Anda Berencana Ganti Ban? Hati-hati, Ini Dampak Perubahan Diameter Ban

27/01/2019
Untuk menambah ground clearance mobil, ada banyak cara dapat dilakukan. Salah satunya adalah meningkatkan diameter luar lingkar roda Berikut ini dampak perubahan diameter ban.

Kendaraan crossover masih diminati oleh konsumen Tanah Air dan ada banyak pilihan dari beragam pabrikan. Seperti Nissan Juke, Honda HR-V dan Toyota Rush/Daihatsu Terios. Salah satu cara agar dapat bergaya crossover adalah meningkatkan ground clearance. Hal tersebut tidak hanya membuat mobil terlihat gagah, tapi secara fungsi juga semakin ramah melewati jalanan kompleks seperti speed bump maupun genangan air.

Mengganti velg dan merubah diameter ban salah satu cara meningkatkan ground clearance

Untuk meningkatkan ground clearance bisa dengan mengganti diameter ban seperti ukuran velg yang lebih besar

Salah satu cara meningkatkan ground clearance adalah mengubah diameter roda dengan mengganti ukuran velg dan ban. Ketika ground clearance naik maka center of gravity atau pusat massa dari kendaraan juga meningkat. Adapun center of gravity ini berbanding terbalik dengan stabilitas dan handling mobil. Semakin tinggi center of gravity maka mobil semakin kurang stabil dan sulit dikendalikan. Itu salah satu dampak perubahan diameter ban.

>>> Mungkin Anda tertarik: Hati-hati, Jangan Sembarang Ganti Ban OEM

Adapun efek lainnya dari meningkatkan diameter roda adalah pembacaan odometer dan speedometer. Biasanya setelah mengganti velg dan ban yang berbeda dengan ukuran standar, dampak perubahan diameter ban membuat fungsi peninjuk kecepatan tak bekerja dengan akurat. Disamping itu dampak perubahan diameter ban lainnya adalah handling mobil yang semakin menurun karena kerja suspensi yang semakin berat.

Usahakan menggunakan profil ban yang sama

Penggunaan profil ban yang lebih tebal juga bisa membuat mobil terlihat sedikit lebih jangkung

Lain hal ketika Anda menggunakan ban profil lebih tebal, dampak perubahan diameter ban ini terasa pada efek body roll yang mengurangi stabilitas mobil. Hal ini disebabkan semakin tinggi ukuran dinding ban, maka resiko dinding ban terlipat lebih besar saat berpindah jalur atau melewati tikungan. Maka yang harus diperhatikan adalah skala perubahan stabilitas dan handling tidak terlalu besar bila mobil hanya dipakai harian.

>>> Ingin mencari mobil baru? Dapatkan list terlengkapnya di Cintamobil.com

Untuk meningkatkan ground clearance dengan penggantian velg atau ban, bisa dilakukan sesuai dengan apa yang diinginkan pemilik mobil. Untuk velg, biasanya pabrikan mobil memberikan batas toleransi 2 inci. Walaupun penggantian velg berkonsekuensi mengganti ban juga. Selain itu Anda juga bisa mengganti ban dengan profil yang lebih tebal untuk membuat mobil lebih jangkung. Misal pabrikan menggunakan ban berprofil 165/65, agar ground clearance meningkat bisa memilih ban dengan profil 175/70.

Body roll atau gejala limbung semakin terasa

Salah satu dampak penggantian diameter ban adalah gejala limbung atau body roll yang lebih terasa

Tetapi perlu diingat dampak perubahan diameter ban yang telah dijelaskan diatas. Tentunya keputusan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, anggaran serta ketersediaan ban yang dijual di pasaran. Jangan lupa untuk menempatkan faktor keamanan sebagai hal utama ketika Anda ingin mengganti diameter ban.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

berita lain

Review mobil terbaru