Pilihan Bracket Sepeda di Mobil

24/06/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Pilihan Bracket Sepeda di Mobil
Ada beberapa jenis bracket sepeda di mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris sepeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Saat ini antusiasme masyarakat menggunakan moda transportasi sepeda memang tengah tinggi. Kendaraan roda dua ini diminati jadi transportasi alternatif selama masa kenormalan baru (New Normal).

Menggunakan sepeda untuk beraktifitas sehari-hari memang memiliki banyak kelebihan. Antara lain badan menjadi lebih sehat, tidak berisiko bersentuhan dengan orang lain seperti halnya menggunakan kendaraan umum, dan juga lebih hemat karena tak memerlukan biaya.

>>> Mengapa Sopir Mobil Atap Terbuka Tak Memakai Helm?

Namun adakalanya, kegiatan bersepeda ini juga ingin Anda lakukan di luar kota saat berlibur bersama anggota keluarga. Demi tercapainya hasrat hobi bersepeda itu, tentu Anda perlu memasang bracket sepeda di mobil. Sehingga sepeda-sepeda kesayangan Anda dan keluarga bisa dibawa menggunakan mobil sembari liburan.

Jika Anda ingin memasang bracket sepeda pada mobil Anda? Simak beberapa tipe bracket sepeda yang biasa terpasang di mobil berikut ini ya...

1. Terpasang di Atap Mobil

Rak sepeda di atap mobil

Lebih leluasa saat hendak parkir, namun cukup sulit saat proses pasang dan bongkar

>>> Cari mobil baru yang bisa untuk pasang sepeda di atapnya? Klik disini aja!

Tipe bracket sepeda di mobil yang pertama posisinya ada di atap mobil. Biasa disebut Roof Mounted Bike Racks, ada beberapa varian dari tipe rak sepeda model ini. Yaitu Fork Mounted Racks dan Frame Mounted Racks. Untuk tipe pertama, roda depan sepeda harus dilepas saat akan meletakkan sepeda pada bracket, sementara untuk tipe kedua roda sepeda masih bisa tetap terpasang.

Saat akan memasang bracket sepeda pada bagian atap mobil, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pilihlah mobil yang memiliki kontur atap rata. Jika atap mobil melengkung, akan lebih sulit dalam memasang rak sepeda.
  • Perhatikan tinggi mobil. Lantaran sepeda diletakkan pada bagian atap mobil, maka otomatis ketinggian mobil akan bertambah. Hal ini membuat Anda perlu lebih waspada ketika menemui jalan dengan penghalang batas ketinggian, atau bangunan, jembatan, serta terowongan beratap rendah.
  • Waspada saat proses memasang dan menurunkan sepeda. Akibat sepeda harus dinaikkan ke atap mobil, maka sebaiknya ekstra waspada saat akan proses pasang dan bongkar sepeda. Karena jika tidak hati-hati, bagian dari sepeda akan melukai cat atau permukaan bodi mobil.

2. Terpasang di Belakang Mobil

Rak sepeda di belakang mobil

Perhatikan ayunan sepeda ketika mobil melaju

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

Tipe bracket sepeda di mobil lainnya ada pula yang terpaang pada bagian belakang. Nama lainnya Rear Mount Bike Racks. Jenisnya ada dua, yaitu Hitch Racks dan Trunk Racks. Untuk jenis pertama diberi tambahan besi untuk ditambatkan pada bagian belakang bodi mobil. Sementara jenis yang kedua dipasang pada bagasi mobil dengam model holded.

Tentu saja, bracket sepeda tipe kedua ini juga perlu diperhatikan kelebihan dan kekurangannya:

  • Waspada saat mundur. Karena adanya benda tambahan di bagian belakang mobil, maka Anda wajib waspada saat mundur atau parkir, terutama di area yang cukup sempit.
  • Perhatikan ayunan rak sepeda. Karena modelnya diikat ke bagian belakang mobil, maka akan terjadi ayunan dari beban sepeda yang digantung tersebut. Jangan sampai ayunan sepeda berlebihan yang membuat sepeda terjatuh di tengah jalan.
  • Relatif lebih fleksibel. Dengan menempatkan sepeda pada bagian belakang mobil, maka relatif lebih fleksibel saat harus menurunkan dan memasang sepeda. Kemungkinan merusak bagian bodi mobil juga lebih kecil.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top