Tol Bali Mandara, Penghubung Segitiga Emas Pulau Bali

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Tol Bali Mandara, Penghubung Segitiga Emas Pulau Bali
Jalan Tol Bali Mandara sukses menghubungkan kawasan segitiga emas Pulau Bali. Apa yang menarik dari salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia ini?

Indonesia kaya akan budaya dan keindahan. Tak memandang keindahan itu bersifat alami atau hasil rekayasa, karya yang disuguhkan membuat banyak orang berdecak kagum. Salah satunya Tol Bali Mandara. Jalan tol ini menjadi terkenal karena dibangun di atas air untuk menghubungkan segitiga emas Pulau Bali, yakni yaitu Pelabuhan Benoa - Denpasar, Bandara International Ngurah Rai - Badung, dan Nusa Dua.

Foto menunjukkan Tol Bali Mandara tampak dari udara

Tol Bali Mandara, penghubung segitiga emas Pulau Bali Pelabuhan Benoa - Denpasar, Bandara International Ngurah Rai - Badung, dan Nusa Dua

Fakta-Fakta Tol Bali Mandara

Unik dan indah, menjadikan jalan tol ini destinasi wisata baru bagi pengendara kendaraan bermotor. Bukan untuk melakukan selfie foto, tapi untuk merasakan sensasi berkendara di atas air laut. Apalagi yang menarik, berikut fakta-fakta Tol Bali Mandara.

1. Pembangunan hanya 14 bulan

Proyek pembangunan Tol Bali Mandara dimulai pada bulan Maret 2012 dan selesai bulan Mei 2013 dengan mengusung konsep Green, Strong, and Beauty Toll Road. Sedangkan untuk peresmiannya dilakukan pada 23 September 2013 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Nama Mandara diberikan Presiden SBY saat peresmian, yang berarti "Maju, Aman, Damai, dan Sejahtera".

2. Panjang 12,7 Km

Foto Tol Bali Mandara tampak dari udara

Tol Bali Mandara, tol atas air terpanjang di Indonesia

Dengan panjang 12,7 Km jalan Tol Bali Mandara adalah tol di atas air terpanjang di Indonesia. Tol dilengkapi dengan 3 pintu keluar/masuk dan 1 Simpang Susun, yaitu Ramp Denpasar, Ramp Ngurah Rai, Ramp Nusa Dua, dan Simpang Susun Benoa. Jalan tol ini sekaligus menjadi pelengkap akses jaringan jalan di Pulau Bali sehingga mempermudah akses ke pelabuhan maupun kawasan wisata Bali yang lain.

>>> Mengenal Jiaozhou Bay Bridge, Salah Satu Tol Laut Terpanjang di Dunia

3. Punya Jalur Sepeda Motor

Ada yang unik, Jalan Tol Bali Mandara manjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor. Letaknya berada di sisi kiri dan kanan bahu jalan. Sebagaimana mobil harus membayar tarif tol, sepeda motor juga dikenakan tarif tol yaitu Golongan VI.

Foto sepeda motor melintas di jalan Tol Bali Mandara

Satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur motor

4. Dipantau 24 jam

Demi kelancaran dan keamanan berkendara, Tol Bali Mandara dipasang alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara guna menghindari resiko kecelakaan.

Selain itu ada banyak CCTV yang on selama 24 jam dalam memantau pergerakan kendaraan. Jika sewaktu-waktu ada kendaraan yang mogok, layanan derek tol segera datang dan memberikan layanan secara gratis hingga gerbang tol terdekat.

>>> Wah, Mengganti e-Toll Saat Masuk dan Keluar Bisa Kena Denda Jutaan Rupiah

Foto menunjukkan Gerbang Tol Benoa

Foto menunjukkan Tarif Tol Bali Mandara yang berlaku mulai 31 Januari 2020

Tarif Tol Bali Mandara, berlaku mulai 31 Januari 2020

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top