Ini 3 Kebiasaan Buruk Penyebab Smart Key Mobil Rusak

10/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Ada banyak kebiasaan buruk dari pemilik kendaraan yang ternyata bisa membuat smart key mobil rusak. Parahnya, jika sudah rusak, komponen ini tidak bisa diperbaiki dan harus menggantinya dengan kunci baru di dealer resmi.

Sebagian besar mobil produksi saat ini sudah dibekali fitur yang cukup lengkap, satu diantaranya keberadaan smart key. Sesuai namanya, fungsi kunci pintar ini akan memudahkan pemilik mobil maupun pengemudi untuk akses ke mobil.

>>> Menjaga Mobil Dari Pencurian, Kenali Jenis Kunci Pengaman Mobil

Smart key biasanya dilengkapi dengan chip tertentu yang terhubung dengan sistem starter mobil. Kegunaannya untuk menjaga agar tidak sembarang orang bisa menghidupkan mesin mobil kecuali si pemilik kunci.

Teknologi ini memang cukup efektif mencegah pencurian, namun jika diperlakukan sembarang, smart key mobil rusak tidak bisa dihindari. Apa saja penyebabnya?

>>> Promo mobil baru terbaik bisa ditemukan disini

1. Baterai

baterai smart key

Sebaiknya selalu sediakan baterai cadangan

Sama seperti halnya remote mobil, smart key juga dapat berfungsi dengan baterai sebagai jantungya. Jika smart key Anda rusak, ada kemungkinan baterai sudah lemah dan perlu diganti. Usia pakai baterai pada kunci ini rata-rata 3 tahun, dan bisa berkurang jika mobil sering digunakan.

Indikator baterai kunci ini mulai melemah adalah menurunnya respon kunci ketika digunakan. Misalnya saat dipakai untuk membuka pintu dari jarak tertentu maka pintu tidak merespon. Jika keadaan ini terjadi saat Anda di perjalanan, tentunya akan merepotkan. Oleh sebab itu sebaiknya selalu sediakan baterai cadangan.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

2. Jatuh

smart key untuk membuka pintu mobil

Hati-hati saat menyimpan smart key, jangan sampai terjatuh

Sebaiknya hati-hati saat menyimpan smart key. Karena jika sembarangan dan kunci terjatuh maka bisa membuat smart key mobil rusak. Kemampuan dari si kunci pintar ini pun dapat menurun. Jika sudah demikian maka Anda perlu memperbaikinya di dealer resmi sesuai merek mobil Anda.

Mengapa smart key mobil rusak akibat terjatuh? Karena jika terlalu sering jatuh akan membuat komponen pada kunci bergeser. Bisa juga membuat komponen pada chip elektornik di kunci ini rusak akibat benturan. Dan yang paling parah, cangkang pada smart key dapat pecah.

>>> Tips perawatan mobil bisa dibaca disini

3. Air

kunci terkena air

Smart key bisa rusak jika terkena air

Sama seperti komponen elektronik lainnya, smart key juga bisa rusak jika terkena air dalam jumlah banyak. Kondisi ini banyak terjadi jika Anda teledor dalam menyimpan smart key. Misalnya di saku kemeja kemudian terjatuh ketika Anda ke westafel. Atau bisa saja diletakkan di kantung celeana dan terjatuh di kamar mandi.

Jika kunci pintar ini terkena air, maka komponen elektronik di dalam kunci bisa terjadi arus pendek. Ini pun membuat smart key mobil rusak.

>>> Temukan tips & trik lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top