Ingin Pasang Dashcam Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

19/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Ingin Pasang Dashcam Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?
Saat ini, kehadiran dashboard camera (dashcam) mobil bukan lagi barang asing. Piranti tersebut sudah jadi standar di negara lain, dan banyak dijual di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memasang dashcam, apa saja hal yang harus dipertimbangkan?

Biasa diletakkan di aera dashboard atau spion tengah pengemudi, dashcam mobil bekerja layaknya sebuah CCTV (Close Circuit Television), yang dapat merekam dan mengawasi tiap hal yang terjadi di jalan.

Dashcam mobil dipasangkan di depan kaca spion mobil

Dashcam mobil sudah jadi piranti keselamatan standar di berbagai negara

Dengan hadirnya dashcam mobil, Anda bisa dengan mudah mendapatkan bukti atau kronologi saat Anda menghadapi kondisi yang tidak diinginkan, semisal mengalami kecelakaan jalan raya.  Karena itu, piranti keamanan  ini sudah jadi standar yang diwajibkan di berbagai negara, namun belum di Indonesia.

>>> Bagaimana teknik yang aman saat menyalip bus di jalan raya?

Meski demikian, Anda bisa dengan mudah mendapatkan dashcam dengan beragam spesifikasi, harga, dan bentuk. Mulai dari dedicated dashboard camera sampai sebuah action camera yang dioperasikan layaknya sebuah dashcam.

Tiap dashcam mobil pasti punya kelebihan, kelemahan, dan berbagai spesifikasi teknis yang mempengaruhi performanya. Jika Anda ingin mencari dashcam untuk mobil Anda, apa saja yang harus diperhatikan? Simak tips memilih dashcam mobil di bawah ini

Resolusi Video

Kecelakaan yang masuk footage dashcam mobil

Semakin besar resolusi, semakin jelas detail yang Anda dapatkan dari sebuah insiden

Setidaknya, dashcam mobil yang ideal harus mampu merekam dengan kualitas HD 720p. Video yang dihasilkan cukup tajam sehingga dapat membantu Anda melihat beberapa detail seperti nomor polisi, jenis mobil, dan orang yang terlibat masalah dengan Anda.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Memang, ada dashcam dengan resolusi lebih baik semisal HD 1080p dan 2K dengan kualitas video yang lebih tajam. Namun, ukuran file yang dihasilkan akan jauh lebih besar.

Kapasitas Penyimpanan

Memasukan memory card ke dalam dashboard camera

Semakin besar kapasitas memori suatu dashcam, semakin lama video yang dapat direkam

Seperti dijelaskan di atas, semakin tinggi resolusi video yang dihasilkan, semakin besar juga memori yang harus disiapkan. Untuk video 720p selama satu jam biasanya akan menghabiskan memori 2GB, sementara jika kualitas videonya 1080p dapat melonjak tiga kali lipat sampai 6GB.

Biasanya, sebuah dashcam memiliki fitur penyimpanan eksternal berupa MicroSD dengan kapasitas maksimal yang beragam. Nah, di sini kami sarankan Anda memilih dashcam mobil yang dapat mengakomodir memori eksternal setidaknya 64GB, lebih besar tentu lebih baik.

Night Vision

Rekaman kamera night vision

Fitur night vision membantu Anda merekam pada malam hari secara optimal

Anda tentu tidak akan tahu kapan kecelakaan Akan terjadi, dan fitur night vision akan sangat membantu jika terjadi insiden malam hari. Apalagi jika Anda berjalan menuju tempat dengan pencahayaan yang sangat minim.

GPS Tracker

Fitur GPS Tracker dapat membantu Anda menganalisa kecelakaan jika footage yang dihasilkan kurang jelas. GPS Tracking dapat memantau kecepatan mobil Anda, yang akan sangat berguna jika Anda mendapatkan surat tilang karena ngebut sementara secara data kecepatan mobil Anda belum melebihi batas kecepatan.

>>> Simak tips mengemudi lainnya di sini

Sebagai orang tua, Anda juga bisa mengawasi gerak-gerik anak Anda dengan fitur GPS Tracking, misal ke mana saja sang buah hati menghabiskan malam minggu dengan mobil kesayangannya.

Loop Recording

Saat memori eksternal dashcam mobil Anda penuh, biasanya terjadi dua kemungkinan, berhenti merekam atau terus merekam dengan meniban footage lama, yang disebut loop recording.

Fitur loop recording akan membuat Anda kesulitan mengambil footage lama yang lupa Anda transfer, namun di sisi lain dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti berhenti merekam di tengah perjalanan, jadi fitur loop recording dapat membuat pengoperasian dashcam mobil lebih mudah.

Berikut lima hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih dashcam untuk mobil Anda, untuk tips & trik lainnya bisa dilihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Mengenal Arti Garis Marka di Jalan Raya, Wajib Anda ketahui!

18/10/2019

Pengemudian

3 menit

Sebagai pengguna jalan yang baik, Anda harus mengetahui arti dari Garis Marka jalan.

Lihat juga

Tips Sederhana Agar Tak Salah Menginjak Pedal Gas dan Rem

17/10/2019

Pengemudian

3 menit

Meski sudah pakem letak dan posisinya, kesalahan menginjak pedal gas dan rem bisa saja terjadi, khususnya buat pengemudi pemula yang masih butuh jam terbang tinggi untuk menjadi mahir.

Lihat juga

Sudahkah Anda Mengaplikasikan Dashcam Mobil? Inilah 7 Alasan Anda Harus Memilikinya

04/11/2018

Pengemudian

Dashboard Camera atau yang biasa disingkat Dashcam, nyatanya memiliki cukup banyak manfaat. Pernahkah Anda melihat sebuah tayangan video yang mempertontonkan kecelakaan atau aksi jalanan lainnya dari dalam mobil? Jika pernah, maka video itulah yang direkam menggunakan Dashcam. Namun jangan salah, terdapat banyak sekali manfaat menggunakan Dashcam mobil, mari kita simak informasi selengkapnya.

Lihat juga

Trik Nyetir Aman di Area Demonstrasi

29/09/2019

Pengemudian

5 menit

Saat berkendara di jalan namun Anda terjebak di area demonstrasi massa, maka sebaiknya tetap tenang. Perhatikan hal-hal berikut ini, supaya perjalanan Anda tetap aman sampai ditujuan.

Lihat juga

Hindari Celaka Dengan Mengurangi Area Blind Spot

28/09/2019

Pengemudian

3 menit

Kecelakaan di jalan raya salah satu penyebabnya ialah karena pandangan kurang aman pada sisi kanan dan kiri mobil. Ketika mendahului atau mengambil jalur lain di jalan raya, seringkali pengemudi mengalami blind spot. Agar bisa terhindar dari celaka, Anda bisa mengurangi area blind spot saat mengemudi.

Lihat juga