Volkswagen ID.R Cetak Rekor Lagi, Kali ini di Bilster Berg

27/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen ID.R Cetak Rekor Lagi, Kali ini di Bilster Berg
Volkswagen menciptakan ID.R sebagai mobil pencetak rekor. Setelah memegang waktu tercepat mulai dari Pikes Peak sampai Goodwood, mobil balap listrik itu kembali menorehkan rekor di Sirkuit Blister Berg, Jerman.

Sejak diperkerkenalkan tahun 2018, Volkswagen ID.R adalah mobil balap listrik pencetak rekor. Di tangan Romain Dumas, mobil balap listrik ini mencatatkan rekor, sekaligus menunjukkan potensi elektrifikasi VW.

>>> Volkswagen siapkan ID.3 R, rilis kemungkinan 2024

Rekor kelima ID.R

VW sama sekali tidak mengendurkan usaha pemecahan rekor ID.R dengan kembali mencatatkan rekor. Tapi kali ini tidak bersama Dumas, melainkan Dieter Depping ada di balik kemudi Volkswagen ID.R saat mencatatkan rekor baru di Sirkuit Bilster Berg, Jerman.

Catatan waktu ID.R di sirkuit sepanjang 4,2 km itu adalah 1 menit 24,2 detik, ini jauh lebih cepat dari rekor sebelumnya, 1 menit 44,7 detik yang dicatatkan Radical SR3 SL versi road-legal beberapa waktu lalu.

Aksi Volkswagen ID.R memecahkan rekor di Blister Berg

Blister Berg jadi trek atau sirkuit kelima yang dikuasai ID.R

Sebagai catatan, ini bukan rekor pertama yang dicetak Volkswagen ID.R. Pertama, mobil balap listrik VW itu mencatatkan sejarah sebagai mobil pertama yang menuntaskan jalur Pikes Peak kurang dari 8 menit, tepatnya 7 menit 57,148 detik.

Selain itu, Volkswagen ID.R adalah mobil listrik paling cepat di Nurburgring dengan torehan waktu 6 menit 5,336 detik. Dan di Goodwood 2019, mobil ini mematahkan rekor 20 tahun yang dicatatkan mobil Formula 1 dengan torehan 39,9 detik.

Sebelum Blister Berg, ID.R juga mencatatkan rekor di jalur Heaven’s Gate di Tianmen, Cina. Bukan sirkuit balap, tapi trek ini memiliki total 99 tikungan dan panjang 10,9 kilometer.

>>> Targetkan rekor overall Nurburgring, Volkswagen siapkan ID.R generasi kedua?

Rahasia di balik rekor

Merepresentasikan divisi mobil listrik I.D. dan model performa tinggi R, Volkswagen ID.R dibuat dengan peforma dan teknologi dan elektrifikasi sebagai fokus utama.

Volkswagen ID.R saat memecahkan rekor mobil listrik di Nurburgring

ID.R memiliki dua buah motor listrik dengan tenaga total 680 HP

Basis mobil satu ini menggunakan sasis yang dikembangkan bersama spesialis balapan Hillclimb Norma, dengan dua buah motor elektrik yang jika dikombinasikan punya tenaga 680 HP dan torsi 650 Nm.

Berpenggerak all-wheel drive, ID.R yang punya bobot kurang dari 1.100 kg dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,25 detik dengan top speed 270 km/jam. Penasaran bagaimana rekor terbaru ini dibuat? Simak video di bawah ini deh.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top