Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Lebih Sangar dengan Dentuman Speaker Menggelegar

29/12/2018

Share this post:

Mitsubishi Pajero Sport 2018

Editor rate:

Lihat promo

Diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show 2018, Mitsubishi memberikan salah satu varian baru dengan edisi spesial pada konsumennya di Indonesia. Dengan nama Mitsubishi Pajero Sport RF 2018, konsumen bisa mendapatkan pengendaraan sangar dengan sistem audio ternama dari Rockford Fosgate.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Lebih Sangar dengan Dentuman Speaker Menggelegar
Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Lebih Sangar dengan Dentuman Speaker Menggelegar
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Pajero Sport 2018

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Dentuman audio dari speaker khas Rockford Fosgate layaknya suara konser

Beberapa peningkatan eksterior memberikan kesan elegan namun sporty

Penyimpanan ban cadangan di bawah bumper untuk tempat yang lebih lega di ruang bagasi

Kekurangan

Sedikit perubahan, tidak ada peningkatan signifikan

Hanya tersedia terbatas, belum jelas apakah Mitsubishi akan menjadikan mobil ini salah satu varian yang berkelanjutan

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 - Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan berarti yang bisa Anda dapatkan dari Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 dibandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 yang menjadi basis varian teranyar Mitsubishi ini. Dibuat bekerja sama dengan salah satu pabrikan audio terkemudi di dunia, Rockford Fosgate, Mitsubishi memberikan pengalaman mengemudi setara dengan berada di konser grup musik kesayangan Anda.

Diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) tertanggal 19-29 April lalu, Andri Irawan selaku Kepala Departemen Perencanaan Produk MMKSI dalam pengungkapan mobil ini menuturkan, "Secara keseluruhan pertambahan harga bukan hanya karena perubahan sistem suara utama, tetapi juga aksesoris tambahan item lainnya.”

Gambar Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Diperkenalkan pada IIMS 2018, ini dia Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Memang, ada beberapa perubahan aksesoris dari bagian luar mobil ini. Beberapa peningkatan tampilan bisa Anda perhatikan pada edisi spesial yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan versi biasanya. Mulai dari emblem khusus hingga desain logo Rockford Fosgate untuk menunjukan eksklusivitas mobil ini bisa Anda dapatkan pada bagian depan dan belakang kendaraan.

Tapi apakah mobil ini setara dengan nilai yang lebih besar, atau hanya penambahan audio yang tidak terlalu penting dari Mitsubishi? Lihat kembali review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 khusus dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Mitsubishi Pajero Sport 2018

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penambahan audio menjadi perubahan paling besar yang diberikan Mitsubishi untuk mobil ini. Namun tidak hanya itu, eksterior Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 yang sudah mendapatkan tampilan sporty khas Pajero Sport Dakar 4x2 kembali dipertegas dengan berbagai aksesoris baru yang ditambahkan.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Eksterior Depan

Gambar logo depan Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Tampilan depan Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Secara keseluruhan, tidak ada perubahan signifikan dari mobil ini dibandingkan versi Dakar-nya. Perubahan paling kentara yang bisa Anda lihat pada eksterior depan Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 adalah tambahan engine hood emblem, memberikan kesan agresif dan maskulin pada tampilan depan mobil ini. Menilik ke bagian bawah, mobil ini mendapatkan balutan under garnish depan yang memantapkan ketangguhan khas SUV kelas berat Mitsubishi.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Eksterior Samping

Jika dibandingkan dengan Pajero Sport Dakar yang menjadi basis mobil ini, eksterior samping Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 tidak mendapatkan perbedaan jika dibandingkan dengan desain depan dan belakang. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana Mitsubishi menggunakan pelek 18 inci untuk menegaskan tampilan sporty mobil ini. Memberikan kesan mewan sekaligus gahar ketika dibawa berkendara ke semua medan.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Eksterior Belakang

Gambar emblem belakang Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Tampilan belakang Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Senada dengan tampilan depan, eksterior belakang Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 juga mendapatkan under garnish beraksen silver, memberikan perlindungan ekstra ketika Anda membawa mobil ini ke medan kasar. Tidak hanya itu, Mitsubishi menyematkan Spare Tire Cover di bawah bemper belakang sebagai tempat penyimpanan ban cadangan, memberikan ruang bagasi yang cukup besar tanpa kehadiran ban cadangan yang seringkali mengganggu.

