Mengenal Fitur Keamanan Immobilizer

17/08/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengenal Fitur Keamanan Immobilizer
Semakin berkembangnya zaman, fitur pada mobil juga kian canggih mencegah kemalingan. Salah satunya teknologi yang ada di dalam mobil fitur keamanan Immobilizer.

Pencurian mobil merupakan tindak kejahatan yang marak terjadi. Apalagi saat sulit seperti ini banyak orang melakukan berbagai cara agar mendapatkan uang ataupun keuntungan. Pada zaman dahulu hanya dengan membobol pintu dan kontak, maling bisa langsung membawa mobil curiannya.

Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman teknologi pada mobil semakin meningkat, teknologi keamanan mobil juga semakin maju. Saat ini sistem keamanan yang sering masuk ke dalam fitur keamanan mobil baru ialah alarm dan Immobilizer. 

Lalu sebenarnya seperti apa fitur Immobilizer bekerja mengamankan sebuah mobil? Dilansir dari laman Hyundai Indonesia simak ulasannya di bawah ini.

>>> Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

Gambar menunjukan Kunci mobil

Terdapat sistem yang dapat membaca kevalidan kunci mobil pada fitur Immobilizer

Apa Itu Fitur Keamanan Immobilizer?

Sistem Immobilizer ini terdiri dari transponder kecil di kunci kontak dan perangkat elektronik di dalam kendaraan. Dengan sistem Immobilizer, setiap kali Anda memasukkan kunci kontak ke saklar kunci kontak dan mengubahnya ke ON, ia akan memeriksa dan menentukan dan memverifikasi apakah kunci kontak yang digunakan valid atau tidak.

Jika kode microchip yang terdapat pada kunci sama dengan kode komputer mesin, maka mesin akan menyala. Artinya, kunci ditentukan valid, mesin akan hidup. Namun Jika kunci yang digunakan tidak valid, mesin tidak akan hidup.

>>> Program Servis Merdeka Auto2000 Tawarkan Bonus Oli TMO Gratis

Gambar menunjukan Kemanan mobil

Jangan coba mengubah sistem keamanan maupun menambah perangkat lainnya

Melalui Fitur Keamanan Immobilizer, Mobil Jadi Semakin Aman

Sistem keamanan ini pun terus berinovasi seiring dengan perkembangan teknologi, kini sistem Immobilizer seringkali menggunakan sistem enkripsi dan rolling untuk meminimalisir kejadian dimana kode dibuat ulang mengikuti sistem komputer. Berkat sistem ini, tingkat pencurian mobil semakin berkurang sekitar 40%-60%.

Namun penting juga untuk diingat jangan mencoba mengubah sistem ini atau menambah perangkat lain ke dalamnya. Masalah listrik dapat terjadi yang dapat menyebabkan kendaraan Anda tidak dapat dioperasikan.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Berapa Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum dan Bengkel Resmi?

16/08/2020

Perawatan dan service

8 menit

Pengerjaan tune up mobil baik di bengkel resmi atau bengkel umum sebenarnya sama saja. Namun besaran biayanya akan tergantung dari komponen apa saja yang diganti.

Lihat juga

5 Mobil Termahal di Dunia Rp 100 Triliun Jika Sampai Indonesia

12/08/2020

Jual beli

8 menit

Berikut ini adalah 5 mobil termahal di dunia Rp 100 triliun. Mungkin harganya memang tidak Rp 100 triliun, namun andaikan mobil tersebut diboyong ke Indonesia, bisa jadi harganya melonjak lebih dari 3 kali lipat harga aslinya.

Lihat juga

6 Sebab SUV Toyota Begitu Disukai di Indonesia

06/08/2020

Jual beli

3 menit

SUV menjadi jenis mobil yang paling banyak dicari, begitu juga dengan SUV Toyota begitu disukai di Indonesia. Mengapa demikian? Simak ulasannya di bawah ini.

Lihat juga

Inilah Mobil Toyota Termahal yang Tak Sembarang Orang Bisa Membelinya

12/08/2020

Jual beli

8 menit

Toyota Century dan Century GRMN saat ini menjadi mobil Toyota termahal di dunia. Uniknya, setiap yang mau membeli mobil ini harus dinilai terlebih dulu oleh tim khusus.

Lihat juga

Kelebihan dan Kekurangan BMW i8 2017

15/03/2018

Jual beli

5 menit

Perusahaan otomotif dari Jerman yang dikenal dengan BMW kembali mengeluarkan produksi mobil terbarunya yaitu BMW i8 2017 . Mobil ini merupakan mobil yang sangat esklusif dan juga memang benar-benar digunakan untuk kalangan kelas atas, dengan harga yang tidak main-main mahalnya pastinya mobil ini memberikan keamanan dan kenyaman juga yang disediakan untuk memanjakan pengemudinya. Mobil ini bisa terbilang mobil sport yang ditujukan untuk kauwla muda dan juga orang-orang kelas atas.

Lihat juga
 
back to top