5 Pilihan Bahan Cover Jok Mobil Keren Terbaru

10/12/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Ketika hendak membuat jok mobil keren di interior kendaraan Anda, pastikan untuk memilih bahan cover jok yang berkualitas terbaik. Nah berikut ini kami rekomendasikan setidaknya ada 5 merek bahan cover jok mobil dengan kualitas terbaik.

Opsi memasang cover atau sarung jok sering dilakukan para pemilik kendaraan demi meningkatkan penampilan interior mobil mereka. Dengan teknik ini, kendaraan tersebut sebenarnya masih menggunakan jok bawaan pabrik hanya saja material pelapis busa jok tersebut sudah berubah jadi lebih menarik.

Cara pemasangan sarung jok mobil ini pun beragam, mulai dari hanya diikat dengan tali, dibentuk dengan lebih presisi, sampai dikuliti pelapis bawaannya untuk diganti dengan cover jok mobil keren yang baru. Sedangkan pilihan materialnya boleh kulit asli (leather) atau kulit sintetik (synthetic leather). Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Semua itu pastinya juga akan mempengaruhi harga pemasangan jok mobil tersebut yang akan dipatok oleh bengkel jok mobil. Dan umumnya, para car seat maker ini memiliki beberapa merek bahan cover jok mobil yang biasa digunakan. Nah jika Anda berniat untuk memesan satu set jok mobil keren dari bengkel jok mobil, sebaiknya ketahui dulu beberapa merek bahan cover jok mobil yang Cintamobil.com rekomendasikan berikut ini.

1. MBTech

Jok Mobil MBTech

Merek bahan cover jok kulit sintetik yang paling populer

Kalau Anda merupakan car enthusiast sejati, pasti mengenal bahan cover jok mobil yang satu ini. Karena MBTech merupakan brand synthetic leather yang paling sering ditawarkan oleh bengkel jok mobil. Ini karena MBTech memiliki kualitas bahan kulit sintetik yang cukup baik, dapat bertahan lama, serta pilihan warnanya amat beragam.

Kemudian, MBTech juga mendesain permukaan bahan cover jok yang cukup bervariasi. Sehingga dengan dibentuk model jok mobil MBTech terbaru, penampilan ruang kabin kendaraan Anda bisa terlihat jauh lebih mewah dan elegan.

MBTech pun mengeluarkan beberapa varian bahan cover jok mobil, diantaranya MBTech Camaro, MBTech Picasso, dan MBTech Superior. Masing-masing tipe ini dibedakan dari jenis permukaan bahan cover jok tersebut dan juga ketebalannya.

2. Autoleder

Jok Mobil Autoleder

Bahannya menggunakan kulit asli dan banyak digunakan pabrikan otomotif Eropa

>>> Ini Teknik Modifikasi Jok Mobil yang Baik Buat Kesehatan

Kalau MBTech merupakan bahan cover jok terbaik untuk material kulit sintetik dengan pilihan warna jok mobil keren yang amat bervariasi, maka Autoleder adalah pilihan tepat kalau Anda mencari bahan cover jok dari kulit asli.

Merek cover jok mobil asal Jerman ini menggunakan kulit sapi yang telah melalui serangkaian proses kimia untuk menghasikan bahan sarung jok mobil yang berkualitas. Tak heran sejumlah produsen mobil asal Jerman seperti BMW dan Mercedes-Benz ada juga yang menggunakan Autoleder untuk melapis jok mobil produksinya.

Walau variasi warnanya tidak sebanyak material kulit sintetik, namun Anda juga bisa mendapatkan variasi warna bahan Autoleder yang menarik, seperti hitam, cokelat, beige, merah, dan sebagainya. Jika ingin tampilan jok mobil Anda semakin keren, maka bisa gunakan kombinasi warna hard dan soft dan dipadu benang jahitan berwarna kontras. Misalnya padanan hitam dengan sedikit aksen cokelat muda dan jahitan merah.

Di bengkel jok mobil, umumnya ditawarkan Autoleder dalam beberapa tipe varian, seperti Autoleder Monza, Autoleder Catania, Autoleder Dakota, serta Autoleder Nappa.

3. Lederlux

Jok Mobil Lederlux

Tawarkan jok kulit sintetik anti UV dan anti bakteri

Selain MBTech, merek sarung jok lainnya yang menggunakan bahan kulit sintetik adalah Lederlux. Menariknya, Lederlux menambahkan beberapa racikan khusus pada produknya sehingga bahan jok mobil keren ini punya sifat UV Protection, Fire Retardant, Anti Bacteria, dan Anti Fungi.

Meskipun ada tambahan fitur-fitur tersebut, namun nyatanya harga cover jok Lederlux masih lebih murah dibanding merek lain yang menggunakan bahan kulit asli. Padahal warna-warna yang disediakan sangat beragam dan mendekati warna bahan kulit asli.

Tentunya dengan kualitas tersebut, ketika jok mobil Anda dilapis dengan material dari Lederlux, makan interior mobil akan berubah jadi lebih mewah sekaligus menambah kenyamanan saat berkendara di mobil tersebut.

>>> Baca juga:

4. Mastrotto

Jok Mobil Mastrotto

Menggunakan bahan kulit asli premium

Mungkin nama sarung jok mobil ini bagi sebagian orang cukup asing. Padahal produsen tersebut telah mengeluarkan brand Mastrotto sejak tahun 1958. Material yang digunakan pun kulit asli berkualitas premium, sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Permukaan kulit yang lembut dan tidak mudah terasa panas saat bersentuhan dengan permukaan kulit Anda meski dalam waktu lama adalah beberapa kelebihan dari bahan cover jok mobil dari merek ini. Tentunya hal tersebut akan meningkatkan kenyamanan jika Mastrotto dipakai untuk melapis ulang permukaan jok mobil Anda.

Namun karena dibuat dengan material yang berkualitas, harga bahan sarung jok mobil ini terbilang tinggi. Walaupun demikian, ada sekitar 40 pilihan warna yang disediakan Mastrotto untuk Anda pilih sesuai selera.

5. Oriileder

Jok Mobil Oriileder

Berikan garansi 3 tahun untuk kualitasnya

Kalau merek sarung jok mobil keren yang satu ini cukup unik, karena perpaduan antara kulit asli dan microfiber. Alhasil bahan dari Oriileder memiliki sifat yang cukup elastis dan anti robek. Dengan kemampuan itu, bahan tersebut memiliki usia pakai jauh lebih lama dibanding komposisi material cover jok lainnya.

Dan karena masih memiliki kandungan kulit asli, permukaan bahan cover jok mobil keren dari Orrileder juga masih terasa halus, serta pada bagian bawahnya terlihat berserat layaknya cover jok berbahan kulit asli.

Kelebihan lainnya, Oriileder memiliki permukaan yang cukup tebal dan punya fitur Anti UV. Selain itu Oriileder juga menawarkan varian yang bertekstur kulit jeruk atau Nappa. Bagi setiap konsumen yang menggunakan bahan ini bakal diganjar garansi selama 3 tahun.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar perawatan mobil

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top