Tol BORR Simpang Yasmin-Simpang Semplak Mulai Beroperasi

02/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga resmi mengoperasikan jalan Tol BORR Simpang Yasmin-Simpang Semplak mulai Sabtu, 30 Januari 2021 sekaligus memberlakukan tarif baru untuk tol lama.

Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi 3A (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) sepanjang 3 km resmi beroperasi mulai 30 Januari 2021 pukul 00.00 WIB dan langsung berbayar. Demikian diunggah PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) dalam IG-nya @JasamargaMetropolitan. Pengoperasian ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.07/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA (Simpang Yasmin-Simpang Semplak).

“Selamat Malam Kawan JM, ada kabar gembira nih untuk kalian, khususnya untuk Kawan JM yang berada di Bogor dan sekitarnya. Mulai 30 Januari 2021 Pukul 00.00 WIB Ruas Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi III A (Ruas Simpang Yasmin - Simpang Semplak) yang merupakan jalan tol layang (Elevated Toll Road) akan mulai dioperasikan.” tulis JMT belum lama ini.

>>> Pemerintah Gagas Kecepatan Minimal di Jalan Tol 66 Km/Jam

Tarif baru Tol BORR

Foto seorang petugas sedang membersihkan rambu-rambu jalan Tol BORR

Pengoperasian Seksi 3A Tol BORR mundur dari target akibat pandemi

Di hari yang sama juga dilakukan penyesuaian tarif ruas yang sudah beroperasi, sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Bogor Ring Road. Tarif baru ini naik namun tetap menggunakan skema sama dengan sebelumnya, yaitu 3 tarif untuk 5 golongan kendaraan.

Adapun nominal kenaikannya mulai Rp 4,000 hingga Rp 8.000. Kendaraan Golongan I dari Simpang Sentul menuju Simpang Semplak dari sebelumya Rp 10.000 menjadi Rp 14.000. Kendaraan Golongan II/III naik dari sebelumnya Rp 15.000 menjadi Rp 21.000. Dan kendaraan Golongan IV/V naik dari sebelumnya Rp 20.000 menjadi Rp 28.000. Untuk asal tujuan Cibadak-Kayu Manis menjadi Rp 5.000 untuk kendaraan Golongan I, Rp 7.500 untuk kendaraan Golongan II/III, dan Rp 10.000 untuk kendaraan Golongan IV/V.

Tol BORR Simpang Yasmin-Simpang Semplak

Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak merupakan salah satu bagian dari jalan tol BORR sepanjang 11,4 kilometer. Jalan tol ini diproyeksikan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Bogor, terutama di Jalan Sholeh Iskandar. Selain itu juga diharapkan dapat memperlancar mobilisasi masyarakat dan ekonomi Bogor sebagai kota penyangga Jakarta.

Dengan beroperasinya Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak ruas Tol BORR yang telah beroperasi kini bertambah panjang. Sebelumnya ruas lain sudah beroperasi lebih dulu yaitu Seksi 1 Sentul-Kedung Halang (3,85 Km), Seksi 2A Kedung Halang-Kedung Badak (1,95 Km), Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin (2,65 Km). Adapun satu Seksi lagi, yaitu Seksi 3B Simpang Semplak - Junction Salabenda, sepanjang 2,5+ Km masih tahap persiapan. Ruas terakhir ini direncanakan dibangun pada tahun 2022.

>>> Tinggal di Bogor, temukan mobil favoritmu di sini!

Foto Tarif Tol BORR

Tarif Tol BORR naik beberapa ribu rupiah

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top