Kenapa Posisi Setir Mobil Wajib Lurus Saat Parkir, Ini Jawabannya

07/12/2019

Pengemudian

3 menit

Kenapa Posisi Setir Mobil Wajib Lurus Saat Parkir, Ini Jawabannya
Saat ini dikenal terdapat dua jenis power steering pada setir mobil yang paling populer digunakan. Pertama hidrolik atau sistem konvensional dan kedua elektrik.

Mungkin banyak dari kita mengira bahwa parkir mobil dengan posisi setir mobil yang lurus hanya mengedepankan estetika. Padahal dengan meluruskan setir ketika parkir merupakan salah satu upaya untuk yang dilakukan agar komponen power steering menjadi lebih awet. Terlebih untuk mobil yang dilengkapi dengan steering model hidrolik. Pemilik mobil jenis ini wajib meluruskan stir ketika dalam keadaan parkir.

>>> Jangan Dipangku, Ini Posisi Duduk Anak di Mobil Sesuai Usianya

Gambar menunjukan pengemudi mencari ruang parkir mobil

Meluruskan setir saat sedang parking penting untuk merawat kinerja power steering hidrolik

Untuk diketahui, power steering hidrolik bekerja menggunakan cairan minyak atau oli untuk menghasilkan tekanan pada rack steer. Pada tekanan inilah yang berfungsi meringankan beban kerja tangan ketika memutar setir untuk membelokan ban. Saat ban sedang dibelokkan pada satu sisi, maka tumpuan beban tekanan oli power steering akan bertumpu pada salah satu bagian. Akibatnya ketika mesin dalam kondisi mati, oli mesin akan terus tertekan dan tidak tidak bersirkulasi. Lalu apa akibatnya jika tidak meluruskan setir mobil saat parkir? Dilansir dari Suzuki Indonesia inilah efek buruk yang akan terjadi.

Efek jangka panjang parkir tidak meluruskan stir ialah seal dan jalur oli tidak akan bisa lagi menahan beban dan suatu saat bisa mengalami kerusakan. Saat oli power steering bocor, setir akan terasa begitu berat ketika di belokan. Tapi, gejala berbeda tidak ditemukan pada mobil yang sudah dilengkapi dengan electric power steering (EPS). Kenapa? Karena EPS mengandalkan motor elektrik untuk memberi tekanan pada rack steer. Tak seperti power steering hidraulik yang mengandalkan oli, motor elektrik pada EPS mendapat tenaga listrik dari perintah ECU yang bekerja mengikuti putaran mesin.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Gambar menunjukan Setir kemudi pada sebuah mobil

Parkir dengan posisi setir keadaan miring tidak berpengaruh terhadap electric power steering

Menariknya parkir dengan posisi ban yang tidak lurus atau miring tidak berpengaruh pada mobil dengan EPS. Hal itu bisa terjadi karena saat mesin mati, tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau perangkat elektrikal lainnya. Ini artinya, walaupun parkir dalam keadaan ban berbelok, motor elektrik pada sistem EPS tidak mendapat asupan energi listrik. Hal inilah yang membuatnya tidak terbebani, berbeda dengan halnya pada setir mobil menggunakan power steering jenis hidrolik.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat selalu, agar mobil kesayangan Anda setiap saat dalam kondisi prima. Serta jangan lupa untuk melakukan servis berkala di bengkel resmi yang telah dianjurkan pabrikan.

>>> Tips dan trik lainnya cek di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top