Review Toyota Corolla Cross 2020: Siap Jadi Penantang Juara Bertahan

29/07/2020

Share this post:

Toyota Corolla Cross 2020

Editor rate:

Rp. 551.962.167

Jual beli mobil Toyota Corolla bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di seluruh Indonesia Lihat promo

Toyota Corolla Cross 2020 siap jadi penantang juara bertahan di kelas ini, ia hadir dengan desain menawan, basis TNGA dan powertrain hybrid, seberapa istimewa?

Review Toyota Corolla Cross 2020: Siap Jadi Penantang Juara Bertahan
Review Toyota Corolla Cross 2020: Siap Jadi Penantang Juara Bertahan
0 Gambar

Pengantar Toyota Corolla Cross 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Corolla Cross 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Basis TNGA menjamin handling baik

Interior dan eksterior menawan

Mesin hemat dan bertenaga

Kekurangan

Tidak tersedia versi 7-seater

Varian bensin non hybrid hanya satu tipe

Harga jual mahal

Foto sejarah Toyota Corolla

Toyota Corolla adalah mobil terlaris di dunia

Filosofi a car for everyone membuat Corolla memiliki fleksibilitas luar biasa dalam menyerap keinginan pasar. Berawal dari sedan 2-pintu, ia lantas berevolusi menjadi coupe, liftback, station wagon, hingga MPV bahkan SUV. Tak ada mobil di dunia ini yang pernah melahirkan sekaligus kehilangan varian body sebanyak dan sesering Corolla. Dan Toyota Corolla Cross 2020 yang bergenre SUV ini siap menjadi penantang juara bertahan.

Gambar Toyota Corolla Matrix 2003

Corolla Matrix jadi Corolla SUV pertama di dunia

Dalam dunia otomotif, mengembangkan produk sesuai dengan keinginan pasar jelas merupakan hukum wajib yang harus dipenuhi setiap produsen tak terkecuali dengan Toyota. Dengan semakin berkembangnya zaman, tuntutan konsumen akan sebuah mobil pun menjadi semakin spesifik. Belum lagi mempertimbangkan kondisi geografis, hingga karakter calon konsumen di region yang bersangkutan.

Gambar penjelasan konsep rancang bangun Toyota Corolla Cross 2020

Mengembangkan produk sesuai dengan keinginan pasar merupakan hukum wajib

Efeknya, penambahan varian jenis bodi pun menjadi hal yang jamak. Tak sedikit model yang awalnya hanya hadir dalam satu model bodi, menjelma menjadi dua hingga tiga versi pada generasi berikutnya. Semuanya, demi mengakomodasi keinginan pasar. Termasuk dengan Toyota Corolla Cross 2020 yang akan kita bahas tuntas kali ini. Ia hadir berkat permintaan pasar akan mobil bermodel crossover yang stylish namun tetap praktis.

Gambar line up Toyota Corolla Cross 2020

Corolla Cross siap masuk Indonesia tahun ini?

Sebenarnya Corolla Cross bukanlah Corolla pertama yang terjangkit demam SUV. Tepatnya pada tahun 2003, muncul Toyota Corolla Matrix yang berikutnya dikenal dengan nama Matrix saja. Model ini memiliki desain agresif dan dinamis sebuah SUV tanpa meninggalkan ciri khas sebuah Corolla. Lantas, seberapa istimewa mobil ini? Mari simak review Toyota Corolla Cross 2020 hingga tuntas.

Eksterior Toyota Corolla Cross 2020

Review Toyota Corolla Cross 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Toyota Corolla Cross 2020

Grill depan berukuran besar membuat kesan sangar

Tampilan eksterior depan dari Toyota Corolla Cross 2020 ini menggunakan bahasa desain Toyota modern yang kekinian sesuai nafas TNGA (Toyota New Global Architecture), dimana mobil dengan rekayasa teknis TNGA memiliki bentuk bodi yang agresif dan jauh lebih menarik dari bahasa desain Toyota lawas seperti Vibrant Clarity atau Keen Look. Lekuk tegas pada kap mesin seakan mencerminkan jika mobil ini berotot.

Gambar headlamp Toyota Corolla Cross 2020

Headlamp pipih dengan bohlam jenis LED

Grille depan berukuran besar menjamin terpasoknya udara segar ke mesin demi pendinginan maksimal serta aerodinamika yang baik. Headlamp dengan desain sipit itu diisi dengan bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) yang memiliki respon cepat, lebih terang, serta punya konsumsi daya yang minim. Foglamp tetap tersedia dari trim terendah hingga tipe tertinggi untuk meningkatkan visibilitas pengemudi saat terjadi kabut.

