Toyota Dikabarkan Tengah Menyiapkan Supra Transmisi Manual

30/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Dikabarkan Tengah Menyiapkan Supra Transmisi Manual
Toyota tengah dikabarkan telah menyiapkan Supra transmisi manual. Ini tentunya menjadi kabar menggembirakan bagi para pencinta mobil sport jenama Jepang itu.

Ada kabar menggembirakan bagi pencinta Toyota Supra. Toyota dikabarkan tengah menyiapkan Supra versi manual. Meski transmisi otomatis delapan percepatannya tak buruk, namun Supra transmisi manual pastinya cukup dinanti para penggemar mobil sport itu. 

Dilansir Carbuzz, Kamis (30/7/2020), pada awal tahun 2020, Toyota mengakui tengah mengetes Supra versi manual. Meski begitu, tak ada pernyataan pasti bahwa Supra versi manual bakal masuk jalur produksi. 

>>> Sejarah Toyota Supra: Lebih Dari Sekadar Mesin 2JZ dan Mobil 10 Detik

Bakal Usung Transmisi Manual

Pernyataan akan Toyota menjajal Supra transmisi manual sendiri dimuat oleh majalah Jepang Mag X. Dalam pemberitaan tersebut, girboks manual Supra memang tengah dalam persiapan. 

Toyota Supra

Toyota dikabarkan tengah menyiapkan Supra versi manual

Hal itu sekaligus juga menjadi kabar gembira buat para pencintanya lantaran mobil bisa dikendalikan penuh oleh pengendara. 

Berita tersebut muncul usai adanya sejumlah penambahan fitur sejak Toyoa Supra diluncurkan. Seperti meningkatkan performa mesin empat silinder dan menambahkan mesin dasar empat silinder. Rencana Toyota selanjutnya adalah mengenalkan varian spesial dari model Supra termasuk versi GRMN sekaligus transmisi manualnya.  

Sebelumnya diberitakan Cintamobil.com, Toyota Supra generasi A90 akan mendapatkan facelift untuk model tahun 2021. Ubahan paling signifikan terdapat di bagian mesin, di mana tenaga mesinnya akan meningkat menjadi 382 HP.

>>> Cari yang Jual Toyota Supra Bekas? Wajib Sabar Ya!

Di Eropa Tak Berubah

Namun, Eropa tidak akan mendapatkan update tersebut, hal ini dikarenakan standar emisi baru yang berlaku tahun depan. Alhasil, Toyota Supra 2021 untuk pasar Eropa tetap mempertahankan output mesin inline-6 3.000cc di angka 335 HP.

Toyota Supra

Mesin Toyota Supra

Peningkatan tenaga Toyota Supra facelift membuatnya sejajar dengan BMW Z4 M40i yang dijual di pasar Amerika. Untuk mendapatkan peningkatan tenaga hampir 50 HP, Toyota melakukan beberapa ubahan pada mesin inline-6 turbo B58B30 dengan menambahkan exhaust manifold cabang ganda dengan enam ports, berbeda dari model 2020 yang hanya memakai dua port, piston baru juga disisipkan. Alhasil, akselerasi Toyota Supra 2021 dari 0-100 km/jam jadi lebih cepat dengan hanya 3,9 detik saja.

Di Indonesia, PT Toyota Astra Motor juga telah menghadirkan Supra GR. Supra yang dihadirkan di Tanah Air mengusung mesin B58 6 silinder segaris berkapasitas 3.0L. Rumor akan kehadiran Supra transmisi manual pastinya telah ditunggu-tunggu oleh penggemar setianya, termasuk yang berada di Indonesia.  

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top