Ini Pentingnya Fitur Isofix di Dalam Mobil

22/04/2021

Pengemudian

3 menit

Ketahui tentang fitur isofix dan apa saja pentingnya untuk mobil Anda. Berikut ini adalah daftar mobil dengan isofix di Indonesia yang patut diketahui.

Isofix merupakan standar keselamatan internasional yang digunakan untuk car seat pada mobil. Isofix akan mengunci car seat dengan kuat saat diletakkan di bangku penumpang. Dibandingkan dengan melilitkan sabuk pengaman, fitur ini jauh lebih aman digunakan untuk car seat.

Fitur ini sudah diterapkan di banyak negara maju. Terutama di negara-negara barat. Fungsi utamanya adalah keamanan ketika Anda berkendara dengan anak kecil yang harus menggunakan car seat. 

Isofix dibuat oleh perusahaan manufaktur car seat yaitu Britax-Romer yang bekerja sama dengan VW pada tahun 1997. Kemudian pada tahun 2001, fitur ini mulai banyak digunakan pada mobil di Eropa. 

Pentingnya Memperhatikan Standar Isofix untuk Mobil Anda

Ada banyak alasan pentingnya Isofix untuk mobil Anda. Isofix yang merupakan singkatan dari International Standard Organisation Fix menjadi sebuah standar penting di mobil-mobil modern saat ini. Berikut ini adalah alasan mengapa Isofix penting untuk mobil Anda.

1. Keselamatan Anak Anda

Anda yang memiliki anak kecil, penting sekali untuk mempersiapkan keamanan car seat. Car seat yang terpasang dengan Isofix tentunya akan lebih aman. Sebuah penelitian tentang Isofix mengatakan bahwa car seat tidak mengalami banyak guncangan ketika dipasang dengan Isofix dibandingkan dengan sabuk pengaman.

2. Memudahkan untuk Pasang

Pemasangan Car Seat pada Mobil Mudah Berkat Adanya Isofix

Car seat pada mobil untuk menempatkan anak saat berkendara 

 

Pemasangan car seat akan jauh lebih mudah dengan fitur ini. Jika sebelumnya Anda harus melilitkan sabuk pengaman untuk mengaitkan car seat, maka kini bisa menggunakan fitur Isofix yang tersedia di mobil Anda. Tidak memakan waktu lama dan juga tidak membuang banyak tenaga.

3. Meminimalisir Benturan

Dengan adanya fitur Isofix, car seat akan terpasang dengan kuat pada jok mobil Anda. dengan begini, benturan akan lebih berkurang karena car seat terpasang kuat. Jika terjadi kecelakaan, Anda tidak perlu khawatir car seat terguncang sehingga Anak Anda terkena benturan lagi karena Isofix dirancang untuk mengunci car seat agar tidak mudah bergerak.

4. Memudahkan Pengemudi untuk Konsentrasi

Orang sedang menyetir mobil dengan fokus

Pentingnya fokus saat mengemudikan kendaraan

Manfaat lain dengan adanya fitur Isofix adalah pengemudi bisa lebih fokus menyetir. Seringkali anak mengganggu saat Anda berkendara. Hal ini akan sangat berbahaya karena mengganggu fokus pengemudi. Dengan adanya Isofix, car seat akan terpasang jauh lebih aman dan anak juga bisa duduk dengan mudah. Pengemudi bisa berkonsentrasi untuk mengemudi tanpa terganggu.

Daftar Mobil dengan Fitur Isofix di Indonesia

Rata-rata fitur Isofix tersemat di mobil keluaran terbaru. Sehingga jika Anda membeli mobil bekas keluaran tahun 2020 kebawah, kemungkinan belum terdapat fitur Isofix di jok belakang mobil. Berikut ini adalah daftar mobil dengan fitur Isofix di Indonesia.

1. Daihatsu Sirion 2020

Daihatsu Sirion Memiliki Standar Isofix

Tampilan mobil Daihatsu Sirion Keluaran Tahun 2020 

Daihatsu Sirion keluaran tahun 2020 merupakan jenis mobil keluarga yang berukuran compact. Di jok belakangnya sudah terdapat fitur Isofix yang bisa Anda pasangkan dengan car seat sehingga memudahkan proses mengemudi Anda. ruang akomodasi belakang juga cukup luas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terlihat sesak ketika jok sudah dipasangi car seat. Harga Daihatsu Sirion 2020 baru adalah sekitar Rp 200-240 juta.

2. Honda Civic Hatchback RS 2020

Honda Civic Hatchback adalah jenis mobil sport yang juga bisa digunakan sebagai mobil keluarga. Mobil dengan kapasitas 4 orang ini juga sudah memiliki fitur Isofix di jok penumpangnya. Selain itu, suspensi Civic Hatchback juga sangat nyaman sehingga anak Anda akan tetap merasa nyaman ketika mengemudi di jalanan yang tidak rata. Harga dari Honda Civic Hatchback RS 2020 CVT adalah sekitar Rp 400 jutaan.

3. Lexus RX300

Lexus RX300

Mobil Lexus RX300 Memiliki Fitur Isofix yang Aman untuk Traveling 

Di segmen premium ada Lexus RX300 yang menawarkan beragam fitur canggih. Salah satu mobil prestige dengan harga Rp 1,4 miliaran ini juga memiliki Isofix. Desainnya yang sporty bisa tetap terlihat keren saat dikemudikan. Selain itu, bagasi dan akomodasi sudah cukup luas. Mobil mewah ini cocok digunakan untuk travelling bersama keluarga Anda.

4. Honda City Hatchback 2021

Pengganti Honda Jazz ini cukup menarik banyak anak muda di Indonesia. Dengan dirilisnya Honda City Hatchback di tahun 2021, maka masyarakat Indonesia mulai beralih ke City Hatchback. Desain City Hatchback cukup sporty dan bisa menampung 4 penumpang. Bagian belakang mobil sudah dilengkapi dengan Isofix sehingga keamanan car seat akan terjamin. Harga mobil baru ini adalah sekitar Rp 700 jutaan.

>>> Dapat Diskon PPnBM Harga Honda City Hatchback RS Di Bawah Rp 300 Juta

5. Tesla Model S

Mobil Tesla S Berwarna Merah

Mobil Tesla S Berwarna Merah yang Sedang Terparkir 

Salah satu mobil listrik yang paling populer ini memiliki fitur isofix yang ada di jok belakang. Tesla model S bisa menjadi pilihan mobil keluarga Anda yang lebih menyukai mobil listrik dibanding dengan mobil konvensional.

Selain memastikan kalau mobil Anda memiliki fitur Isofix, Anda juga harus memperhatikan apakah Isofix mobil Anda mendukung model car seat yang dimiliki keluarga Anda. hal ini dilakukan agar ukuran Isofix dan car seat sesuai dan bisa terpasang dengan sempurna.

>>> Mengapa Fitur ISOFIX Dipasang di Bangku Baris Kedua?

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top