Mengapa Ground Clearance Mobil Sport Rendah?

20/01/2019

Pengemudian
Mengapa Ground Clearance Mobil Sport Rendah?
Pernahkah Anda bertanya, “Mengapa Ground Clearance Mobil Sport Rendah?” Jika dibandingkan dengan mobil keluarga maupun Sport Utility Vehicle (SUV) tentu saja sangat terlihat perbedaannya. Apa jawaban di balik pertanyaan tersebut?

Ground Clearance atau yang disebut jarak pijak terendah adalah sisa ruang antara basis bodi bawah mobil dengan aspal. Semua perusahaan otomotif menghitung Ground Clearance dengan perhitungan mm atau inci, yang mana mobil tidak dinaiki oleh penumpang.

Dalam dunia otomotif, hal ini menjadi aspek penting supaya mobil tidak terbentur dengan aspal. Bahkan, ketinggian Ground Clearance akhirnya menentukan kategori mobil yang berbeda-beda. Seperti halnya mobil SUV yang didesain dengan Ground Clearance tinggi dan Sport Car yang menerapkan Ground Clearance paling rendah di antara kategori lainnya. Hal ini juga didukung oleh hasil survei yang membuktikan bahwa mobil Sport memiliki Ground Clearance di kisaran 120 mm berbeda dengan mobil pada umumnya yang menerapkan Ground Clearance di atas 150 mm.

>>> Baca juga: Mengubah Air Menjadi Tenaga Kuda, Intip Cara Kerja Sistem Injeksi Air BMW

Ground Clearance mobil memang dirancang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kategori kendaraan tersebut

Ground Clearance di setiap mobil dirancang berbeda sesuai dengan fungsinya

Mengapa Sport Cars Memiliki Ground Clearance rendah?

Fakta membuktikan bahwa semakin rendah Ground Clearance maka semakin rendah pula Center of Gravity (CoG) pada mobil tersebut. CoG dalam hal ini merujuk kepada total bobot bodi mobil yang dikonsentrasikan pada satu titik. Dalam dunia otomotif, CoG yang lebih rendah akan membuat mobil lebih melekat pada aspal sehingga resiko mobil tergelincir ketika melakukan manuver di kecepatan tinggi menjadi sangat minim.

Ground Clearance mobil Sport cenderung dibuat sangat rendah supaya memberikan performa berkendara yang lebih responsif meski berada di kecepatan tinggi

Bisa Anda amati bahwa Ground Clearance Lamborghini Aventador terbilang rendah supaya meningkatkan fungsi aerodinamis yang lebih baik

Tentu saja, hal ini juga mempengaruhi fungsi aerodinamis yang lebih baik serta mengurangi potensi limbung meski berada di kecepatan sangat tinggi. Bisa dibayangkan bukan, mobil Sport Car yang cenderung memiliki rangka bodi kecil bisa berakselerasi cepat dengan tingkat kestabilan yang mumpuni. Itulah alasannya mengapa mobil Sport Car memiliki Ground Clearance rendah.

>>> Anda ingin tahu harga mobil sejuta umat Avanza? Berikut informasinya yang sedang dijual di Indonesia

Apakah Ground Clearance rendah selalu dilihat baik?

Jika boleh kami berbicara jujur, sejatinya mobil Sport tidak didesain untuk area perkotaan yang memiliki kondisi jalanan tak beraturan. Apalagi di Indonesia yang banyak terdapat 'polisi tidur’, bisa dibayangkan bukan apabila mobil kesayangan Anda terbentur ketika melewati perumahan yang dipenuhi 'polisi tidur’? Memang sejatinya, mobil sport diciptakan untuk jalanan mulus seperti trek balap. Sebenarnya masih sah-sah saja jika digunakan untuk area perkotaan asalkan Anda harus pintar-pintar memilih rute jalanan terlebih dulu sebelum melaju.

Bagaimana dengan mobil yang memiliki Ground Clearance tinggi?

Tentu saja, mobil dengan Ground Clearance tinggi tidak memiliki tingkat responsif tinggi dan tidak se-aerodinamis mobil Sport. Itu hal pertama yang bisa kita tangkap secara sederhana. Namun memang jika mau menilik lebih dalam, mobil Sport yang memang dirancang untuk tingkat kecepatan tinggi berbeda fungsinya dibanding SUV atau mobil keluarga seperti Multi Purpose Vehicle (MPV).

Ground Clearance mobil SUV cenderung dibuat sangat tinggi supaya performanya di medan berat dapat lebih mumpuni

Seperti halnya Mitsubishi Pajero Sport yang memiliki Ground Clearance tinggi supaya dapat melaju di berbagai medan

Tak salah, banyak mobil di Indonesia didesain dengan Ground Clearance yang cukup tinggi. Seperti yang kita bahas tentang 'polisi tidur’, mobil tersebut sudah bisa melaju dengan nyaman tanpa harus terlalu memikirkan rute perjalanan. Belum lagi, masalah genangan air atau banjir, mobil SUV yang dirancang dengan Ground Clearance akan siap melibas kondisi jalanan tersebut secara mudah. Apalagi jika melihat Toyota Hardtop dan mobil sekelasnya yang didesain sebagai mobil Off-Road, segala medan seakan siap dilahapnya karena Ground Clearance-nya yang tinggi.

>>> Tertarik dengan mobil SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport? Coba simak review terjangkaunya dan siapkan rencana pembiayaan bersama keluarga

Mana yang lebih baik, mobil dengan Ground Clearance rendah atau tinggi?

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal segmen, aspek Ground Clearance akhirnya menentukan kapabilitas dari sebuah mobil dan tentu saja sesuai kebutuhan berkendara Anda. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa Ground Clearance juga menjadi komponen penting dalam membedakan setiap kategori mobil. Jika Anda ingin mobil yang mudah beradaptasi di berbagai kondisi jalan makan mobil Ground Clearance tinggi bisa menjadi pilihan. Sedangkan jika Anda ingin merasakan impresi berkendara yang lebih mengesankan dalam kecepatan tinggi sekalipun, mobil Sport dengan Ground Clearance rendah menjadi rekomendasi kami.

Fungsi Ground Clearance disesuaikan dengan kebutuhan pengendara yang nantinya dapat menjadi pertimbangan dalam membeli mobil

Jika Anda menyukai Off-Road, mobil dengan Ground Clearance tinggi bisa menjadi pilihan

Lantas apa pendapat Anda tentang aspek Ground Clearance pada mobil? Anda bisa menuliskan pendapat menarik di kolom komentar di bawah ini. Di sisi lain, jika Anda berkenan, Anda juga bisa memberikan “Like” serta menyampaikan saran supaya kami bisa terus berbenah dalam menyajikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

>>> Cintamobil.com akan selalu memberikan informasi otomotif paling update dan tips terbaru lainnya

 
back to top