Teknologi Mobil Berjalan Sendiri Autonomous Driving, GM Berjanji Luncurkan Tahun Ini

27/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Teknologi Mobil Berjalan Sendiri Autonomous Driving, GM Berjanji Luncurkan Tahun Ini
Teknologi mobil berjalan sendiri atau Autonomous Driving adalah sebuah inovasi baru dalam dunia otomotif yang memberi kapabilitas bagi mobil untuk berjalan sendiri tanpa perlu dikemudikan. Di tahun 2019, General Motors (GM) berjanji akan merilis mobil Autonomous tanpa pedal gas dan kemudi setir.

Nantinya, mobil berteknologi canggih ini akan menjadi generasi keempat dari Chevrolet Bolts yang bahkan sudah diuji coba di San Fransisco dan Phoenix. Rencananya, mobil istimewa ini akan dirakit secara langsung di Orion, Michigan.

Eksterior GM Cruise dikemas dengan desain yang serba modern dan futuristik

Mobil Autonomous besutan GM sudah mulai diuji coba

Dan Ammann selaku GM President menuturkan, “Momen istimewa ini adalah satu perkembangan pesat kami akan teknologi Autonomous Driving yang bahkan menjadi satu-satunya mobil tanpa butuh kontrol pengemudi.” Adapun Ia menambahkan momen spesial ini sudah seharusnya dibagikan.

>>> Baca juga: Hati-Hati, Volkswagen Jelaskan Hubungan Muatan Mobil Van dengan Jarak Pengereman

Menariknya, langkah yang dilakukan oleh GM ini diharapkan dapat menghangatkan persaingan dalam dunia otomotif khususnya dalam produksi mobil tanpa awak. Di sisi lain, Ford berencana akan merilis mobil spesial ini di tahun 2021.

Tak seperti produsen otomotif lainnya, GM bahkan sudah menyiapkan video terkait bagaimana suasana interior pada mobil Autonomous. Dalam video tersebut, ruang interior terlihat wajar layaknya mobil pada umumnya. Namun Anda tak akan menemukan kemudi setir dan pedal gas.

>>> Simak juga harga mobil terlengkap dan dijamin termurah dengan klik link ini

Cuplikan interior dari mobil Autonomous yang diciptakan oleh GM

GM juga mengeluarkan petisi kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) selaku asosiasi pemeriksaan tingkat keselamatan pada mobil. Hal dikarenakan mobil Autonomous yang dicanangkan GM tidak memiliki kemudi setir sehingga Air Bag pun tak bisa diaplikasikan pada setir. Adapun GM hendak menyajikan teknologi keselamatan yang berbeda dari kendaraan pada umumnya.

Interior GM Cruise terbilang lega dan serba futuristik

Bisa Anda amati bahwa ruang interiornya tidak dibekali setir maupun pedal gas

Selain GM, perusahaan otomotif Waymo juga hendak menciptakan mobil Autonomous Driving. Bahkan, Waymo adalah perusahaan pertama yang merealisasikan hal ini. Di masa mendatang, teknologi Autonomous Driving bukan lagi isapan jempol belaka. Hal yang dilakukan oleh GM adalah salah satu tahap meniti visi dan misi dunia otomotif di masa depan.

>>> Ikuti terus berita otomotif terupdate dan terlengkap lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Apa Alasan Teknologi Mobil Di Luar Negeri Lebih Canggih?

Pernahkah terpikir di benak Anda, mengapa teknologi mobil di luar negeri lebih canggih daripada di Indonesia? Bahkan pada beberapa kasus, model dan merek mobil sama yang dijual di negara Indonesia dan di negara luar memiliki fitur berbeda. Apa alasannya?

Lihat juga

Apakah Teknologi Lampu Depan Semakin Membuat Lampu Semakin Terang?

Tak banyak yang memikirkan teknologi lampu depan. Tetapi sadarkah Anda, dengan bertambahnya teknologi pada kendaraan, lampu depan menjadi lebih terang dan menyilaukan. Meskipun bertujuan untuk memberikan visibilitas bagi pengemudi, terkadang malah membuat silau kendaraan di depan.

Lihat juga

Hyundai Dan KIA Pamerkan Teknologi Parkir Tanpa Awak

16/02/2019

Pasar mobil

Isu tentang perkembangan otomotif di masa depan memang sedang gencar-gencarnya dalam beberapa tahun belakangan ini. Tampak jelas bahwa setiap perusahaan otomotif berlomba-lomba menghadirkan berbagai teknologi baru. Sama halnya, Hyundai dan KIA yang juga memamerkan teknologi mobil masa depan belum lama ini yang menggabungkan kemudahan parkir dengan konsep pengisian mesin elektrik.

Lihat juga

Lebih Banyak Teknologi, Mobil Lebih Rentan Terhadap Serangan Siber

Dewasa ini, produsen berlomba-lomba meningkatkan teknologi kendaraan, salah satunya memberikan fitur keyless entry. Tetapi tahukah Anda, fitur-fitur canggih tersebut membuat mobil lebih rentan terhadap serangan siber, menurut laporan terbaru.

Lihat juga

Honda Perkenalkan Teknologi Honda Dream Drive

13/01/2019

Mobil baru

Honda menghadirkan sebuah teknologi terbaru untuk konektivitas teknologi ini bernama Honda Dream Drive, teknologi ini akan diaplikasikan pada All New Honda Passport 2019.

Lihat juga