10 Destinasi Wisata Lokal di Jawa Timur yang Bisa Disambangi saat Libur Lebaran

30/04/2021

Pengemudian

3 menit

10 Destinasi Wisata Lokal di Jawa Timur yang Bisa Disambangi saat Libur Lebaran
Mengisi waktu libur Lebaran dengan mengunjungi destinasi wisata lokal di Jawa Timur bisa menjadi alternatif. Berikut ini rekomendasi daftar wisata untuk Anda.

Belum redanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah kembali menetapkan larangan mudik di tahun ini. Berlakunya larangan mudik 2021 tapi tak lantas membuat tempat wisata ditutup. Wisata lokal masih dibuka dan boleh dikunjungi masyarakat. Artinya masyarakat setempat tetap bisa menikmati suasana libur Lebaran di tempat-tempat wisata tentunya tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Bagi Anda warga Jawa Timur yang tidak mudik, Anda tetap bisa mengunjungi destinasi wisata lokal di daerah setempat. Jawa Timur juga memiliki kota-kota dengan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam hingga hingga edukasi di museum. Apa saja?

Berikut 10 destinasi wisata lokal di kota Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi.

1. Gunung Bromo

Destinasi wisata lokal di Jawa Timur yang pertama ada di Gunung Bromo. Terletak di beberapa Kabupaten seperti Probolinggo, Malang, Lumajang, dan Pasuruan, Gunung Bromo sudah sejak lama menjadi ikon pariwisata di Jawa Timur. Panorama indah yang ditawarkan dari puncak Gunung Bromo menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit. Tidak hanya menawarkan suasana alam dan pemandangan yang indah, akses menuju Gunung Bromo juga tidak terlalu sulit karena disediakan mobil jeep bagi wisatawan yang hendak menuju kawah Bromo. Dari sana, Anda hanya tinggal melanjutkan pendakian hingga mencapai puncak.

sunrise di gunung bromo

cantiknya sunrise di gunung bromo 

2. Gunung Ijen

Selanjutnya ada Gunung Ijen. Selain Gunung Bromo, Gunung Ijen juga merupakan wisata alam yang populer di Jawa Timur. Terletak di antara dua Kabupaten yakni Banyuwangi dan Bondowoso, salah satu objek wisata paling menarik di Gunung Ijen adalah Kawah Ijen. Di sini Anda bisa keindahan Kawah Ijen birunya. Belum cukup, di destinasi wisata lokal di Jawa Timur yang satu ini Anda juga menyaksikan keindahan fenomena alam api biru atau blue fire yang jarang ditemui di tempat-tempat lain di dunia. 

fenomena blue fire di kawah ijen

cantiknya blue fire di kawah ijen 

3. Pantai Balekambang

Beralih ke Malang, kota di selatan Jawa Timur ini juga mempunyai banyak destinasi wisata lokal yang menarik. Salah satunya Pantai Balekambang. Berlokasi 45 km dari pusat kota Malang, Pantai Balekambang menawarkan keindahan pantai yang memukau. Suasana di Pantai Balekambang bisa dikatakan mirip dengan Tanah Lot, Bali. Seperti di Tanah Lot, di sana juga terdapat pura kecil yang berdiri di atas pulau. Satu lagi, jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Balekambang!

pantai balekambang, wisata di kota malang

pantai balekambang disebut-sebut sebagai tanah lot di kota malang 

>>> Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Dipakai Liburan

4. Museum Angkut

Tidak hanya destinasi wisata alam, Jawa Timur juga memiliki destinasi wisata edukasi yang menarik. Seperti Museum Angkut di Kota Batu. Terletak 20 km dari Kota Malang, Museum Angkut memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan tradisional dan modern. Yang menarik lagi dari Museum Angkut adalah pembagian zona museum yang terdiri dari Benua Asia, Eropa, hingga Amerika. Di masing-masing zona dibuat seperti jalanan di kota-kota Eropa atau Amerika dengan dihiasi koleksi kendaraan kuno di zaman lampau. Tidak cuma belajar tentang banyak jenis alat transportasi, di sini Anda juga bisa menemukan banyak spot-spot foto yang cantik dan menarik.

museum angkut di kota malang

koleksi mobil unik di museum angkut kota malang

5. Taman Nasional Alas Purwo

Destinasi wisata lokal di Jawa Timur selanjutnya ada Taman Nasional (TN) Alas Purwo. Terletak di tenggara Kabupaten Banyuwangi, TN Alas Purwo telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional. Di kawasan yang memiliki luas mencapai 44.037 hektar ini banyak tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari kawasan savana, wisata budaya, hutan mangrove, goa, kuno, hingga pantai. Tidak hanya situs-situs alam dan bersejarah, kawasan hutan yang diklaim tertua di Pulau Jawa ini juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang luar biasa. Setidaknya terdapat 700 jenis flora, 50 jenis mamalia, 320 jenis burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil. TN Alas Purwo bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam dari pusat kota Banyuwangi.

