Hati-Hati, Volkswagen Jelaskan Hubungan Muatan Mobil Van dengan Jarak Pengereman

25/02/2019
Penelitian terbaru dari Volkswagen mengungkapkan beberapa statistik yang mengkhawatirkan. Banyak pengemudi van tidak menyadari bahwa muatan mobil van menambah jarak pengereman sehingga menimbulkan kecelakaan.

Penelitian baru menunjukan bahwa sejumlah pengemudi van tidak meninggalkan ruang yang cukup untuk berhenti dengan aman. Berdasarkan statistik yang ada, lebih dari setengah pengemudi kendaraan komersial tidak mengetahui dampak sebenarnya dari membawa muatan yang berat. Muatan mobil van yang semakin berat menambah jarak pengereman kendaraan.

van Volkswagen berwarna hitam

Pengemudi van paling terpengaruh berat kendaraan dan jarak pengereman

Menurut survei terhadap pengemudi van yang dilakukan oleh Volkswagen Commercial Vehicle tahun lalu, sebagian besar pengemudi van membawa sebanyak setengah ton muatan setiap hari. Sebuah muatan yang berat dapat menambah jarak pengereman hingga 36%, yang setara dengan jarak berhenti ekstra lima meter pada kecepatan hingga 100 km/jam.

>>> Bukan Kondisi Jalan, Ini Yang Bisa Bikin Ban Meletus Di Jalan Tol

Volkswagen Commercial Vehicle melakukan serangkaian tes di MIRA Proving Grounds di Inggris, dengan jajaran van yang memuat serangkaian beban yang berbeda, mulai dari kosong hingga 500 kilogram serta mengemudi pada kecepatan 50 km/jam dan 100 km/jam.

Pengujian menunjukan bahwa pada kecepatan 50 km/jam, jarak pengereman meningkat sepertiga (33%), dengan jarak pengereman ekstra dua meter. Pada kecepatan 100 km/jam, jarak pengereman meningkat sebesar 19%, atau jarak lima meter hingga kendaraan berhenti sempurna.

van berwarna putih mengerem

Perbedaan pengereman bisa mempengaruhi keselamatan pengemudi

Survei yang dilakukan merek Jerman tersebut mengungkapkan lebih dari setengah pengemudi van tidak dapat mengidentifikasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengereman. Hanya 17% dari pengemudi yang disurvei dapat mengidentifikasi dengan benar jarak berhenti yang direkomendasikan untuk kecepatan 50 km/jam.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Carl zu Dohna, Direktur Kendaraan Komersial Volkswagen mengungkapkan, "Jarak pengereman di Highway Code didasarkan pada standar yang disarankan dan tidak memperhitungkan beban yang dibawa oleh banyak pengemudi van. Penelitian kami menyoroti pesan keselamatan penting yang dapat dimanfaatkan oleh pengemudi van."

Matthew Avery, Direktur Penelitian di Thatcham Research, menambahkan, "[Penelitian] Ini adalah pesan penting dari merek yang benar-benar memimpin dalam keselamatan van komersial. Kami juga akan mendorong pengemudi van untuk memastikan bahwa muatan diamankan dengan baik, seperti pergerakan barang-barang berat di belakang juga dapat mempengaruhi stabilitas dan jarak berhenti. "

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

pengemudi menambahkan muatan pada van

Berat kendaraan mempengaruhi jarak pengereman mobil

Penelitian mengenai jarak pengereman ini merupakan pesan Volkswagen untuk teknologi baru mereka. "Pesan ini mengikuti pengumuman 2017 bahwa semua van baru Kendaraan Komersial Volkswagen akan datang dengan Pengereman Darurat Autonomous (AEB) yang sesuai standar, yang pertama dari pembuat van," tutup Avery.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain