Daihatsu dan Toyota Sedang Garap Produk Kolaborasi ke-5

07/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Daihatsu dan Toyota Sedang Garap Produk Kolaborasi ke-5
Kabar tentang keberadaan produksi kolaborasi terbaru Daihatsu dan Toyota akhirnya mendapatkan titik terang dalam pameran Gaikindo Indonesia International Motor Show 2018.

Beberapa hari sebelum GIIAS 2018 diselenggarakan, pecinta otomotif disibukan dengan informasi rencana kolaborasi ke-5 dari Daihatsu dan Toyota. Setelah menutup rapat konfirmasi model baru, PT Astra Daihatsu Motors (ADM) akhirnya angkat bicara setelah ditemui pada ajang tahunan tersebut.

Ketika diwawancarai oleh CNNIndonesia, Wakil Presiden Direktur PT ADM, Pongky Wibowo, mengungkapkan, "Di mana ini membuat produk yang kompak. Nah kami akan bangun kolaborasi bersama Toyota sebagai Toyota Group."

Gambar yang menunjukan booth Daihatsu pada GIIAS 2018

Daihatsu sebelumnya dipercaya akan mengembangkan produk kolaborasi ke-5 dengan Toyota

>>> Toyota tampilkan kendaraan elektrifikasi pada GIIAS 2018

Sebelumnya, Toyota Motors Corporation telah sepenuhnya memiliki Daihatsu Motor Company pada 2016 lalu. Pembelian tersebut menghasilkan pembentukan perusahaan internal Emerging-market Compact Car Company (ECCC) yang beroperasi di negara berkembang.

Salah satu tugas dari ECCC adalah menghasilkan kendaraan baru dengan memanfaatkan basis produksi Daihatsu yang kualitasnya dikontrol Toyota. Sejak 2003 hingga 2016, kerjasama Toyota dan Daihatsu telah menghasilkan nama-nama populer di pasar otomotif Indonesia, seperti Avanza-Xenia, Agya-Ayla, Calya-Sigra, serta Rush-Terios.

>>> Ingin membeli mobil Daihatsu terbaru? Dapatkan informasi terlengkap hanya di sini

Gambar yang menunjukan mobil baru Daihatsu Sigra pada GIIAS 2018

Daihatsu Sigra yang dipamerkan pada GIIAS 2018

Meskipun sudah memberikan sedikit kisi-kisi tentang produk terbaru, Pongky masih membatasi informasi pengembangan model tersebut. "Kami masih dalam proses, jadi ada banyak hal. Pokoknya kami masih tetap pelajari dan bahwasanya konsep apa yang akan kami pakai tentunya akan disampaikan di hari 'H'," kata Pongky.

>>> Berita pasar mobil terlengkap hanya ada di sini

Pongky menyebutkan rencana investasi memang sudah dilakukan walaupun belum sampai tahap finalisasi dengan produksi dianggarkan pada pabrik Daihatsu di Indonesia. Masalah yang dihadapi yaitu semua pabrik Daihatsu di Indonesia telah melebihi kapasitas karena dibanjiri produksi dari produk kolaborasi sebelumnya.

Gambar yang menunjukan mobil konsep Daihatsu DN Multisix pada GIIAS 2017

Daihatsu DN Multisix yang diperkenalkan pada GIIAS tahun lalu

Kabar yang beredar adalah konsep model baru Toyota-Daihatsu tersebut bakal masuk dalam segmen menengah ke bawah dengan konfigurasi jok tiga baris. Prediksinya, produk baru ini akan mengambil konsep Daihatsu DN Multisix yang pernah dipamerkan pada GIIAS tahun lalu.

>>> Berita dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top