Review Toyota Corolla Cross 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Toyota Corolla Cross 2020

Velg 18 inch hanya ada di varian Hybrid

Di bagian eksterior samping Toyota Corolla Cross 2020 ini tampil gagah karena ia sudah mengadopsi velg dengan ring 18 inci untuk varian Hybrid, sedangkan untuk yang bermesin 1.800 cc bensin masih menggunakan velg 17 inci dengan desain yang aerodinamis. Kesan kekar juga ditunjukkan dengan penggunaan body cladding yang menambah kesan kokoh dari Toyota Corolla Cross ini.

Gambar tampak samping Toyota Corolla Cross 2020

Pilar D membuat efek unik di Corolla Cross ini

Pilar D yang tebal menambah kesan unik pada crossover terbaru Toyota ini, hal tersebut berpadu sempurna dengan lis berkelir brushed chrome yang membentang dari pilar C ke pilar D. Efek unik juga terlihat dari lekukan dari pintu belakang yang menyerupai ‘pinggul’ dan tersambung simetris hingga ke stoplamp belakang. O ya, semua varian Corolla Cross juga telah dilengkapi dengan roof rail sebagai standar.

Review Toyota Corolla Cross 2020: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Toyota Corolla Cross 2020

Cladding di belakang membuat kesan kekar

Kesan kokoh juga diteruskan hingga bagian buritan Toyota Corolla Cross 2020 ini. Hal itu terlihat dari penerapan desain bumper belakang dengan cladding berwarna hitam yang mencirikan sebuah crossover sejati. Sayangnya, knalpot masih satu buah saja di sebelah kanan, padahal alangkah lebih baik dan terlihat lebih modern jika lubang muffler dibuat dua buah untuk menampilkan kesan sporty.

Gambar stoplamp Toyota Corolla Cross 2020

Stoplamp didesain slim and sleek

Senada dengan tampilan eksterior depannya, stoplamp Toyota Corolla Cross 2020 ini dibuat slim and sleek. Desain pipih seperti ini juga membuat kesan mobil lebih dinamis. Sama dengan bagian depan, lampu belakang ini juga sudah mengadopsi bohlam LED untuk lampu kota, lampu rem, dan lampu mundurnya, sementara untuk lampu sein masih mengandalkan bohlam halogen biasa. Beruntung pintu bagasinya sudah dapat terbuka secara elektris.


Interior Toyota Corolla Cross 2020

Review Toyota Corolla Cross 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Toyota Corolla Cross 2020

Layout dashboard modern

Masuk ke bagian interiornya, Anda akan disambut dengan tiga warna. Pertama adalah kelir merah maroon yang tampil dominan, kedua adalah warna hitam yang terletak pada bagian atas dashboard, dan ketiga adalah warna silver yang memisahkan kedua warna sebelumnya tadi. Sebagai mobil dengan kelas menengah (C-segment) maka jangan heran jika bahan yang digunakan cukup banyak material empuknya.

Gambar kursi dan dashboard Toyota Corolla Cross 2020

Visibilitas tergolong baik

Sebagaimana produk Toyota yang dirancang bangun dengan skema TNGA, layout dashboard pada Toyota Corolla Cross 2020 ini memang terlihat tinggi dipadu dengan layar infotainment berbentuk kotak di tengahnya, namun itu semua dijamin tidak akan mengurangi visibilitasnya, seperti mobil Toyota lainnya dengan basis TNGA yang sudah pernah Cintamobil.com coba.

Review Toyota Corolla Cross 2020: Kursi

Gambar kursi depan Toyota Corolla Cross 2020

Jok memeluk tubuh dan sudah dilapis kulit

Bentuk kursi semi bucket yang terpasang pada Toyota Corolla Cross 2020 ini cukup mampu memeluk tubuh dengan baik saat mobil bermanuver dengan kecepatan tinggi, selayaknya kursi pada mobil Toyota TNGA lainnya. Untuk varian tertinggi, kursinya juga sudah dilapisi dengan kulit yang membuatnya terlihat mewah namun tetap nyaman untuk diduduki. Pengaturannya juga fleksibel, karena dapat diatur secara elektris kedelapan arah.