Gambar penyimpan ban Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Penyimpanan ban terletak di bagian bawah

Untuk tampilan knalpot yang berbeda, mobil ini juga mendapatkan muffler cutter yang menunjukan tampilan khas mobil ini. Tak lupa, pelengkap tampilan luar terletak pada bagian belakang, tepat di sisi kiri, yaitu emblem khusus yang menandakan bahwa Anda adalah salah satu dari 1.000 pemilik edisi terbatas, meskipun tidak jelas apakah Mitsubishi akan menghilangkan desain khusus ini selanjutnya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Mitsubishi Pajero Sport 2018

Karena beberapa perubahan hanya mengindikasikan perbedaan pada eksterior dan penambahan audio, tidak ada perubahan yang bisa Anda rasakan pada desain interior Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 yang masih elegan layaknya Pajero Sport Dakar yang menjadi basisnya.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Dasbor

Gambar dasbor Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Dasbor Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Tidak ada perubahan yang diberikan untuk menyemarakan tampilan baru ini. Jika melihat tampilan dalam, khususnya dasbor Mitsubishi Pajero Sport RF 2018, Anda sudah bisa merasakan nuansa elegan yang diberikan oleh Mitsubishi. Ditemani dengan dasbor berwarna hitam namun dibayangi desain silver menjadikan tampilan dasbor lebih gagah, sesuai dengan tujuan utama edisi spesial ini.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Kemudi

Gambar kemudi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Kemudi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Detail menarik dan kenyamanan kelas atas yang diberikan pada kemudi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 bisa Anda rasakan sejak mulai mendaratkan tangan Anda pada setir berlapiskan kulit dan finishing silver. Anda juga sudah mendapatkan Audio Steering Switch dan Paddle Shift untuk memudahkan pengendaraan dengan tampilan mewah dan fungsional. Untuk kenyamanan, setir juga dilengkapi dengan Adaptive Control Cruise (ACC) yang akan menyesuaikan laju kecepatan dengan kendaraan di depan Anda.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Kursi

Gambar kursi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Kursi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Masih disusun dengan untuk menampung hingga 7 orang, kursi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 dipenuhi dengan material premium berlapis kulit, memberikan desain menawan dan nyaman selama perjalanan. Kesan elegan juga terlihat dari warna premium hitam yang diberikan pada seluruh kursi hingga seat belt.

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Bagasi

Gambar letak Speaker Rockford Fosgate di bagasi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Speaker Rockford Fosgate di bagasi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Inilah salah satu perbedaan interior edisi Rockford Fosgate dengan Dakar, dimana dua audio RF disandingkan pada bagian sisi dalam bagasi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018. Meskipun begitu, kehadiran speaker tidak akan mempengaruhi ruang kompartemen penyimpanan Anda. Dengan adanya penyimpanan ban cadangan di bawah mobil, maka Anda bisa menggunakan ruang bagasi dengan maksimal.

>>> Baca juga:

Fitur Mitsubishi Pajero Sport 2018

Hanya ada dua kata yang menunjukan perubahan pada fitur mobil ini, yaitu ‘peningkatan audio’. Sebagai salah satu pabrikan audio terkenal di dunia otomotif, menggunakan Rockford Fosgate merupakan tambahan yang digunakan Mitsubishi untuk memberikan pengalaman berkendara dengan dentuman suara layaknya suara konser. Tapi selain itu, tidak ada perubahan yang bisa Anda rasakan karena beberapa fitur Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 sudah bisa Anda temui pada Pajero Sport Dakar.

