Berikut Tips Parkir Paralel yang Mudah untuk Pemula

11/12/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Berikut Tips Parkir Paralel yang Mudah untuk Pemula
Jika Anda pengemudi pemula dan belum terbiasa atau familiar dengan parkir paralel, kami akan berikan tips parkir paralel yang mudah dan efisien untuk Anda

Parkir paralel bisa menjadi salah satu momok bagi pengemudi pemula. Hal tersebut diperparah dengan sempitnya ruang parkir. Namun bagi Anda pengemudi pemula, hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin memulai parkir paralel adalah amati kondisi sekitar apakah sudah aman atau ruang yang tersedia cukup bagi kendaraan Anda. Lakukan proses parkir dengan setenang mungkin agar terhindar dari hal yang tak diinginkan. Untuk lebih jelasnya, Cintamobil.com akan berikan langkah mudahnya yang terangkum dalam tips parkir paralel berikut ini.

>>> Bagi Pengguna Transmisi Otomatis, Berikut Cara Gunakan Fitur Shift Lock Saat Parkir Paralel 

Langkah 1:

Foto tips parkir paralel dengan menutupi mobil

Hindari parkir paralel di depan atau belakang mobil lain. jika terpaksa pastikan rem tangan tidak diaktifkan dan posisi gigi di netral

Sebelum memulai parkir, sejenak lakukan pengamatan pada ruang yang akan Anda gunakan untuk parkir. Lakukan prediksi jarak untuk parkir paralel. “Pastikan panjang lahan kurang lebih tambah 40-50 cm dari panjang mobil,” ujar Arief Mulyana, salah satu praktisi safety driving. Gunakan spion dalam dan luar untuk membantu Anda mengamati posisi mobil dan keadaan sekitar ketika mundur. Bila mobil Anda sudah tersedia rear view camera akan sangat membantu sekali. Perhatikan juga posisi pilar A, B dan C. 

Langkah 2:

Foto ilustrasi tips parkir paralel

Lakukan langkah parkir paralel dengan perlahan

Tips parkir paralel kedua adalah posisikan mobil sejajar dengan mobil di depan, atur jarak antara mobil Anda dan mobil di samping sekitar 40-70 cm. Pindahkan persneling pada posisi mundur (R). “Saat sumbu roda belakang sudah di posisi akhir mobil, putar setir ke arah ruang parkir,” tambah Arief, panggilan akrabnya. Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir.

>>> Kenapa Posisi Setir Mobil Wajib Lurus Saat Parkir, Ini Jawabannya

Langkah 3:

Saat pilar B mobil kita berada sejajar dengan bagian belakang dari mobil di depan atau atau sudah dalam posisi miring 45 derajat, luruskan setir sambil mundur perlahan. “Pastikan mobil tetap bergerak secara perlahan saat lingkar kemudi diputar,” tambahnya.

Langkah 4:

Ketika pilar A mobil sejajar dengan ekor mobil di depan atau mobil mendekati trotoar, putar setir berlawanan sambil mundur perlahan. “Untuk mobil jenis minibus patokannya bukan pilar A. Tapi kira-kira saja tengah-tengah antara sumbu roda depan dan belakang,” wantinya lagi. Untuk mobil bertransmisi manual, jaga kombinasi gas dan kopling agar mobil tetap dapat parkir perlahaan dan mencegah mesin mati atau stall.

Langkah 5:

Posisikan persneling pada gigi 1 atau D untuk transmisi matik, putar setir ke sisi dalam untuk meluruskan posisi mobil. lakukan dengan perlahan dan setenang mungking. Oiya, posisikan kendaraan Anda agar jangan terlalu mepet dengan mobil di depan dan belakang, agar Anda dan mobil lainnya memiliki cukup ruang untuk akses keluar.

>>> Butuh mobil kompak dan mudah saat parkir, cek harga Honda Brio di sini

Langkah 6:

Foto pengaturan jarak saat parkir paralel

Berikan jarak untuk kendaraan di depan dan belakang agar memudahkan akses Anda saat ingin keluar

Untuk mendapatkan posisi parkir yang rapi, mundurkan kembali agar didapat jarak yang sama antara bodi depan dan belakang. Tips parkir paralel terakhir adalah ketika dirasa posisi dirasa sudah rapi, cek kembali kondisi sekitar sebelum keluar dari mobil.

>>> Cek artikel tips aman di jalan lainnya di sini

Share this post:

Berita lain

Cara Aman Parkir di Gedung Bertingkat

25/11/2019

Pengemudian

5 menit

Parkir di gedung bertingkat perlu mengetahui beberapa hal. Karena area di lokasi ini cukup terbatas dan juga akses menuju parkiran cukup sulit.

Lihat juga

4 Tempat Parkir Berbahaya Saat Musim Hujan

15/11/2019

Pengemudian

5 menit

Ada beberapa tempat parkir berbahaya saat musim hujan yang wajib Anda hindari. Ini untuk meminimalisir risiko hal-hal yang tidak diinginkan yang mengancam keselamatan Anda dan kendaraan.

Lihat juga

Harga Tempat Parkir di Gedung Ini Setara Harga Rumah Mewah di Jakarta

28/10/2019

Event - Promosi

5 menit

Sebuah harga tempat parkir berhasil membuat mata melotot. Bagaimana tidak, pihak pengelola gedung mengaku berhasil menjual satu lahan parkir ukuran 12 meter persegi seharga Rp13,6 miliar.

Lihat juga

Penelitian ini Jelaskan Tips Mencari Tempat Parkir Berdasarkan Perhitungan Matematika

25/09/2019

Pengemudian

4 menit

Matematika bisa digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Yang terbaru, para peneliti menghitung waktu dan keadaan paling ideal dalam mencari tempat parkir berdasarkan perhitungan matematika.

Lihat juga

Anda Pengemudi Pemula? Simak Cara Parkir Mobil Terbaik

27/09/2019

Pengemudian

3 menit

Untuk orang yang masih tergolong baru bisa mengemudi mobil sendiri, ternyata parkir bisa menjadi hal yang menakutkan. Apalagi kalau harus parkir di tempat yang sempit dan rapat seperti parkiran mall atau parkiran perkantoran. Sebagai pengemudi pemula, maka harus mengetahui cara parkir mobil terbaik sehingga tetap aman.

Lihat juga
 
back to top