Mengenal Jok Balap Berdasarkan Konstruksi Dan Ajang Kompetisinya

26/10/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Mengenal Jok Balap Berdasarkan Konstruksi Dan Ajang Kompetisinya
Aplikasi jok balap tak bisa sembarangan karena akan terkait keselamatan. Untuk itu, jok balap bisa dibedakan berdasarkan kompetisi dan peruntukkannya

Meski sepintas jok balap memiliki konstruksi yang sama, namun untuk penggunaannya bisa dibedakan berdasarkan jenis balap dan keperluannya, seperti untuk balap turing, reli hingga off-road. Sehingga, mampu memberikan perlindungan lebih maksimal. Tak hanya itu, ada juga jok balap yang didesain untuk berkendara harian dan ditujukan untuk mobil yang telah diupgrade performanya atau mobil dengan kemampuan high performance layaknya sports car dan supercar. Untuk mengenal jok balap berikut pilihan modelnya, kami akan hadirkan ulasan mengenai mengenal jok balap berdasarkan desain dan jenis kompetisinya. Berikut penjelasannya.

>>> Jangan Sepelekan Peran Penting Jok Saat Perjalanan

Jok balap model semi bucket

Foto jok balap model semi bucket

Jok balap model semi bucket masih nyaman digunakan untuk harian

Model semi bucket merupakan jok balap yang lebih ditujukan untuk keperluan harian. Untuk itu, jok balap model semi bucket masih menganut konstruksi two piece, dengan sandaran yang bisa direbah atau tegakkan dan bisa dimaju/mundurkan layaknya jok pada umumnya (reclining). Tujuannya agar berkendara dengan jok balap model semi bucket masih terasa nyaman, terlebih ketika berkendara untuk waktu yang lama. Untuk untuk keperluan kompetisi, jok balap model semi bucket dianggap kurang aman dalam memberikan perlindungan bagi pengemudi.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Jok balap model bucket

Foto jok balap model bucket seat

Jok mode bucket seat lebih diutamakan untuk kompetisi lantaran mampu memberikan perlindungan terbaik

Sepintas desainnya tak berbeda jauh dengan jok balap model semi bucket, namun pada model bucket, konstruksi jok dibuat one piece dengan sandaran yang tak bisa direbah atau tegakkan atau konstruksi fixed. Selain itu, jok balap model bucket juga tak bisa dimaju/mundurkan (reclining) dan dipasang di atas rel khusus. Jok balap model bucket mampu memberikan perlindungan terbaik bagi pengemudi. Untuk menyesuaikan dengan postur tubuh pengemudi, jok balap model bucket tersedia berbagai pilihan ukuran. 

>>> Simak tips mengemudi lainnya di sini

Balap turing

Foto jok balap pada mobil balap turing

Balap touring memiliki head protector berukuran besar untuk melindungi kepala saat terjadi kecelakaan

Lantaran di dalam sirkuit, balap turing membutuhkan jok balap yang didesain serigid mungkin, untuk memberikan perlindungan maksimal bagi pembalap. Ketebalan busanya pun umumnya tipis dan dibekali head protector pada sisi-sisi jok bagian atas. Fungsinya, untuk melindungi kepala dari benturan, dan juga sudah terkoneksi dengan HANS (Head and Neck Support), untuk memberikan perlindungan maksimal pada bagian leher dan kepala saat terjadi benturan hebat. 

>>> Cara Merawat Jok Elektrik, Kalau Rusak Biaya Perbaikannya Mahal!

Drift

Foto jok balap pada mobil drifting

Jok balap pada drift car tak berbeda jauh dengan mobil balap lainnya

Menggunakan jok balap yang tak jauh berbeda dari model balap turing. Karena, pertimbangannya, drifting memiliki durasi balap yang singkat dan tidak jauh berbeda dengan balap turing. Namun pada beberapa kompetisi drift, jok balap yang digunakan juga harus memiliki desain lumbar support dan head protector lebih lebar demi memberikan perlindungan pada drifter saat melakukan aksi sideways atau ngepot.

Reli

Foto jok balap pada mobil reli

Desain jok balap pada reli memiliki dimensi dan busa lebih tebal

Jok balap untuk reli, memiliki desain agak berbeda. Umumnya memiliki busa yang lebih tebal. Alasannya, reli identik dengan guncangan lantaran kondisi trek yang tidak rata, serta durasi balap yang cukup lama. Sehingga, jok juga dibuat lebih nyaman. Selain itu, bentuk penyangga punggung (lumbar support) dan head protectornya lebih lebar ketimbang untuk balap turing. Tujuannya agar visibilitas dan akses pengemudi tidak terganggu. Selain itu, jok balap untuk reli juga memiliki desain yang lebih lebar agar akses keluar dan masuk mobil jadi lebih mudah. Tujuannya ketika terjadi problem atau butuh perbaikan saat reli berlangsung, pengemudi dan driver lebih mudah untuk keluar/masuk mobil.

>>> Mulai Dari Interior Entry Level Hingga Supercar, Mari Kita Mengenal Ragam Bahan Jok Dan Interior

Off-road racing

Foto jok balap pada mobil off-road

Jok balap pada mobil off-road racing umumnya tahan air agar mudah dibersihkan 

Umunnya menggunakan jok balap dengan desain yang tidak berbeda dengan reli. Namun, karena treknya ekstrim, maka lapisan joknya dibuat lebih tebal dan tahan air. umumnya, menggunakan lapisan kulit yang scratch dan water resistance. Di beberapa ajang balap off-road atau off-road racing, juga mewajibkan jok balap yang digunakan telah terintegrasi dengan HANS (Head and Neck Support).

>>> Artikel Tips & trik dunia otomotif lainnya

Share this post:

Berita lain

Mau Pasang Cover Jok, Perhatikan 3 Hal Ini!

28/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Pasang cover jok jadi salah satu cara paling ngetren untuk mendapatkan tampilan interior mobil yang berbeda dari aslinya. Lantas bagaimana mendapatkan agar mendapatkan hasil terbaik?

Lihat juga

Ingin Ganti Gaya? Bisa Dengan Mengganti Sarung Jok Mobil Toyota Rush Anda

21/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Toyota Rush selalu menjadi pilihan kendaraan dengan kenyamanan di segala kondisi jalan. Untuk memberikan warna baru dalam kabin Anda, Anda bisa mengganti sarung jok Toyota Rush Anda dengan warna baru dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong.

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas, Kalau Bodi Dan Interior Sama Sama Kurang, Mana Lebih Penting?

22/10/2019

Jual beli

3 menit

Maunya membeli mobil bekas pun dapat yang bagus bodi dan interiornya. Tapi ketemunya sama-sama kurang, berarti harus memilih salah satu, bodi mulus atau interior bagus.

Lihat juga

5 Manfaat Cuka untuk Merawat Eksterior dan Interior Mobil Anda

23/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Manfaat cuka ternyata bisa Anda gunakan untuk membersihkan mobil. Mulai dari menghilangkan noda kotoran burung, debu, sampai mengkilapkan kembali lapisan krom. Berikut caranya.

Lihat juga

Tidak Suka Dengan Aroma Interior Mobil Baru? Ini Solusinya

22/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat membeli mobil baru, tentu akan tercium aroma khas barang baru yang cukup khas dalam interior mobil. Bagi Anda yang kurang menyukai bau tersebut, bagaimana cara mengatasinya?

Lihat juga