Mulai Dari Interior Entry Level Hingga Supercar, Mari Kita Mengenal Ragam Bahan Jok Dan Interior

Share this post:
Mulai Dari Interior Entry Level Hingga Supercar, Mari Kita Mengenal Ragam Bahan Jok Dan Interior
Ada beragam material yang kerap digunakan sebagai bahan jok dan interior. Penggunaannya pun beragam, mulai dari mobil entry level hingga premium. Berikut jenis bahan jok dan interior yang paling umum digunakan

Sebelum Anda memilih mobil idaman atau memutuskan untuk mengup-grade kenyamanan dari interior mobil, ada baiknya mengenal terlebih dahulu tentang bahan jok dan interior yang umum digunakan. Tujuannya, dengan mengenal berbagai bahan jok dan interior, maka anda bisa mengetahui karakter, kelebihan, kekurangan hingga cara merawatnya. Umumnya, bahan jok dan interior dibagi dalam empat material, pertama adalah kulit sintetis, kulit asli, fabric hingga suede. Nah, untuk itu, Cintamobil.com akan mengajak Anda untuk mengenal bahan pelapis jok tersebut satu persatu berikut ini.

interior mobil berwarna merah

Ada berbagai macam bahan jok dan interior, mulai dari entry level hingga premium

>>> Baca juga:

Bahan fabric

Fabric menjadi material paling umum digunakan sebagai bahan jok dan interior. Fabric merupakan kombinasi antara kanvas, kain dan cotton. Jenis fabric kerap digunakan lantaran harganya yang cukup murah.

Jenis fabric sendiri memiliki beberapa varian. “Namun untuk jok mobil umumnya menggunakan fabric sintetis dengan campuran busa/cotton. Sehingga lebih nyaman disentuh dan tahan lama,” sahut  Kelvin dari Milano Leather Seat di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Kelebihan lainnya, jenis fabric juga lebih kuat terhadap cuaca ekstrim seperti sengatan matahari. Sehingga, produsen mobil kerap menggunakannya pada varian entry level. Namun dibalik keunggulannya tersebut, bahan fabric sulit untuk dibersihkan. Hal tersebut lantaran fabric sangat menyerap kotoran dan air. “Makanya harus hati-hati dan membersihkannya pun lebih lama dan sulit ketimbang kulit, sahut Bastian dari gerai car care (Otomotive Care & Detail) OCD di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

jok fabric warna abu-abu dan putih

Jok bahan fabric paling umum digunakan di semua jenis mobil

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

Bahan kulit sintetis

Material kulit sintetis yang terbuat dari bahan dasar kain, yang diolah secara kimiawi dengan lilin, pewarna, atau polyurethane untuk menghasilkan bahan dengan tekstur dan warna seperti kulit asli. Pada perkembangannya, kulit sintetis menjadi favorit lantaran memiliki fleksibilitas dan harga yang lebih terjangkau dari kulit asli. “Untuk mix and match pada interior juga lebih mudah karena kualitas bahan kulit sintetis juga lebih bagus,’ ujar Michael Chris dari Monza Autosport, Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain itu, kulit sintetis juga memiliki kelebihan seperti lebih mudah dibentuk, tak mudah pecah dan tahan terhadap cuaca panas. Kulit sintetis kini juga memberikan handfeel (sensasi ketika menyentuh permukaan kulit) lebih nyaman, lantaran memiliki ketebalan ideal. Lebih kuat dan tak mudah rusak ketika digunakan untuk melapisis segala macam bentuk jok mobil. Sehingga memberikan sensasi kenyamanan dengan lapisan kulit yang tebal.

jok kulit sintetis warna hitam dan merah

Karakter kulit sintetis mirip dengan kulit asli atau premium leather namun dengan harga lebih terjangkau