Gambar kursi belakang Toyota Corolla Cross 2020

Sayang Corolla Cross baru tersedia versi 5-seater saja

Meski mampu menampung total 5 penumpang termasuk pengemudi dengan nyaman, namun ada hal yang sangat patut disayangkan dan tidak hadir pada Corolla Cross ini. Yakni tidak tersedianya versi 7 penumpang. Padahal, jika ia ingin bersaing langsung dengan rival tangguh sekelasnya seperti Honda CR-V Turbo, Corolla Cross ini sebaiknya memiliki varian 7-seaters. Semoga saja PT Toyota Astra Motor memasukkan versi 7-seaternya.

Review Toyota Corolla Cross 2020: Setir

Gambar setir Toyota Corolla Cross 2020

Setir sudah dapat diatur tilt and telescopic

Lingkar kemudi dari Toyota Corolla Cross 2020 ini punya desain yang menarik sebab terdiri dari dua warna, yakni hitam dan silver. Tak hanya itu saja, seperti halnya setir Toyota lainnya yang sudah berbasis TNGA, diameternya pas, dan mantap digenggam. Sebagai informasi, setir ini mirip dengan kepunyaan Toyota Camry yang sudah dijual di Tanah Air dan juga mampu untuk diatur tilt dan telescopic sehingga lebih mudah menyesuaikan dengan badan.

Gambar tombol pengatur audio di setir Toyota Corolla Cross 2020

Pengaturan voice command juga bisa dikendalikan dari setir

Untuk tombol pengatur pada palang sebelah kiri digunakan untuk mengatur audio, mulai dari memilih track lagu, mengatur volume, hingga mengganti source musik. Pada palang sebelah kiri ini juga tersedia tombol untuk melakukan perintah suara (voice command). Sedangkan untuk mengatur layar multi information display terletak pada tombol yang ada di palang kemudi sebelah kanan.

Review Toyota Corolla Cross 2020: Bagasi

Gambar Bagasi Corolla Cross 2020

Total luas bagasi 487 liter

Sebagai sebuah SUV, tentu Toyota Corolla Cross 2020 ini dituntut untuk memiliki kepraktisan yang baik. Dan Toyota sudah menyiapkan mobil ini dengan proper, tercatat seluas 487 liter kapasitas tersedia untuk bagasi Corolla Cross ini. Kapasitas bagasi Corolla crossover ini jelas sangat memadai. Meskipun lantai bagasi yang agak menjorok ke dalam membuat proses keluar-masuk barang yang berat menjadi sedikit merepotkan karena tak bisa langsung digeser.

Gambar bagasi Toyota Corolla Cross 2020

Terdapat fitur power back door with activated kick sensor

Khusus untuk varian top of the line, Toyota Corolla Cross 2020 juga dilengkapi dengan fitur power back door with activated kick sensor. Jadi, untuk membuka pintu bagasi mobil ini dapat dilakukan dengan tiga cara, pertama menekan tombol di remote smart entry, kedua menekan tombol di pintu bagasi, dan yang terakhir dengan cara mengayunkan kaki Anda di bawah bumper belakang. Jelas ini menambah kepraktisan Corolla Cross.

Fitur Toyota Corolla Cross 2020

Review Toyota Corolla Cross 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar In-car Entertaiment System Toyota Corolla Cross 2020

Head unit sudah support Apple CarPlay

Toyota Corolla Cross 2020 ini sudah mengadopsi layar sentuh 9 inci yang kompatibel dengan Apple CarPlay, Bluetooth hingga USB. Kontrol audionya sendiri dapat dilakukan dari setir. Terdapat empat buah speaker dan juga dua tweeter untuk menjamin tatanan suara yang baik. Namun, untuk kualitas audionya sendiri kami belum bisa menilai sebab mobilnya belum ada di Indonesia.

Review Toyota Corolla Cross 2020: Multi Information Display

Gambar Multi Information Display Toyota Corolla Cross 2020

MID di Corolla Cross berukuran 7 inci

Toyota Corolla Cross 2020 juga telah dilengkapi dengan layar Multi Information Display (MID) 7 inci yang informasinya lumayan lengkap. Mulai dari konsumsi BBM real time, konsumsi BBM rata-rata, perpindahan energi khusus varian hybrid, jam digital, suhu, trip meter A dan B serta fitur Tire Pressure Monitoring System. Tak lupa fitur Active Safety seperti Rear Cross Traffic Alert juga dapat terpantau dari MID ini.