Gambar speaker Forckford Fosgate di Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Penempatan speaker Rockford Fosgate

Review Mitsubishi Pajero Sport RF 2018: Fitur Keselamatan Aktif

Sama dengan sistem keamanan yang pada basis mobil ini, fitur keselamatan aktif Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 mendapatkan teknologi pengereman ABS + EBD + BA yang memberikan pemberhentian maksimal, meskipun pada kondisi jalan basah. Fitur tambahan yaitu Active Stability Traction Control, Hill Start Assist dan Trailer Stability Assist, serta Hill Descent Control dan dilengkapi dengan Immobilizer yang terintegrasi dengan alarm, memberikan kenyamanan meskipun tidak sedang digunakan.

Operasi Mitsubishi Pajero Sport 2018

Gambar mesin Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Mesin Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Sayangnya, tidak ada yang berbeda dalam sistem operasi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018. Masih menggunakan mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged dan Intercooled yang sama dengan Pajero Sport Dakar, Anda bisa melaju di semua medan dengan kekuatan tenaga sebesar 178 daya kuda pada perputaran 3.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 430 Nm pada perputaran mesin 2.500 rpm. Semua kekuatan akan disalurkan melalui transmisi otomatis 8 kecepatan yang sama serta penggerak All Wheel Drive (AWD).

>>> ​Sedang mencari Mitsubishi Pajero Sport Dakar edisi semua tahun, klik di sini

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport 2018

Baru saja diluncurkan tahun ini, Mitsubishi membatasi penjualan dengan 1.000 unit kendaraan saja. lalu, bagaimana spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 dan perubahannya dibandingkan basis Dakar-nya?

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Panjang x Lebar x Tinggi

4.785 x 1.815 x 1.805 mm

Jarak Sumbu Roda

2.800 mm

Ground Clearance

218 mm

Berat

2.030

Mesin Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Tipe Mesin

4N15 2.4 L MIVEC Turbocharged dan Intercooled

Isi Silinder

2.442 cc

Tenaga Maksimal

178 dk @ 3.500 rpm

Torsi Maksimal

430 Nm @ 2.500 rom

Transmisi

8 Kecepatan

Sistem Bahan Bakar

Commonrail (Low Pressure) Direct Injection

Kaki-Kaki Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Suspensi Depan

Double Independent Wishbone with Coil Spring

Suspensi Belakang

3 Link Type Rigid Axle with Coil Spring

Rem Depan dan Belakang

Ventilated Disc

Ban

265/60 R18

Daftar Harga Mitsubishi Pajero Sport 2018

Rencana penambahan mobil ini menjadi varian masih harus terus dipantau. Pasalnya Mitsubishi Indonesia saat ini sudah menghilangkan mobil ini pada laman resminya. Namun jika Anda menanyakan harga Mitsubishi Pajero Sport RF 2018, mobil yang hanya tersedia dalam warna hitam ini tersedia dengan harga Rp 535.000.000 khusus untuk harga on the road Jabodetabek.

>>> Butuh informasi tentang harga dan promo mobil Mitsubishi lainnya? Klik sini untuk baca informasi terupdate dan terlengkap

Kesimpulan Mitsubishi Pajero Sport 2018

Bisa dibilang, tidak ada peningkatan berarti untuk Mitsubishi Pajero Sport RF 2018 dibandingkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 yang menjadi basis mobil ini. Namun jika Anda ingin mencari mobil yang sepenuhnya bergaya, Anda bisa membeli mobil edisi spesial ini.

Gambar tampilan perdana Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Penampilan pertama Mitsubishi Pajero Sport RF 2018

Dengan perbedaan harga yang (bisa dibilang) tidak begitu besar, Anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih sporty dan elegan dibandingkan saudara Dakar-nya. Selain itu, sistem audio Rockford Fosgate yang sudah tidak perlu diragukan lagi bisa memberikan pengendaraan dengan sistem suara layaknya film-film blockbuster. Ingin berkendara di medan pegunungan dan dipenuhi dengan soundtrack yang mendentum? Mobil ini merupakan pilihan terbaik Anda.

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top