Toyota Tak Pungkiri Corolla Cross 2020 Bakal Kanibal dengan C-HR

12/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Tak Pungkiri Corolla Cross 2020 Bakal Kanibal dengan C-HR
PT Toyota Astra Motor tak memungkiri bahwa akan ada potensi kanibal sejak lahirnya Corolla Cross 2020. Ini mungkin terjadi karena mesinnya sama dengan C-HR.

PT Toyota Astra Motor tak menampik kemungkinan bahwa akan terjadi kanibalisme usai peluncuran SUV Corolla Cross. Ya, Toyota Corolla Cross 2020 memang menggendong mesin yang sama persis dengan C-HR baik itu versi bensin maupun hybridnya.

Tentu saja hal tersebut memunculkan potensi ‘saling makan’ antar saudara sendiri. Mengapa demikian? Mengusung mesin yang sama, Corolla Cross dijual dengan harga lebih murah ketimbang C-HR. Sebagai informasi, harga Corolla Cross 2020 versi bensin dibanderol Rp 457,8 juta dan versi hybrid punya harga Rp 497,8 juta. 

Toyota Corolla Cross 2020

Mesin yang diusung Corolla Cross sama persis dengan C-HR

>>> Catat Ya! Toyota Corolla Cross Itu Bukan Sedan yang 'Dimelarkan'

Tak Pungkiri Ada Kanibalisme

Sementara C-HR versi bensin, paling murahnya dijual Rp 511,05 juta hingga yang termahal Rp 547,79 juta. Kemudian versi hybridnya yang ditawarkan dalam dua tipe punya harga masing-masing Rp 546,29 juta dan Rp 547,79 juta. 

“Kita nggak bisa pungkiri ya, pasti ada kanibal,” tegas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy usai peluncuran Corolla Cross belum lama ini.

Meski begitu, Anton menyebut akan tetap ada perbedaan antara C-HR dengan Toyota Corolla Cross 2020 lantaran segmentasi konsumen yang juga berbeda. C-HR lebih diperuntukan bagi mereka yang hobi berkendara.

“Saya rasa kalau duduk di dalamnya terasa segmen C-HR kita fokus dengan orang yang fokusnya di styling dan lebih driver oriented ya, jadi duduk di cokcpit terasa, posisi layout sangat driver oriented dan suspensi lebih rigid,“ kata Anton.

“Sedangkan Corolla Cross, dari dua sisi mendapatkan kenyamanan tapi fungsinya juga. Jadi tidak hanya driver tapi juga penumpang, comfortnya juga diutamakan jadi kita rasa untuk customer yang balance, family dan individu juga,” sambung Anton.

>>> Review Toyota Corolla Cross 2020: Siap Jadi Penantang Juara Bertahan

Target Konsumen Corolla Cross

Toyota C-HR

C-HR dan Corolla Cross punya segmen yang berbeda

Dijelaskan lebih mendetail, Toyota menargetkan Corolla Cross diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas yang sudah mapan serta berpengalaman. Nah mobil ini tak hanya bisa digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari, melainkan juga di akhir pekan saat menghabiskan waktu bareng keluarga. 

"Walaupun ini 5 seater tapi spacenya luas juga. Untuk volumenya, ya tergantung market karena dinamis. Tapi kalau lihat market sekarang, kita maksimum 200-300 unit," kata Anton. 

Toyota juga sekaligus meyakini bahwa Corolla Cross bakal lebih laris dari saudaranya itu. Selain dari penempatan harga, hal itu dapat terlihat dari sisi desainnya. C-HR lebih beradaptasi ke Benua Biru Eropa, sementara Corolla Cross ke masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

>>> Berita otomotif terbaru lainnya bisa dibaca di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30 : Pertarungan Tersengit SUV Medium ...

08/08/2020

Mobil baru

10 menit

Inilah pertarungan tersengit SUV medium 5 penumpang tahun 2020 ini, simak komparasi Toyota Corolla Cross vs Mitsubishi Eclipse Cross vs Mazda CX-30 berikut ini

Lihat juga

Toyota Corolla Cross Punya Fitur Khusus Orang Indonesia, Apa Itu?

07/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Ada satu fitur unik yang dikenalkan Toyota pada Corolla Cross. Adalah fitur NFC untuk memudahkan pengendara dalam mengecek saldo kartu elektronik (e-Toll).

Lihat juga

Tak Sampai Rp 500 Juta, Corolla Cross Jadi Mobil Hybrid Termurah Toyota

06/08/2020

Mobil baru

4 menit

TAM merilis mobil SUV terbarunya Corolla Cross Hybrid. Dibanderol tak sampai Rp 500 juta, mobil diklaim jadi yang termurah di antara hybrid Toyota lainnya.

Lihat juga

Toyota Corolla Cross 2020 Resmi Meluncur Di Indonesia, Harganya Mengejutkan!

06/08/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota Corolla Cross 2020 resmi meluncur di Indonesia, hebatnya harga jual dari SUV yang layak dijuluki sebagai the family man alter ego ini sangat mengejutkan!

Lihat juga

Toyota Corolla Cross 2021: Harga mobil Corolla Cross & Promo Januari

01/01/2021

Toyota

Yes! Toyota Corolla Cross 2020 masuk lebih cepat dari perkiraan kami, inilah daftar harga Toyota Corolla Cross 2020 bulan Agustus ini, menarik untuk dibeli?

Lihat juga
 
back to top