Konsumsi BBM Toyota Fortuner vs Pajero Sport, Lebih Irit Mana?

23/10/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Penasaran dengan perbandingan konsumsi BBM Toyota Fortuner vs Pajero Sport? Simak lagi bagaimana perbedaan model andalan dari duo SUV tangguh asal Jepang ini.

Dengan bodinya yang besar, tentunya banyak pengguna yang masih penasaran mengenai perbandingan konsumsi BBM Toyota Fortuner vs Pajero Sport. Sama-sama menggunakan penggerak empat roda dan dua roda serta pilihan mesin bensin dan diesel, simak lagi bagaimana perbedaan antara Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner di bawah ini.

Konsumsi BBM Toyota Fortuner

SUV tangguh andalan Toyota ini memang mendapatkan pembaharuan dengan tampilan yang lebih sporty bertajuk Toyota Fortuner GR Sport. Tapi perubahan tersebut sebagian besar terletak pada bagian luar dan tampilan mobil ini. Sedangkan untuk masalah spesifikasi dan teknis di dalam mesin tak mengalami perubahan.

Fortuner masih menggunakan pilihan mesin bensin tanpa timbal 2.7 liter berkode 2TR-FE 4-silinder milik Fortuner mampu menghasilkan tenaga hingga 163 PS pada putaran 3.400 rpm serta torsi puncak hingga 242 Nm pada putaran 4.000 rpm. Mobil ini disandingkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic yang disalurkan ke roda belakang.

mesin Toyota Fortuner terbaru berwarna hitam
Mesin Toyota Fortuner dengan pilihan bensin dan diesel

Sedangkan Fortuner bermesin diesel menggunakan mode 2GD-FTV 4-silinder berkapasitas 2.4 liter mampu membawa tenaga maksimal 150 PS pada putaran 3.400 rpm serta torsi monster 400 Nm pada putaran 1.600 rpm hingga 2.000 rpm. Sistem penggerak maupun transmisi yang ditawarkan sama dengan Fortuner bermesin bensin.

Perpindahan transmisi yang mulus dengan 6-percepatan tentunya meningkatkan efisiensi bahan bakar pada mobil ini. Walaupun bobotnya yang tergolong berat dan tenaga yang besar, setidaknya mobil ini sudah lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya.

konsumsi BBM di speedometer Toyota Fortuner
Konsumsi BBM Fortuner berada di kisaran 9-12 km/liter

Dalam beberapa pengujian media, Fortuner berbahan bakar bensin memiliki konsumsi bbm rata-rata antara 9 km/liter hingga 10 km/liter ketika dibawa ke kondisi jalan stop-and-go di perkotaan. Cukup baik untuk sebuah SUV bongsor bertenaga besar.

Sedangkan ketika mobil ini dibawa ke jalanan luar kota yang lebih stabil, konsumsinya memang lebih irit dibandingkan pada perjalanan di dalam kota. Beberapa percobaan media memperlihatkan konsumsi 10 km/liter sampai 11 km/liter.

Angka yang didapatkan tentu saja lebih rendah jika dibandingkan dengan Fortuner bermesin diesel yang dikenal memiliki performa yang lebih besar dan lebih irit bahan bakar. Penggunaan di dalam kota mencatatkan penggunaan hingga 12 km/liter ketika dibawa ke jalanan dengan kondisi stop-and-go.

ECO Mode Toyota Fortuner dengan ECO Driving
Interior Fortuner sudah tersemat pilihan mode berkendara ECO

Sedangkan ketika dibawa berkendara ke jalanan yang tergolong lengang atau di jalanan luar kota, mobil ini mampu mencatatkan konsumsi yang tak kalah jika dibandingkan dengan mobil LCGC (Low Cost Green Car) dengan catatan mencapai 16 km/liter.

Toyota Fortuner memang memiliki dua mode berkendara, yaitu Eco dan Power. Penggunaan model Eco tentunya akan berpengaruh signifikan pada performa, dan tentu saja konsumsi bahan bakar yang bisa didapatkan. Sehingga catatan di atas bisa jauh lebih baik lagi.

>>> Adu Murah Fortuner vs Pajero Sport, Bagaimana Harga Pajero Sport Bekas di Pasaran?

