Kisah Rem Tangan, Dari Payung Hingga Tombol

16/08/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Pengertian rem tangan adalah rem yang dioperasikan oleh tangan pengemudi untuk menahan kendaraan agar tidak bergerak saat berhenti dalam berbagai kondisi

Pada dasarnya terdapat  dua macam rem yang dimiliki mobil. Selain rem yang dioperasikan  oleh kaki (rem kaki atau rem utama), ada satu lagi jenis rem yang diaktifkan oleh tangan sehingga kerap disebut rem tangan. Kemudian, karena juga berfungsi menahan kendaraan saat berhenti atau parkir, maka kerap juga disebut sebagai rem parkir. Faktanya, konstruksi rem parkir mengalami evolusi sejak dulu sampai sekarang. Berikut sejumlah contohnya

>>> Mobil Listrik Volkswagen ID.4 Masih Gunakan Rem Tromol, Kenapa? 

Umbrella

Ini jenis rem tangan  yang banyak digunakan pada mobil klasik semisal Toyota Land Cruiser FJ40 era awal dan Toyota Kijang Super. Namun juga ada mobil kekinian yang memakai rem parkir model umbrella seperti Datsun Go/Go+. Posisi tuas rem tangan model umbrella berada di bawah dashboard untuk menghemat tempat.

gambar rem tangan

Disebut model umbrella karena menyerupai tongkat payung

Pengoperasiannya dengan cara ditarik ke belakang dan dilepas dengan cara diputar sedikit lalu didorong ke depan. Alhasil kurang praktis terutama saat kondisi lalu lintas stop and go di jalan menanjak. Disebut rem parkir model umbrella alias payung karena sangat mirip dengan tongkat payung.     

Center (Stick)

Desain rem parkir yang paling banyak digunakan saat ini. Memiliki desain dasar berupa tuas panjang  yang ditempatkan  di konsol tengah dan diapit oleh kursi depan. Untuk menggunakan rem parkir  jenis stick cukup dengan menarik ke arah atas.

gambar rem tangan

Paling banyak diterapkan walau boros tempat di konsol tengah

Saat melepas rem parkir model stick, cukup dengan menekan tombol kecil di bagian depan dan menurunkannya. Rem parkir model stick lebih praktis namun boros tempat di konsol tengah.

Pedal/Handle

Rem parkir model ini  digunakan karena lebih hemat ruang dan praktis. Untuk mengaktifkannya, injak pedal lalu  tekan sekali lagi jika ingin melepasnya. Pemakaian rem parkir model pedal bersifat user-friendly karena kedua tangan lebih fokus untuk memegang kemudi.

gambar rem parkir

Model pedal dipilih karena lebih hemat ruang

Pada sisi lain, rem parkir model pedal kerap dilengkapi dengan handle tarik untuk melepasnya. Beberapa mobil yang menerapkan rem tangan jenis ini adalah Toyota Camry lawas, dan Honda CR-V lama.

Elektronik

Rem parkir terbaru adalah rem elektronik (electronic/electric parking brake). Mulai diperkenalkan pada tahun  2001 dan pertama kali digunakan BMW Seri 7 (E65) 2001. Pengoperasian rem parkir elektronik sangat mudah, tarik tuas ke atas untuk mengaktifkan dan tekan tuas ke bawah untuk melepas.

gambar rem tangan

Teknologi elektronik membuat pengoperasian semakin mudah, hemat ruang dan praktis

Kini rem parkir elektronik berkembang menjadi lebih pintar; ketika mobil berhenti maka rem parkir secara otomatis berfungsi dan saat pengemudi menekan pedal gas maka rem parkir tidak berfungsi. 

>>> Mengenal Rem Tangan Otomatis dan Manfaatnya Bagi Kendaraan Anda

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top