Beberapa Situasi Menghindari Tabrakan ketika Mobil Mundur

20/12/2017

Pengemudian
Share this post:
Beberapa Situasi Menghindari Tabrakan ketika Mobil Mundur
Salah satu kejadian yang sering mengakibatkan kecelakaan adalah ketika mobil sedang berjalan mundur. Karena itu, untuk menghindari tabrakan ketika mobil mundur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ketika parkir atau sedang memundurkan kendaraan, banyak pengemudi yang tidak memperhatikan keadaan sekitar. Bukan hanya pengemudi yang sedang mundur, pengemudi yang yang datang dari arah berseberangan juga tidak memperhatikan. Berikut beberapa contoh menghindari tabrakan ketika mobil mundur yang sering terjadi di jalanan.

1. Berkendara dengan defensif

Menurut data dari PPH Arval, kecelakaan parkir merupakan penyebab paling banyak dari kecelakaan yang membuat mobil menjadi rusak. Pada awal 2012 di Amerika, sekitar 20 persen dari kecelakaan terjadi saat mobil akan diparkirkan maupun akan keluar dari zona parkir. Berkendara dengan defensive atau berhati-hati dapat menurunkan persentase tabrakan di parkiran ini.

kecelakaan sudah terjadi dari sebuah mobil MPV berwarna putih dan sebuah mobil sedan berwarna silver jika mobil sedan sedang berhenti

Banyak kecelakaan terjadi ketika sedang mundur

2. Berhati-hati dalam mundur

Salah satu kecelakaan yang umum terjadi pada zona parkir adalah ketika mobil mundur untuk keluar dari zona parkir. Ada beberapa hal yang membuat kecelakaan terjadi, yaitu:

  • Kendaraan yang tidak memperhatikan ada mobil yang keluar

  • Mobil yang tidak memperhatikan kendaraan yang lalu lalang di belakang

  • Kendaraan yang melaju kencang sehingga tidak terliahat oleh mobil yang mundur

Dari beberapa penyebab kecelakaan tersebut, ketidak hati-hatian salah satu maupun kedua belah pihak bisa menimbulkan kerusakan yang tidak sedikit. Karena itu, pastikan selalu untuk melihat bagian spion depan dan spion samping ketika teman ingin mundur.

sebuah gambar tampilkan pemandangan dari belakang sebuah mobil sedang berkendara di jalan

Perhatikan spion ketika mundur akan mengurangi persentase kecelakaan

Pengemudi harus selalu tahu kapan waktunya untuk menggunakan spion dalam setiap gerakan yang dilakukan. Selalu lakukan double-checking titik buta yang dimiliki oleh mobil sebelum menginjak gas. Meskipun membutuhkan beberapa detik tambahan, hal ini lebh baik dibandingkan uang tambahan yang digunakan untuk memperbaiki bodi mobil ketika mengalami kecelakaan.

>>> Mungkin Anda tertarik, Bagaimana Cara Memundurkan Mobil yang Benar?

3. Bersiap untuk semua kejadian yang membutuhkan gerak cepat

Meski banyak kecelakaan ketika mobil mundur yang terjadi, kecelakaan tersebut bisa terhindar jika pengemudi menyetir dengan pelan dan bisa menginjak rem dengan cepat. Dengan berkendara dengan hati-hati, teman bisa menghentikan mobil ketika ada kendaraan lain yang tiba-tiba melintas di belakang mobil.

kecelakaan sudah terjadi dari sebuah mobil berwarna putih dan sebuah mobil berwarna kuning jika mobil putih sedang berhenti

Perhatikan kendaraan sekitar ketika akan mundur

Selalu waspadai kendaraan maupun pejalan kaki yang tiba-tiba melintas di belakang. Bukan hanya ketika keluar dari tempat parkir, tapi seluruh keadaan ketika mobil melaju mundur bisa berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Selau berikan perhatian ekstra pada keadaan di belakang ketika akan melaju mundur.

>>> Klik di sini untuk membaca tips pengemudian lainnya!

4. Perhatikan keadaan di keliling

Selain masalah kendaraan lain, benda-benda yang berada di belakang mobil juga bisa membuat pengemudi mengeluarkan baya tambahan untuk memperbaiki bumper maupun bodi mobil yang tergores. Tak jarang, benda-benda yang terletak di belakang mobil mengakibatkan goresan maupun benturan ketika mobil sedang melaju mundur.

Sebuah snapshot dari layar dalam sebuah mobil melakukan film bagian luar mobil

Lihat benda-benda yang menggangu jalu mobil

Salah satunya, palang pembatas mobil ketiksa sedang parkir maupun bangku taman atau tong sampah di trotoar bisa saja menghalangi jalur mundur mobil. Karena itu, perhatikan keadaan sekitar ketika mundur, atau mintalah bantuan penumpang atau orang lain untuk memberitahu jika ada benda-benda yang menghalangi jalur mundur dan menghindari tabrakan ketika mobil mundur.

Ingin paham mengenai cara parkir mobil mundur dan maju, video berikut ini sangat berguna untuk Anda

Mudah untuk menghiraukan semua saran dan nasehat yang diberikan, tetapi sangat mahal untuk biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki mobil ketika terjadi kecelakaan. Menghindari tabrakan mobil ketika mundur membutuhkan konsentrasi dan perhatian yang lebih. Karena bukan saja bisa menimbulkan kecelakaan yang merusak mobil, tapi juga bisa menimbulkan korban jiwa.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Share this post:
 
back to top