Konsumsi BBM Pajero Sport

Fortuner vs Pajero Sport memang tidak begitu jauh dalam hal penggunaan mesin yang ditawarkan. Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan, yaitu mesin bensin maupun diesel. Pajero Sport bensin menggunakan versi 4N15 2.4 liter berteknologi MIVEC Turbocharged Intercooled dengan tenaga maksimal 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi puncak 430 Nm pada putaran 2.500 rpm.

Mitsubishi juga masih membawa mesin berbahan bakar diesel dengan kode 4D56 dengan kapasitas maksimal 2.5 liter. Mesin ini juga membawa teknologi DI Commonrail Turbocharged yang disandingkan dengan Intercooler pada Pajero Sport tipe Exceed, dan GLX. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 136 PS dan torsi mencapai 324 Nm.

mesin Mitsubishi Pajero Sport terbaru berwarna hitam
Pajero Sport juga menawarkan pilihan mesin bensin dan diesel

Kedua pilihan mesin sama-sama disandingkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Namun yang berbeda untuk model bermesin bensin menerima pilihan transmisi manual 5-percepatan. Semua transmisi tersebut mengalirkan tenaga ke roda depan untuk Pajero Sport 4x2 dan ke semua roda pada Pajero Sport 4x4.

Dari berbagai media, konsumsi BBM Pajero Sport memang tak bisa dibilang irit, mengingat mobil ini juga memiliki bobot dan bodi yang besar, termasuk dengan performa tinggi untuk mengangkut mobil ini. Namun sama dengan Fortuner, Pajero Sport dibekali dengan mode berkendara Eco yang lebih irit bahan bakar.

Untuk model berbahan bakar bensin, konsumsi BBM-nya berada di kisaran 10 km/liter hingga 11 km/liter dalam rata-rata pengendaraan di perkotaan dan pada luar kota. Sedangkan ketika menggunakan mode ECO, maka Anda bisa mendapatkan efisiensi yang lebih tinggi, mencapai 20 km/liter hingga 21 km/liter.

transmisi Mitsubishi Pajero Sport dengan aksen silver
Ada transmisi otomatis 8-percepatan pada interior Pajero Sport 2021

Karena kedua mesin yang ditawarkan, baik bensin maupun diesel, memiliki kapasitas yang tak jauh berbeda, maka efisiensi bahan bakarnya pun tak jauh berbeda. Namun yang membedakan konsumsi bahan bakarnya yaitu penggunaan sistem penggerak dua roda maupun empat roda. Walaupun sebenarnya perbedaannya masih berada di kisaran yang sama.

Harga Pajero Sport vs Fortuner

Perbandingan Fortuner vs Pajero Sport yang masih berada di segmen yang sama membuat banyak kesamaan pada mobil ini. Mulai dari penggunaan mesin bensin dan diesel, mendapatkan penggerak roda belakang dan semua roda, termasuk pada harga yang tak jauh berbeda.

Contohnya saja harga Mitsubishi Pajero Sport terbaru saat ini dibanderol mulai dari Rp 532 jutaan untuk varian berpenggerak roda dua sebagai varian terendah. Sedang Pajero Sport Dakar Ultimate (4x4) sebagai varian tertinggi bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 748 jutaan.

Sedangkan harga Toyota Fortuner sedikit lebih terjangkau dibandingkan Pajero Sport. Misalnya pada varian terendah Fortuner 4x2 2.4 G bisa didapatkan dengan harga Rp 493 jutaan. Begitu pula dengan harga Fortuner 4x4 2.4 VRZ sebagai varian tertinggi dibanderol mulai dari Rp 630 jutaan.

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Toyota Fortuner boros bensin?
Jika dibandingkan dengan segmen lainnya, Toyota Fortuner memang memiliki konsumsi BBM yang lebih boros daripada model MPV maupun mobil LCGC.
Berapa kapasitas tangki Mitsubishi Pajero Sport?
Dilansir dari laman resmi Mitsubishi, kapasitas tangki Pajero Sport tercatat 68 liter.
Berapa kapasitas tangki Toyota Fortuner?
Dengan dimensinya yang besar, kapasitas tangki Toyota Fortuner tercatat 80 liter.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top