Bagaimana Cara Memundurkan Mobil yang Benar?

Share this post:
Bagaimana Cara Memundurkan Mobil yang Benar?
Melakukan reverse atau mengemudi sambil mundur merupakan salah satu teknik yang dibutuhkan dalam berkendaran. Teknik ini seringkali dipakai untuk memarkirkan mobil atau mengeluarkan mobil dari parkiran. Maka dari itu, perlu diketahui bagaimana cara untuk memundurkan mobil dengan baik dan benar.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk cara memundurkan mobil. Cintamobil akan menjelaskan beberapa langkah tersebut,

1. Pertama, rencanakan jalur yang akan ditempuh

Meskipun hanya untuk memundurkan mobil, penting bagi pengemudi untuk memperhatikan dan memperkirakan jalur tempat mobil akan keluar. Apalagi jika teman parkir di tempat parkir maupun di tepi jalan, bisa jadi ada pengendara lain yang melaju kearah teman.

Seseorang wanita duduk dalam sebuah mobil sedan berwarna golden sedang melihat bagian belakang mobilnya

Perhatikan jalur kendaraan untuk mundur

Perhatikan jalur yang akan ditempuh serta hidupkan lampu sen untuk memberitahukan bahwa teman akan mundur ke belakang. Banyak kecelakaan yang terjadi karena pengendara lain tidak mengetahui mobil yang berhenti akan mundur atau maju.

2. Kedua, waspada dengan kendaraan lain yang akan melintas di jalur anda mundur.

Meskipun sudah memberikan tanda untuk mundur, kadang ada kendaraan lain yang mencoba untuk menerobos maupun melintas jalur teman. Karena itu, selalu perhatikan spion depan dan spion samping untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

seseorang pria memakai vest sedang melihat kaca spion mobilnya

Perhatikan keadaan sekitar

Selain itu, perhatikan dengan kemungkinan pejalan kaki maupun anak-anak yang berada di bagian belakang mobil. Pastikan tidak ada gangguan di belakang mobil ketika mobil akan mundur dengan memperhatikan spion depan dan spion samping.

3. Ketiga, mulailah untuk mundur dengan pindah pada gigi mundur (reverse/park)

Dengan menggeser ke gigi mundur. Berhati-hati dalam mundur, dan selalu ingat bahwa pergerakan mobil menjadi terbalik dibandingkan jika teman melaju ke depan.

seseorang pria sedang menyesuaikan rem tangan dalam mobilnya

Jangan sampai melupakan gigi mobil yang sedang dipakai

Perhatikan kembali keadaan di belakang mobil, dan ketika sudah tidak ada lagi kendaraan atau pejalan kaki yang lewat, tekan gas untuk memundurkan mobil.

>>> Berminat cara memundurkan secara paling cepat, silakan baca artikel ini

4. Keempat, berhati-hati dan tidak tergesa-gesa dalam memundurkan kendaraan

Jangan terlalu cepat menekan gas karena teman juga harus memperkirakan jarak dan keadaan jalan di belakang teman. Hal ini tidak mudah karena teman harus melihat ke belakang dan seringkali tidak bisa melihat semua bagian jalan di belakang.

seseorang laki laki memakai sepatu olahraga sedang mengendarai sepedanya

Jangan tergesa-gesa dalam memundurkan mobil

Akan tetapi, jangan sampai teman terlalu lama dalam memundurkan kendaraan. Jika terlalu lama, ada kemungkinan pejalan kaki maupun kendaraan lain datang dan mengganggu jalur mundur teman.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

5. Kelima, setelah selesai mundur dan ingin melaju ke depan, langsung geser ke gigi lain

Jangan biarkan mobil berada pada gigi mundur ketika teman masih menunggu sebelum mulai menjalankan mobil.

seseorang duduk dalam mobil sedang menyesuaikan gigi depan mobilnya

Langsung masukkan gigi depan setelah mundur

Adakalanya teman lupa untuk memindahkan gigi. Dan yang terjadi, ketika teman menekan gas untuk melaju kedepan, mobil malah mundur ke belakang dan seringkali mengakibatkan kecelakaan. Hal ini sangat berbahaya jika teman berada pada area parkir dimana banyak pejalan kaki yang lalu lalang atau mobil lain yang sedang parkir.

Setelah ini, Cintamobil menawarkan video mengenai cara parkir mobil mundur yang benar, silakan menikmati

Ingat bahwa cara memundurkan mobil bisa berbeda tergantung dalam beberapa kondisi. Karena itu, perhatikan sudut kemiringan yang akan dilalui, jalan yang ditempuh, serta keadaan sekitar. Pengalaman sangat membantu dalam memaksimalkan dan menguasai teknik memundurkan kendaraan ini.

>>> Mari berbagi pengalaman kendaraan berempat roda di sini

Share this post:
 
back to top