Cara Membuka Pintu Mobil Avanza yang Terkunci

24/06/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Cara Membuka Pintu Mobil Avanza yang Terkunci
Kali ini Cintamobil.com akan memberikan tips bagaimana cara membuka pintu mobil Avanza yang terkunci namun kuncinya hilang atau tertinggal di dalam mobil tersebut.

Bentuknya yang kecil seringkali membuat anak kunci mobil terlupa atau bahkan hilang. Kadang kala kunci masih menempel di lubang kontak starter mobil sementara Anda telah keluar mobil dan pintu sudah terkunci secara otomatis.

Amat menjengkelkan memang jika hal tersebut terjadi. Apalagi situasi saat itu Anda tengah terburu-buru untuk masuk ke mobil dan segera sampai ke lokasi lain. Kalau menunggu tukang kunci mobil tentu membutuhkan waktu lebih lama, kadang biayanya juga tidak murah.

Tapi tenag, ternyata ada lho beberapa cara membuka pintu mobil Avanza yang terkunci secara tidak sengaja. Dan cara ini bisa Anda terapkan pula pada mobil-mobil lain. Berikut tipsnya dari Cintamobil.com

>>> Anak terkunci di dalam mobil, apa yang harus lakukan? Simaklah cara mengatasi dari Cintamobil.com di sini

1. Gunakan Kawat Tipis yang Kuat

Kawat jemuran baju

Anda bisa manfaatkan kawat gantungan pakaian

Cara pertama yang bisa lakukan untuk membuka pintu mobil yang terkunci adalah menggunakan kawat tipis yang cukup kuat. Anda bisa manfaatkan kawat gantungan baju yang dipotong secukupnya. Cara ini cukup efektif jika kunci mobil masih model manual yang untuk membuka dengan cara ditarik dan untuk mengunci dengan cara ditekan.

Pertama-tama siapkan kawat yang panjangnya kira-kira cukup untuk menggapai tuas kunci. Kemudian tekuk satu ujung kawat menjadi kait. Kait inilah yang nantinya akan berfungsi menggapai tuas kunci pintu mobil Anda.

>>> Mobil Anda pakai keyless entry atau sudah Smart key? Apakah Anda sudah tahu apa perbedaannya? Klik sini untuk tahu

Kawat masuk ke sela jendela mobil

Selipkan kawat diantara karet pintu dan jendela

Jika kawat sudah siap, buka lapisan karet pintu yang menutupi jendela. Tidak perlu seluruhnya, cukup hanya pada bagian di dekat kunci pintu. Lalu masukkan kawat sampai kira-kira separuh dari tinggi pintu mobil Anda. Lalu putar posisi kawat agar pengait bisa menggapai tuas kunci. Jika ada bagian seperti kabel yang mengenai pengait kawat maka itulah posisi tuas kunci.

Jika kawat sudha mengenai tuas kunci, tarik kawat sampai kunci terbuka. Mungkin Anda akan berhasil setelah melakukannya secara berulang. Apabila pengait kawat berubah bentuk, perbaiki dahulu posisinya baru ulangi langkah dari awal sampai tuas kunci benar-benar tertarik dan kunci terbuka.

>>> Tak Hanya Saat Jalan, Child Safety Lock Pintu Mobil Juga Mencegah Bahaya Saat Berhenti. Klik sini untuk simak jelaskannya

2. Menggunakan Tali Sepatu

Tali sepatu untuk membuka kunci

Buat simpul menggunakan tali sepatu

>>> Mengatasi Kaca Jendela Elektrik Tidak Lancar Atau Macet Sama Sekali

Dilansir dari Wikihow, cara membuka pintu mobil yang terkunci juga bisa menggunakan tali sepatu Anda. Namun tidak sembarangan tali sepatu bisa digunakan untuk cara darurat ini. Pastikan tali sepatu yang akan digunakan memiliki panjang minimal 1 meter agar bisa membuka pintu mobil Anda.

Caranya, buat simpul terlebih dulu di bagian ujung tali sepatu. Simpul inilah yang akan digunakan untuk menarik tuas kunci pintu. Sisakan lubang sekitar 5 cm pada simpul tersebut sebagai tepat masuk anak kunci sebelum simpul dikencangkan.

Tali untuk menarik kunci pintu mobil

Simpul digunakan untuk menarik tuas kunci pintu mobil

Masukkan tali sepatu melalui sudut paling atas pintu mobil. Untuk bisa melakukan ini mungkin Anda harus sedikit mencungkil lapisan karet pintu dibagian tersebut. Pastikan tali bisa masuk hingga ke posisi tuas kunci.

Posisikan ujung simpul tali tepat di atas anak kunci. Lalu kencangkan dan tarik tali tersebut untuk bisa mengangkat anak kunci dan membuka pintu mobil.

>>> Smart key mobil rusak, apakah Anda tahu apa sebabnya? Klik sini untuk tahu 3 Kebiasaan Buruk Penyebab Smart Key Mobil Rusak

3. Menggunakan Penggaris Besi

Membuka pintu pakai penggaris

Lakukan cara ini dengan hati-hati agar tidak melukai bagian mobil Anda

Cara membuka pintu mobil Avanza yang terkunci dari dalam bisa juga dengan memanfaatkan penggaris berbahan besi dengan permukaan yang pipih. Cara ini selain dapat diterapkan pada Toyota Avanza, namun juga untuk mobil-mobil lain yang sudah berteknogi keyless.

Pertama-tama siapkan terlebih dulu penggaris besi berukuran minimal 90 centimeter. Lalu buka sedikit karet pintu yang membatasi dengan jendela. Sebaiknya buka karet pintu hanya sebagian demi memasukkan penggaris ke dalam pintu mobil. Lalu masukkan penggeris hingga sekitar 60-80 cm, kemudian geser-geser penggaris tersebut.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik pengemudian yang berguna lainnya

Saat menggerak-gerakan penggeris, Anda coba untuk tangan yang satu lagi menarik handle pintu. Coba rasakan jika ada seperti kawat keras yang melintang yang jika terkena penggaris maka bisa naik turun secara elastis. Jika kawat ini sudah ketemu, maka tekan bagian kawat tersebut sambil menarik handel pintu. Mungkin Anda harus melakukan beberapa kali percobaan sampai akhirnya kunci bisa terbuka.

Yang perlu diperhatikan, saat Anda melakukan percobaan-percobaan dalam membuka pintu ini, sebaiknya dilakukan dengan amat berhati-hati. Jangan sampai malah merusak sistem kunci di mobil tersebut atau merusak karet jendela. Untuk memastikan kondisi pintu tetap aman, setelah membuka kunci pintu dari luar, Anda lakukan pengecekan kembali sistem kunci di mobil Anda ke bengkel kunci mobil atau bengkel resmi. Ini demi menghindari terjadi kerusakaan pada sistem pintu mobil Anda di kemudian hari.

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang serba serbi seputar mobil bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top