Turki Jadi Negara dengan Pajak Mobil Tertinggi di Dunia

02/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Turki Jadi Negara dengan Pajak Mobil Tertinggi di Dunia
Turki menjadi negara dengan pajak mobil tertinggi setelah menerapkan peraturan baru untuk pajak mobil impor guna meningkatkan penjualan mobil dalam negeri.

Akhir Agustus lalu, Turki secara resmi mengeluarkan peraturan baru yang memberikan pajak lebih besar bagi mobil impor yang dijual di pasar dalam negeri Turki. Hal itu menjadikannya negara dengan pajak mobil tertinggi di dunia. Langkah yang baru saja diterapkan tersebut bertujuan untuk mengurangi kemerosotan perdagangan dalam negeri yang disebabkan oleh pandemic COVID-19.

Negara dengan pajak mobil tertinggi

Turki sekali lagi menjadi negara dengan pajak tertinggi bagi mobil setelah meluncurkan peraturan baru mengenai pajak kendaraan impor di negara ujung Asia tersebut. Pajak khusus kendaraan berkapasitas mesin 1.6L dinaikkan dari 60% menjadi 80% berdasarkan Keputusan Presiden yang diterbitkan akhir pekan lalu.

Presiden Turki Endorgan memakai jas berwarna hitam
Kenaikan pajak merupakan bagian dari keputusan presiden Endorgan

>>> Diskon Pajak Ampuh Tingkatkan Penjualan Mobil di Malaysia

Sebagaimana dilansir Bloomberg, model dengan mesin berkapasitas lebih dari 2.000 cc mengalami kenaikan pajak dari 100% menjadi 130%. Sedangkan biaya untuk mobil di segmen premium melonjak dari 160% menjadi 220%. Kenaikan ini hanya berlaku untuk mobil impor dan tidak berlaku untuk mobil yang diproduksi secara lokal.

Namun peraturan ini tetap saja mempengaruhi produksi dalam negeri Turki. Mengingat sebagian besar produksi yang dilakukan masih mengandalkan barang impor, sebagaimana dijelaskan Erol Sahin selaku General Manager perusahaan konsultan otomotif EBS dilansir dari Carscoops. Ia juga menegaskan Turki menjadi negara dengan pajak mobil tertinggi di dunia.

>>> Berbagai harga mobil baru bisa Anda dapatkan di sini

Pengaruh COVID-19

Langkah kenaikan pajak yang baru-baru ini dilakukan pemerintah Turki sudah direncanakan sejak awal pandemi COVID-19. Pemberlakukan pajak ini bertujuan untuk mencegah impor mobil dan mendukung industri dalam negeri.

jalanan Turki dengan jembatan tanpa ada mobil
Pandemi COVID-19 membuat stok kendaraan baru menipis

Kekuatan mata uang Lira milik Turki tidak terlalu bagus, kehilangan hampir 19% nilainya dari tahun ke tahun. Di sisi lain, penjualan mobil justru naik akibat turunnya suku bunga. Melonjak 387,5% dari Juli 2019 hingga periode yang sama tahun ini, sebagaimana dilaporkan oleh Daily Sabar. Penjualan Januari-Juli 2020 juga melonjak 60,3% dengan penjualan mobil penumpang naik 58,9% menjadi 273.022 unit.

Wabah COVID-19 yang melanda seluruh negara juga berdampak pada produksi dan penjualan mobil di Turki. Karena perintah untuk tinggal di rumah dan lockdown yang diberlakukan di beberapa daerah, lebih sedikit stok kendaraan baru yang berada di pasaran. Menyebabkan harga mobil bekas yang jauh lebih tinggi.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Diskon Pajak Ampuh Tingkatkan Penjualan Mobil di Malaysia

26/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Kebijakan pemerintah di Malaysia untuk memberikan diskon pajak mobil baik itu CKD maupun CBU cukup ampuh dalam meningkatkan penjualan dari bulan ke bulan.

Lihat juga

Beli Toyota Corolla Cross 2020 Enggak Perlu Bayar Pajak, Begini Caranya

06/08/2020

Mobil baru

3 menit

PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan beragam solusi untuk memiliki Toyota Corolla Cross terbaru, bahkan pengguna tidak perlu membayar pajak, begini caranya

Lihat juga

Pembebasan Pajak Mobil di Malaysia Bikin Warga Mulai Sambangi Dealer

01/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemerintah Malaysia beberapa waktu lalu menerapkan pembebasan pajak mobil untuk kembali meningkatkan penjualannya. Hal itu membuat warga mulai datang ke dealer.

Lihat juga

Kenaikan Pajak Mobil di Inggris Jadi Solusi Pengurangan Pencemaran Udara

27/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Komite Perubahan Iklim di Inggris menyerukan bahwa pajak mobil untuk mesin konvensional bisa dinaikan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara.

Lihat juga

Pemerintah Malaysia Bebaskan Pajak Mobil 100 Persen

06/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Suramnya penjualan mobil di Malaysia akibat virus Corona bulan Mei lalu membuat pemerintah hadirkan terobosan baru bebas pajak 100 persen untuk mobil CKD.

Lihat juga