Review Toyota Corolla Cross 2020: Pilihan Mode Berkendara

Gambar Driving Mode Toyota Corolla Cross 2020

Terdapat empat pilihan mode berkendara di varian hybrid

Terdapat empat pilihan mode berkendara untuk Toyota Corolla Cross 2020 dengan varian Hybrid, yakni EV MODE yakni mode berkendara full elektrik. EV MODE dapat digunakan jika baterai di atas 80%, lalu ada SPORT MODE untuk akselerasi yang lebih responsif, lantas ada ECO MODE untuk pengendaraan yang lebih hemat. Terakhir ada NORMAL MODE. Sedangkan untuk varian bensin hanya ada tiga mode berkendara tanpa EV MODE.

Operasi Toyota Corolla Cross 2020

Gambar Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid 2020

Meski sama-sama pakai mesin 2ZR series, namun beda siklusnya

Terdapat dua pilihan mesin pada Toyota Corolla Cross 2020 ini, yakni hybrid dan bensin biasa. Untuk varian hybrid menggunakan unit berkode 2ZR-FXE, sedangkan untuk varian gasoline menggendong mesin 2ZR-FBE. Meski keduanya punya diameter maupun langkah piston yang sama serta keduanya sudah Dual VVT-i. Tetapi siklus mesin kedua mesin ini berbeda, untuk FXE punya siklus Atkinson Cycle, sedangkan untuk FBE pakai siklus Otto Cycle.

Gambar tuas transmisi CVT Toyota Corolla Cross 2020

Semua varian pakai transmisi CVT

Siklus Atkinson Cycle memungkinkan klep intake (in) membuka lebih lama daripada siklus Otto Cycle saat langkah kompresi. Jadi intinya campuran BBM dan udara yang keluar dari katup ini menjadi lebih sedikit. Sehingga pada mesin Atkinson Cycle jumlah campuran BBM dan udara yang terkompresi lebih minimal jadi lebih irit dan pas dengan karakter mesin hybrid yang efisien karena juga dibantu dengan motor listrik.

Gambar ban dan pelek Toyota Corolla Cross 2020

Tenaga dan torsi tersalur seluruhnya ke dua roda depan

Meskipun efek samping dari siklus Atkinson ini dapat menyebabkan penurunan torsi di putaran bawah bila dibandingkan dengan siklus Otto. Dan juga, sebagai informasi untuk membuat mesin dengan siklus Atkinson ini lebih rumit daripada siklus Otto, makanya tak heran harga mesin Atkinson lebih mahal. Untuk figur tenaga dan torsi lengkap Toyota Corolla Cross 2020 ini Anda bisa lihat di tabel yang juga kami sertakan.

Gambar Toyota Corolla Cross 2020 sedang berjalan

TNGA menjamin kedinamisan berkendara

Kedua varian ini juga menggunakan layout penggerak roda depan, yang disalurkan via transmisi CVT. Perbedaannya jelas untuk versi bensin pakai transmisi CVT-i yang dapat dipindahkan secara virtual hingga 7-percepatan, sedangkan varian hybrid mengandalkan E-CVT yang tidak menggunakan belt maupun puli rasio, tetapi pakai motor listrik yang bekerja layaknya CVT. O ya, rancang bangun TNGA menjamin mobil ini fun to drive.

>>> Tidak Hanya Sasis, Kenali Lebih Dalam Konsep TNGA

Spesifikasi Toyota Corolla Cross 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Corolla Cross 2020.

Mesin Toyota Corolla Cross 2020

Seri mesin

 Hybrid: 2ZR-FXE, 4-silinder, Hybrid, Atkinson Cycle, Dual VVT-i

 Bensin: 2ZR-FBE, 4-silinder, Dual VVT-i

Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 Hybrid: Total 122 Ps (98 Ps engine output + 24 Ps electric motor)

 Bensin: 140 Ps @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 Hybrid: Total 305 Nm (142 Nm engine output + 163 Nm electric motor)

 Bensin: 177 Nm @ 4.000 rpm

Tipe Baterai (Hybrid)

 Nickel-metal Hydride (201,6 Volt, 28 Module, 168 Cells)

Tipe Motor Listrik (Hybrid)

 Synchronous Motor with Permanent Magnet

Kapasitas Baterai (Hybrid)

 6.5 Amr (3hr)

Kapasitas Silinder

 1,798 cc

Bore X Stroke

 80.5 mm X 88.3 mm

Tipe Transmisi & Penggerak

 Hybrid: E-CVT with Shift Lock (FWD)

 Bensin: CVT-i 7 Speed with Sequential Shift and Shift Lock (FWD)

