Berbahaya! Berikut Cara Menghadapi Pengemudi Lawan Arus

31/01/2019

Pengemudian
Berbahaya! Berikut Cara Menghadapi Pengemudi Lawan Arus
Ingin cepat sampai tujuan, melawan arus pun kerap ditempuh. Sebuah perilaku berbahaya bagi pengguna jalan yang kini seakan menjadi hal lumrah. Agar tetap aman, berikut cara menghadapi pengemudi lawan arus.

Kepadatan lalu lintas memang menjadi salah satu alasan banyaknya pengendara mobil dan sepeda motor melanggar aturan lalu lintas. Mulai dari menerobos lampu lalu lintas hingga melawan arus. Dari sisi hukum jelas tidak dibenarkan dan pelakunya bisa dijerat hukum serta harus ditindak tegas karena berpotensi menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

>>> Ini Yang Terjadi Pada Mobil (Dan Pengemudi) Ketika Anda Melanggar Lampu Merah

Melawan arus termasuk pelanggaran lalu lintas yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas, yang bisa mengakibatkan korban luka berat bahkan meninggal dunia. Untuk mencegah hal tersebut tentunya perlu kegiatan-kegiatan yang sinergi antara kegiatan preventif sampai dengan penegakan hukum.

Macet menjadi alasan pengemudi melawan arus

Kemacetan yang parah menjadi alasan utama banyak pengemudi nekat lawan arus

Tindakan pengemudi lawan arus ini adalah tindakan melanggar hukum, sesuai dengan Undang Undang No. 22 tahun 2009 pasal 387 tentang lalu lintas dan angkutan jalan diberi ancaman pidana kurungan 2 bulan dan denda paling banyak Rp 500.000. Bagi Anda yang sering berhadapan dengan pengemudi lawan arus, kadang karena tidak ingin membuang waktu lebih baik memberi jalan. Padahal hal itu mendukung pelanggaran lalu lintas.

>>> Ini Rahasianya, 10 Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Versi Cintamobil.com

Akan lebih baik bila Anda tidak memberi jalan kepada pengendara yang nekat melawan arus. Tetapi cara ini bisa dilakukan bila kondisi dan situainya kondusif. Bila memang terlalu padat dan membuat macet belakang mobil Anda, bisa menegur pengendara tersebut. Jangan ragu untuk meneruskan perjalanan bila merasa benar dan itu adalah hak anda. Pada dasarnya para pengendara yang melawan arus sudah tidak peduli dengan hak dirinya sendiri apalagi orang lain.

Tindakan melawan arus berbahaya dan melanggar hukum

Tidak hanya membahayakan diri sendiri, melawan arus juga berbahaya untuk orang lain disekitar

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Memberi jalan bagi pengemudi lawan arus sama saja membenarkan pelanggaran tersebut. Jika terus dibiarkan maka jumlahnya akan semakin banyak. Jika kondisi sudah tidak kondusif tegur secara lisan atau jika sudah tidak memungkinkan untuk ditegur segera laporkan ke pihak kepolisian dimana lokasi yang banyak terjadi pelanggaran pengemudi lawan arus tersebut agar segera diatasi.

Selain soal pelaporan ke pihak yang berwajib, jika Anda kerap melewati kawasan yang diketahui banyak pengendara yang melawan arus, juga mesti ekstra waspada. Terlebih ketika melewati tikungan pandangan yang terhalang objek. Tindakan antisipasi ini dipadu dengan menjaga kecepatan tidak tinggi.

>>> Baca juga semua tips dan trik mobil yang bermanfaat lainnya disini

 
back to top