Toyota Akan Kembangkan Model Berbasis Suzuki Baleno

08/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Toyota Akan Kembangkan Model Berbasis Suzuki Baleno
Maruti Baleno akan menjadi model perdana hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota di India. Apakah akan mengulangi kisah Toyota Etios Valco?

Perjanjian kerjasama ini juga mencakup pengembangan powertrain terbaru dan pemanfaatan fasilitas manufaktur Suzuki dan Toyota di India. Menurut laporan seorang sumber yang diwawancarai oleh LiveMint, sumber tersebut mengatakan bahkan markas besar Suzuki dan Toyota di Jepang sudah memberikan lampu hijau bagi Maruti Baleno untuk menjadi produk lintas merek pertama kesepakatan ini.

render model Toyota berbasis Suzuki Baleno

Seperti ini kita-kira bentuk produk Toyota berbasis Suzuki Baleno (sumber: Indianautosblog.com)

Sumber dari Livemint mengungkapkan, "Keputusan telah diambil oleh kedua markas di Jepang dan kendaraan pertama yang akan diluncurkan adalah Baleno. Perubahan yang akan dibuat telah disetujui juga dan kedua perusahaan telah memutuskan pada jumlah kendaraan yang akan disediakan."

>>> Daihatsu dan Toyota bekerjasama garap produk kolaborasi ke-5

Suzuki Motor Company (SMC) yang memiliki pabrik produksi di Gujarat, India yang membuat Maruti Baleno kemungkinan akan memasok sekitar 20.000 – 25.000 unit hatchback premium setiap tahun kepada Toyota. Toyota lalu akan menjual kendaraan melalui jaringan dilernya.

Pengembangan termasuk pada perubahan yang akan diberikan kepada Baleno versi baru ini juga sudah disetujui oleh kedua belah pihak. Suzuki Baleno akan dirancang ulang untuk bumper sporty serta grille yang baru untuk memberikan kesan desain Toyota pada kendaraan.

>>> Berita pasar mobil dalam dan luar negeri terlengkap hanya ada di sini

Gambar yang menunjukan bagian dalam mobil baru Maruti Baleno

Bagian dalam diprediksi akan lolos dari perubahan

Saat ini, masih belum ada kejelasan lebih lanjut tentang perubahan pada bagian dalam. Meskipun Indianautosblog memprediksi tidak ada modifikasi pada mesin atau bagian dalam dari Baleno. Pasar mobil penumpang di India, terlebih segmen mobil kompak lebih mengarah pada model bensin karena kecenderungan perubahan peraturan emisi India pada tahun 2020 nanti.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan informasi lebih lanjut di sini

Peluncuran Baleno keluaran Toyota ini diharapkan akan mencapai pasar pada kuartal pertama tahun fiskal selanjutnya, yaitu pada April – Juni 2019. Suzuki diperkirakan akan mengumumkan investasi sebesar USD 1 Miliar di pabrik Toyota Kirloskar Motor (TKM) di kota Bidadi yang terletak di provinsi Karnataka, India untuk produksi kendaraan.

Gambar yang menunjukan pabrik Toyota di kota Bidadi, India

Suzuki akan melakukan investasi kepada pabrik Toyota di kota Bidadi

Kolaborasi antar kedua perusahaan asal Jepang ini berawal pada bulan Maret tahun ini. Suzuki diperkirakan juga akan memasok kendaraan listriknya, Vitara Brezza kepada Toyota di masa depan. Sebagai imbalannya, Toyota diprediksi akan memasok sedan Corolla untuk dijual di diler Maruti.

Apakah sosoknya akan dijual di Indonesia sebagaimana Toyota Etios Valco?

>>> Klik sini untuk update berita otomotif menarik yang hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top