Nah untuk Anda yang ingin tampil beda, bahan jok dan interior dari kulit sintetis memiliki keunggulan lainnya lantaran memiliki pilihan warna yang lebih bervariasi. Mulai dari warna kalem hingga terang. “Bahkan kulit sintetis kini memiliki tampilan warna gelap dan agak nge-doff,” ujar sahut Irmalida, selaku marketing dari PT. Poly Agung Nugraha, selaku produsen kulit sintetis merek AP Force ini

Untuk perawatannya, kulit sintetis juga tak sulit lantaran sifatnya yang tak mudah menyerap kotoran dan cairan. “Kalau sampai kotor atau kesiram air mudah untuk dibersihkan, tinggal dilap saja. sementara untuk kotoran yang membandel bisa diatasi dengan cleaner khusus kulit sintetis yang banyak dijual,’ tambah Chris.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Bahan kulit asli/premium leather

Dari namanya, bahan jok dan interior dari kulit asli atau premium leather menggunakan kulit yang diambil dari hewan seperi sapi atau domba. Setelah melewati proses produksi, bahan kulit sintetis ini bisa digunakan sebagai bahan pelapis jok dan interior. Berbeda dengan kulit sintetis, material dari kulit asli memiliki tekstur dan aroma khusus. “Karena bahannya menggunakan kulit hewan makanya harganya lebih mahal,” ujar Oscar Widjaja dari Auto De Vie di kawasan Alam Sutera, Tangerang.

jok kulit asli warna beige dan audio

Bahan kulit asli atau premium leather memiliki aroma khas dan lebih nyaman untuk disentuh

Kelebihan kulit asli juga lembut dan nyaman ketika disentuh. Saat terpasang pada jok, kulit asli akan cepat mengikuti bentuk jok lantaran fleksibel dan mudah dibentuk. Selain itu, kulit asli juga memiliki daya tahan yang baik di berbagai suhu. “Tekstur yang nyaman dan aroma yang khas membuat kulit asli mampu memberkan nuansa premium pada interior,” tambah Oscar.

>>> Cari mobil bekas berkualitas dan banyak pilihan? Di sini tempatnya

Namun kelemahan bahan jok dan interior dari kulit asli adalah mudah untuk retak atau pudar terlebih ketika terkena panas sinar matahari langsung. Sehingga, sebaiknya gunakan conditioner atau pelembab yang mengandung lanolin waxy cream. Sehingga mampu menjaga kondisi kulit. Selain itu jika sampai kesiram cairan, lekas dikeringkan. Karena kulit asli masih memiliki pori yang membuatnya lebih mudah menyerap cairan dan panas,” tambah Chris.

interior cleaner merek Meguiar's

Beragam seat dan interior cleaner. Pahami spesifikasinya masing-masing untuk setiap material jok dan interior

>>> Baca juga: Life Hack: Menjaga Kebersihan Interior Mobil Selama Perjalanan Jauh

Bahan suede

Bahan jok dan interior Jenis suede menjadi yang paling premium, lantaran kualitas dan tampilannya yang mampu memberikan tampilan berkelas dan personal. Di lain sisi, suede juga kerap digunakan pada pelapis interior pada mobil balap lantaran mampu mencegah silau ketika dasbor terkena sinar matahari langsung dan memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang material kulit. Umumnya produsen mobil premium hingga supercar kerap menggunakan jenis suede.

Jok bahan suede Audi S7

Jok suede kerap digunakan pada supercar dan mobil balap, lantaran bobotnya lebih ringan dari kulit dan tidak menyilaukan

Selain itu, jenis suede juga dijadikan favorit karena kenyamanannya. “Lembut disentuh, halus dan mampu menghadirkan kualitas premium karena kualitas kulitnya juga pilihan,” tambah Oscar Widjaja yang juga sebagai presiden PT Advindo Premium Material sebagai distributor bahan suede merek Alcantara di Indonesia.

Namun material suede memerlukan penanganan khusus, lantaran karakternya yang mudah rusak jika terkena kotoran atau cairan. “Untuk membersihkannya bisa dengan menggunakan vacuum atau sikat khusus yang lembut, sehingga tidak merusak lapisan suedenya,” wanti Kelvin.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
 
back to top