taman nasional alas purwo adalah kawasan wisata di jawa timur

taman nasional alas purwo telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional

6. Air Terjun Madakaripura

Ingin melihat keindahan air terjun tertinggi di Pulau Jawa? Pemandangan tersebut bisa Anda saksikan di Air Terjun Madakaripura di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Dengan ketinggian mencapai 200 meter, Air Terjun Madakaripura juga dijuluki sebagai air terjun abadi karena debit airnya yang selalu deras. Keindahan derasnya air terjun di antara lembah-lembah pegunungan bisa Anda nikmati di sini. Air terjun yang konon merupakan tempat petilasan Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit ini merupakan bagian dari wisata alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

gambar air terjun madakaripura di probolinggo

air terjun madakaripura dijuluki sebagai air terjun abadi karena debit airnya yang selalu deras

7. Museum House of Sampoerna

Di Surabaya ada satu tempat yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Namanya Museum Sampoerna atau Museum House of Sampoerna. House of Sampoerna merupakan museum tembakau yang bisa dikunjungi secara gratis. Sesuai namanya, museum ini dikelola oleh perusahaan rokok Sampoerna. Di dalamnya, Anda bisa mengetahui sejarah-sejarah mengenai tembakau, kretek, proses pembuatannya, hingga sejarah keluarga Sampoerna. Satu lagi, dengan desain museum yang bergaya Belanda klasik, banyak spot-spot menarik di museum yang cocok bagi Anda yang menyukai fotografi.

museum house of sampoerna di jawa timur

museum house of sampoerna, museum tembakau yang bisa dikunjungi secara gratis 

8. Gili Ketapang

Destinasi wisata lokal di Jawa Timur selanjutnya ada Pulau Gili Ketapang. Terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang luar biasa dengan ber-snorkeling di Pulau Gili Ketapang. Keindahan bawah laut di Pulau Gili Ketapang diklaim menjadi yang tercantik di Jawa Timur. Tidak hanya menyelami keindahan bawah laut, Anda juga akan diajak untuk ikut melestarikan kekayaan biota laut dengan menanam terumbu karang. Yup, setiap wisatawan yang datang, sembari menyelam diwajibkan untuk menanam satu terumbu karang. Pulau Gili Ketapang bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo menggunakan kapal penyeberangan tradisional.

kecantikan pulau gili ketapang di probolinggo

keindahan pulau gili ketapang di daerah probolinggo

9. Desa Jodipan

Desa Jodipan merupakan salah satu tempat wisata yang tengah digandrungi di Kota Malang saat ini. Desa Jodipan terletak tidak jauh dari alun-alun Kota Malang. Perpaduan warna-warna yang cantik dari rumah-rumah dan dinding di Desa Jodipan, membuatnya dijuluki sebagai kampung pelangi. Anda yang tertarik dengan fotografi atau pun gemar mencari spot-spot foto cantik dan menarik, tentunya tidak boleh melewatkan destinasi wisata lokal di Jawa Timur yang satu ini.

kampung warna warni desa jodipan

kampung wisata warna warni desa jodipan di malang

10. Monumen Jalesveva Jayamahe

Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya tentu saja memiliki banyak situs-situs bersejarah yang bercerita mengenai perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Salah satunya adalah Monumen Jalesveva Jayamahe. Terletak di kawasan Armada Timur TNI Angkatan Laut, Monumen Jalesveva Jayamahe menggambarkan perwira TNI Angkatan laut dengan berpakaian dinas lengkap sambil memegang pedang kehormatan. Monumen dengan tinggi 30,6 meter itu tampak berdiri gagah menghadap ke laut lepas. Di kawasan ini Anda juga bisa mengunjungi museum TNI Angkatan Laut. Di dalamnya banyak terdapat koleksi-koleksi dan memorabilia yang pernah digunakan oleh TNI Angkatan Laut.

mounumen jalesveva jayamahe d surabaya

mounumen jalesveva jayamahe di kota surabaya

Nah, itu dia daftar 10 destinasi wisata lokal di kota Surabaya yang bisa menjadi alternatif untuk mengisi libur Lebaran. Selamat berlibur bersama keluarga tercinta!

>>> Persiapan Sebelum Road Trip Nyaman dengan Anak Saat New Norma

 

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top