Kelebihan Kursus Mengemudi Secara Profesional Dibanding Otodidak

07/03/2020

Pengemudian

5 menit

Kelebihan Kursus Mengemudi Secara Profesional Dibanding Otodidak
Walaupun Anda harus membayar sejumlah uang yang tidak murah, namun ada beberapa kelebihan jika Anda kursus mengemudi di tempat profesional. Beberapa diantaranya tidak akan Anda temui kalau Anda belajar nyetir mobil sendiri dengan bantuan teman atau kerabat.

Belajar nyetir mobil sendiri bisa dengan berbagai cara. Ada yang didampingi oleh teman atau kerabat, ada pula yang memanfaatkan jasa sekolah mengemudi. Keduanya pun punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda meminta bantuan teman atau kerabat yang sudah pandai mengemudi untuk mengajari Anda nyetir mobil, maka biaya yang dikeluarkan relatif murah atau bahkan gratis. Tapi kelemahannya, Anda tidak bisa belajar secara rutin karena harus lebih dulu menyesuaikan dengan waktu lenggang teman yang sekaligus jadi guru mengemudi Anda itu.

>>> Memilih Kursus Setir Mobil Sebaiknya Pertimbangkan Hal Ini

Sementara jika kursus setir mobil di lembaga-lembaga penyedia kursus mengemudi, maka Anda harus membayar sejumlah biaya. Belum lagi tips untuk pelatih yang wajib dikeluarkan setiap kali pertemuan kursus. Beberapa tarif kursus mengemudi pun pernah Cintamobil.com ulas. Namun begitu, dilansir dari laman Toyota Indonesia, ada beberapa keuntungan jika Anda memanfaatkan jasa sekolah mengemudi ini.

1. Dilatih Instruktur Profesional

kursus mengemudi dengan instruktur

Saat kursus Anda akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman

Saat memutuskan menggunakan penyedia jasa kursus setir mobil, maka tentu Anda akan didampingi oleh instruktur mengemudi yang telah terlatih. Bahkan beberapa diantaranya memiliki lisensi sebagai pengajar mengemudi. Sehingga tahapan-tahapan belajar akan diberikan secara teratur dan disampaikan hingga Anda benar-benar paham dan mampu menguasainya. Ini akan membuat Anda lebih aman dan nyaman selama proses belajar mengemudi.

>>> Temukan promo mobil baru yang menarik disini

2. Mobil yang Dipakai Lebih Aman

mobil khusus untuk kursus mengemudi

Selama kursus, Anda akan menggunakan mobil khusus

Saat menggunakan layanan jasa kursus mengemudi, tentu Anda wajib memakai kendaraan dari tempat Anda kursus tersebut. Karena kendaraan-kendaraan ini telah dirancang memang khusus untuk belajar mengemudi di jalan raya. Biasanya pada mobil berlajar mengemudi ini telah dilengkapi pedal gas, kopling, dan rem tambahan di sisi jok instruktur. Tujuannya mengantisipasi jika muridnya salah menginjak pedal yang menimbulkan potensi bahaya di jalan. Sementara kalau Anda belajar pakai mobil pribadi, jika terjadi sesuatu tanggung sendiri risikonya.

3. Mendapat Pengetahuan Tambahan

rambu-rambu lalu lintas

Anda akan diberi pengetahuan seputar peraturan lalu lintas

Kerena didampingi instruktur, maka selama proses kursus mengemudi Anda acap kali diberi pengetahuan tambahan tentang hal-hal yang berkaitan dengan mengemudi di jalan raya. Misalnya pengetahuan akan peraturan lalu lintas seperti wajib memakai sabuk keselamatan atau berhenti di belakang garis stop. Juga ada tambahan pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas yang sering dipasang di jalan raya.

>>> Klik disini untuk menemukan mobil bekas idaman Anda dalam kondisi berkualitas

4. Bisa Langsung Dapat SIM

SIM A dan SIM C

Ada jasa kursus mengemudi yang memberikan paket sekaligus pembuatan SIM

Saat ini sering kali layanan kursus mengemudi juga memberikan paket untuk pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi). SIM akan diproses setelah Anda lulus dari kursus tersebut. Jadi hal yang demikian akan mempermudah Anda daripada harus mengurus pembuatan SIM secara mandiri.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top