Rangka Toyota Corolla Cross 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4,460 mm X 1,825 mm X 1,620 mm

Jarak Sumbu Roda

 2,640 mm

Ground Clearance

 161 mm

Kapasitas Tangki

 Hybrid: 36 Liter

 Bensin: 47 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Corolla Cross 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Macpherson Strut with Stabilizer

 Belakang: Torsion Beam with Stabilizer

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Toyota Safety Sense

Teknologi Safety Sasis

 Toyota New Global Architecture

Struktur Sasis

 Monokok TNGA-C, SUV C-Segment

Pelek

 Hybrid: Alloy, 18 Inch

 Bensin: Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Hybrid: Radial, 225/50R18

 Bensin: Radial, 215/60R17

Daftar Harga Toyota Corolla Cross 2020

Gambar tampilan depan Toyota Corolla Cross 2020

Corolla Cross dijual mulai Rp 450 jutaan

Toyota Corolla Cross Hybrid:

  • Hybrid Premium Safety  harganya    1,199,000 THB atau sekitar Rp 551.962.167
  • Hybrid Premium             harganya    1,089,000 THB atau sekitar Rp 501.323.436
  • Hybrid Smart                  harganya    1,019,000 THB atau sekitar Rp 469.098.789

 

Toyota Corolla Cross:

            1.8 Sport                       harganya         989,000 THB atau sekitar Rp 455.288.226

Kesimpulan Toyota Corolla Cross 2020

Gambar ilustrasi kesimpulan review Toyota Corolla Cross 2020

Semoga Corolla Cross yang masuk Indonesia sudah 7-seater

Toyota Corolla Cross 2020 ini merupakan mobil yang harus diwaspadai para kompetitornya jika sudah masuk Indonesia. Sebab, ia memiliki senjata yang cukup lengkap, mulai dari tampilan menawan, mesin bertenaga namun irit, hingga rancang bangun TNGA yang menjamin kedinamisan berkendara. Satu yang mampu menjegal Toyota Corolla Cross ini untuk menjadi penantang juara bertahan adalah ketiadaan varian 7-seater. Meski begitu, kita masih boleh berharap, semoga saja Corolla Cross 2020 yang masuk Indonesia sudah menganut konsep SUV 7 penumpang.

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017: Cikal Bakal Corolla Sporty Di Indonesia

Rp. 456.600.000

27/05/2020

Editor rate:

Corolla dikenal sebagai sedan medium yang nyaman, sejak 2014 hingga 2017 Corolla jadi berkarakter sporty. Mari simak ulasan Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Corolla Altis 2.0 2010, Facelift Generasi Kedua Toyota Corolla Altis

08/05/2018

Editor rate:

Toyota Corolla Altis 2010 merupakan edisi facelift dari generasi kedua mobil ini. Sebelumnya generasi kedua mobil ini mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2008 silam. Dengan tema ‘Surpassing Performance’, edisi facelift generasi kedua ini memiliki performa yang jauh lebih baik tanpa mengurangi kenyamanan yang diberikan oleh mobil ini. Untuk tahu lebih jelas, simaklah spesifikasi Toyota Corolla Altis 2.0 2010.

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2014, Wajah Baru Sedan Terlaris Di Dunia

14/05/2018

Editor rate:

Memasuki tahun 2014, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Toyota Corolla Altis 2014 generasi ketiga. Menggunakan versi Corolla global yang memiliki platform berbeda dengan Toyota Corolla Axio di Jepang, juga berbeda wajah dengan versi Amerika. Berikut ini spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2014.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

13/09/2019

Editor rate:

Generasi keempat Toyota Corolla Altis kini siap hadir ke Indonesia membawa dua inovasi besar-besaran. Inovasi ini ialah teknologi mesin hybrid dan arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah dua inovasi ini siap membawa sedan medium Jepang ini menjadi salah satu penantang penting di pasar mobil baru di Indonesia?

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Pakai Teknologi Toyota Terkini, Tapi Tetap Pertahankan Jati Diri

12/09/2019

Editor rate:

Sudah empat generasi Toyota Corolla Altis hadir di Indonesia, yang mana secara silsilah keturunan Corolla global sudah masuk generasi ke 12. Bagaimana ikon sukses mobil Toyota ini menghadapi tuntutan zaman yang semakin mengarah interaksi modern, feeling berkendara yang lebih emosional, tapi tetap tidak hilang dari jati diri sang mobil tersukses di dunia ini?

Lihat juga