Mengenal Rem Tangan Otomatis dan Manfaatnya Bagi Kendaraan Anda

20/02/2018

Pengemudian
Mengenal Rem Tangan Otomatis dan Manfaatnya Bagi Kendaraan Anda
Produksi ZF TRW baru-baru ini diumumkan sebaga bagian dari enam puluh juta unit Electric Park Brake (EPB) atau sistem rem parkir otomatis, perusahaan tersebut telah mengumumkan fitur dan manfaat rem tangan otomatis pada mobil.

ZX TRW pertama kali memasarkan sistem EPB pada tahun 2001 yang dipelopori oleh Lancia, Audi, dan VW. Bahkan, produksi serta manfaat rem tangan otomatis pada mobil baru-baru ini juga ditampilkan pada model terbaru Ford F150, Honda Accord, Nissan Qashqai, BMW i8, dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja EPB atau rem tangan otomatis ini? Dengan EPB, pengemudi mengaktifkan mekanisme penahan dengan sebuah tombol dan bantalan rem yang kemudian diaplikasikan secara elektrik ke rem belakang. Pengaplikasian ini juga dilengkapi oleh Electronic Control Unit (ECU) dan mekanisme aktuator.

Gambar yang menunjukan rem tangan oromatis atau Electric Park Brake pada mobil

Penggunaan rem tangan otomatis bisa memberikan rasa aman

Ada dua mekanisme yang saat ini digunakan dalam produksi kendaraan, sistem penarik kabel dan sistem integrasi kaliper. Dalam sistem integrasi kaliper, kaliper rem memberikan koneksi antara gerak hidrolik rem kaku dan rem tangan yang digerakkan secara elektrik. Unit motor atau transmisi (aktuator) yang mengoperasikan rem parkir, dipasang sekrup langsung ke tempat penampungan kaliper rem.

>>> Baca juga Panduan mengemudi untuk transmisi otomatis

Lalu, rem parkir digerakkan melalui saklar di interior kendaraan. Tanpa kabel rem tangan, maka tidak akan ada masalah suhu atau keausan mekanis selain itu juga menawarkan tenaga em yang optimal dalam segala kondisi.

Fitur dan Manfaat Rem Tangan Otomatis

EPB adalah bagian integral dari sistem rem dengan fitur seperti aktuasi dinamis dan bantalan rem serta bisa mengurangi degradasi yang terkait dengan sistem mekanis. EPB juga membantu meningkatkan keamanan dan pengereman yang lebih optimal dalam situasi darurat.

Gambar yang menunjukan rem tangan otomatis yang ada pada interior Mazda 6

Contoh rem tangan otomatis pada Mazda 6

Selanjutnya, fungsi pegangan pada lereng (hill-hold function) yang menerapkan rem untuk mencegah roll-back saat menarik gradien. Hal ini juga bisa diimplementasikan dengan menggunakan EPB. Bahkan juga bisa membuat rem parkir secara otomatis ketika mesin memberikan torsi yang cukup agar mobil bisa bergerak dengan aman.

Beberapa kegunaan rem tangan otomatis yaitu:

1. Pengereman darurat

Jika saklar EPB dihidupkan saat mengemudi, sistem ini diinterpretasikan sebagai pengereman darurat. Karena pengereman langsung dengan tiba-tiba akan mengakibatkan penghalangan antara as roda belakang dan mobil mengerem ke samping, rem parkir akan menutup dan membuka dengan cepat. Hal ini akan memastikan pengereman mobil bisa menjadi lebih aman.

Gambar yang sedang menunjukan mobil yang melakukan pengereman pada sebuah tempat tes

Rem tangan otomatis menambah keakurasian pengereman darurat

2. Child safety lock

Child safety lock atau kunci pengamanan anak merupakan salah satu manfaat dari rem tangan otomatis ini. Dengan ini, rem parkir tidak bisa dilepaskan saat kunci kontak dimatikan. Jadi, anak Anda bisa dengan aman bermain di dalam mobil tanpa Anda merasa takut rem parkirnya akan terbuka.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

3. Dikendalikan secara elektronik

EPB dikendalikan secara elektronik sehinga membuat Anda bisa lebih mudah dalam mengatur kendaraan Anda. Pengendalian elektronik ini lebih bisa bekerja dengan berbagai sistem dan sensor kendaraan daripada dikontrol dengan mekanis atau manual.

Gambar yang menunjukan sebuah tangan yang sedang menekan rem tangan otomatis pada mobil

Rem tangan bisa dikendalikan secara otomatis dengan menekan tombol

4. Penahan otomatis

Dengan kecanggihannya, rem parkir bisa langsung terpasang seketika. Misalnya ketika Anda membuka pintu pengemudi atau ketika kunci kontak dimatikan. Hal ini bisa mengantisipasi saat pengemudi lupa memasang rem parkir ketika akan meninggalkan kendaraan mereka.

Perhatikan apa yang terjadi ketika Anda menekan tombol rem tangan otomatis

Ada banyak kegunaan dan manfaat rem tangan otomatis yang bisa digunakan. Bahkan EPB juga bisa menghilangkan persyaratan Electronic Control Unit terpisah karena integrasinya dengan sistem Electronic Stability Control dan EPB untuk as roda depan membantu membuat teknologi lebih terjangkau untuk segmen kendaraan yang lebih kecil.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top