Mengubah Air Menjadi Tenaga Kuda, Intip Cara Kerja Sistem Injeksi Air BMW

Mengubah Air Menjadi Tenaga Kuda, Intip Cara Kerja Sistem Injeksi Air BMW
Menambahkan beberapa teknologi baru dari Bosch, BMW memperkenalkan sistem injeksi air untuk menambah hingga 50 daya kuda. Lalu, bagaimana cara kerja sistem ini?

Sudah lebih dari tiga tahun yang lalu ketika BMW memperkenalkan BMW M4 GTS – pertama yang dipasang dengan sistem injeksi air dari Bosch. Namun, meskipun proses tersebut sudah digunakan sebelumnya oleh Chrysler dan Saab serta dalam industri pesawat terbang, belum pernah sebelumnya dijelaskan bagaimana cara kerja sistem ini.

Ilustrasi sistem injeksi air pada BMW

Sistem ini akan memberikan tenaga tambahan untuk BMW M4 GTS

Dengan sistem ini, MTS GTS yang berfokus pada trek mampu menghasilkan 493 daya kuda. Lalu, bagaimana cara mengubah air menjadi tenaga yang bisa menggerakkan mobil tersebut? Untungnya Engineering Explained menjelaskan kepada penonton mereka tentang cara kerja sistem ini.

>>> Mercedes Ungkap Tips Membawa G-Class 2019 di Genangan Air dan Jalanan Berlumpur

Pada dasarnya, sistem injeksi air akan menyemprotkan kabut air yang sangat halus ke dalam intake manifold. Ketika air disemprotkan ke dalam intake panas, air akan menguap. Penguapan tersebut akan menyerap energi sehingga mengurangi suhu intake mesin. Dengan demikian, BMW berhasil mengurangi ketukan pada mesin dan mengubah mesin.

penjelasan sistem injeksi air dari papan tulis putih

Engineering Explained mempresentasikan sistem injeksi air

>>> Ingin membeli mobil BMW lainnya? Dapatkan daftarnya hanya di Cintamobil.com

Rupanya, dengan udara yang lebih padat dan suhu yang lebih rendah, BMW mampu meningkatkan dorongan turbocharger, dari 17.2 PSI menjadi 21.6 PSI. Peningkatan dorongan akhirnya meningkatkan hasil akhir dan membuat M4 GTS mampu menghasilkan 493 daya kuda, naik sekitar 50 daya kuda dari M4 biasa.

Keuntungan lain dari sistem injeksi air adalah Anda bisa mengurangi tekanan panas dari bagian-bagian mesin seperti piston, katup buang, dan catalytic converter. Pasalnya, dengan sistem ini, mesin akan beroperasi pada suhu yang lebih rendah.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Sistem ini tidak bekerja terlalu sering, karena hanya bisa digunakan dalam keadaan simultan: mesin harus berada di atas 5.000 rpm dan throttle terbuka lebar. Hanya dengan demikian suhu intake menjadi cukup panas sehingga membutuhkan semprotan air. Jadi, tangki air lima liter sebenarnya bisa bertahan cukup lama dalam penggunaan normal.

Penjelasan Engineering Explained terhadap sistem injeksi air

Bagian menarik tentang sistem injeksi air adalah sistem ini bisa mati dengan sendirinya. Karena BMW hanya memungkinkan sistem ini berjalan saat suhu mesin berada di atas 41 derajat. Secara teknis menjadi perubahan baru, namun terkesan rumit hanya untuk menambah beberapa daya kuda.

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top