yang diinginkan

Putar kemudi ke arah yang Anda inginkan agar bagian belakang mobil berputar. Dinamika mundur saat mengemudi sangat berbeda dengan berkendara normal karena roda yang Anda putar mengarah ke kemudi berada di bagian depan mobil, sehingga akan terjadi kebalikan dari mengemudi dengan normal.

2. Periksa jarak pada bagian ujung mobil

Periksa jarak di ujung depan. Saat Anda memutar kendaraan, ujung depan mobil akan berayun ke arah yang berlawanan dan ujung belakangnya berputar. Periksa area di sekitar bagian depan mobil sesering mungkin saat Anda kembali perlahan untuk memastikan Anda tidak menabrak apapun dengan roda depan.

Gambar yang menunjukan spion pada mobil dari sisi dalam mobil

Perhatikan jarak pandang pada spion mobil

Jika Anda membelok ke kiri saat Anda mundur, bagian depan mobil akan berayun ke kanan, atau sebaliknya.
Pastikan kendaraan Anda lambat sehingga dapat memeriksa bagian depan mobil untuk mendapat ruang tanpa menabrak apapun.

>>> Baca juga Tips parkir paralel dengan aman dan mudah 

3. Transisikan kaki kanan ke pedal gas

Untuk memudahkan, Anda bisa mentransisikan kaki kanan Anda ke pedal gas jika diperlukan. Jika mundur saat tanjakan atau perlu membelok, Anda mungkin perlu memanfaatkan pedal gas sesekali saat mundur. Begitu kaki kanan Anda benar-benar terlepas dari rem, gerakkan ke pedal gas di sebelah kanan rem. Tekan pedal perlahan untuk mengontrol jumlah kecepatan yang dibutuhkan saat kendaraan mundur.

Gambar yang menunjukan sepatu yang berada pada bagian pedal mobil

Coba sesuaikan keadaan kaki pada pedal mobil

4. Gunakan dua tangan pada kemudi

Gunakan dua tangan untuk mengarahkan roda kemudi saat berputar. Jika Anda perlu berputar saat mundur, Anda mungkin ingin menggunakan kedua tangan untuk menggunakan roda kemudi. Dengan menggunakan satu tangan, Anda biasanya hanya bisa memutar roda sampai sembilan puluh derajat di setiap arah, jadi jika perlu melakukan putaran yang lebih, gunakan kedua tangan dapat membantu.

Gambar yang menunjukan kedua tangan yang sedang memegang kemudi mobil

Gunakan kedua tangan untuk kestabilan

5. Berhati-hati dan jangan terlalu cepat

Jangan terlalu cepat jika Anda merasa tidak nyaman mengendalikannya. Mundur dapat terasa sangat berbeda dari pada mengemudi normal, dan pandangan Anda sering terganggu oleh bagian belakang mobil dan pandangan terbatas dari jendela.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

6. Tekan rem dan pindahkan transmisi pada posisi parkir

Tekan rem dengan kaki kanan dengan kuat untuk berhenti. Bila Anda telah mundur cukup jauh, kembalikan kaki kanan ke pedal rem secara bertahap untuk berhenti secara perlahan. Berhati-hatilah untuk tidak menerapkan terlalu dalam menginjak rem, atau akan menghentikan kendaraan dengan tiba-tiba.

Gambar yang menunjukan transmisi otomatis dan rem tangan pada interior mobil

Perhatikan bagian transmisi setelah memarkirkan kendaraan

Setelah kendaraan sudah selesai diparkir, pada kendaraan dengan transmisi otomatis letakkan tuas transmisi pada posisi P. Untuk kendaraan dengan transmisi manual letakkan tuas transmisi pada posisi netral. Kemudian memasang rem tangan agar mobil tidak bergerak saat diparkir.

Berikut beberapa cara memundurkan mobil dengan berkelok

Beberapa pengemudi mungkin juga belum bisa memarkirkan kendaraan dengan cara parallel atau mengemudi dengan gigi mundur sambil berbelok. Dengan banyak latihan dan pengalaman, Anda bisa mendapatkan ritme yang Anda butuhkan untuk memarkirkan kendaraan Anda.

 >>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top