Ternyata Balap Mobil Pernah Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade!

31/07/2021

Pasar mobil

2 menit

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 hingga Olimpiade Tokyo 2020, ternyata balap mobil pernah hadir sebagai salah satu cabang olahraga Olimpiade.

Olimpiade Tokyo 2020 memang menyertakan berbagai cabang olahraga yang menarik. Tapi tahukah Anda bahwa pernah ada balap mobil yang sempat dimasukkan ke dalam Olimpiade. Tepatnya pada Olimpiade kedua yang diadakan di Prancis mulai dari 14 Mei hingga 28 Oktober 1900.

Dipertandingan dalam Olimpiade

Percaya atau tidak, balap mobil pernah menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade Musim Panas 1900. Namun yang menarik adalah 14 balapan diadakan bersamaan dengan World’s Fair 1900, yang mengakibatkan kompetisi tersebut memiliki status tak resmi sebagai bagian dari Olimpiade.

Olimpiade Paris 1900 dengan cabar olahraga panahan
Olimpiade kedua tahun 1900 yang diselenggarakan di Paris, Prancis

>>> [INFOGRAFIK] Rangkaian Mobil Khusus Olimpiade 1988 Hingga 2016

Komite Olimpiade Internasional pun tak pernah memutuskan balapan mana dari 14 pertandingan tersebut yang masuk sebagai bagian dari Olimpiade. Karena balap mobil tak pernah dimasukkan lagi ke dalam Olimpiade, sejarawan menganggap pertandingan tersebut lebih sebagai eksibisi dibandingkan cabang olahraga yang sah.

Hanya saja, pemenang kompetisi tersebut masih mendapatkan medali dari 14 kelas berbeda yang dipertandingkan. Karena entri yang terdaftar adalah pabrikan, dan bukan pembalap, makanya medali diberikan kepada pembuat mobil yang memenangkan perlombaan.

>>> Mobil Futuristik Toyota LQ Unjuk Gigi di Olimpiade Tokyo 2020

Catatan Balapan Hilang

Sayangnya, tidak ada pencatatan resmi, sehingga sebagian besar nama pemenang dan peserta balapan telah hilang ditelan waktu. Tapi sebagian besar pemenang adalah pabrikan Prancis, kecuali pemenang kategori truk pemadam kebakaran dimenangkan oleh pabrikan asal Amerika.

Satu-satunya pemenang yang diketahui adalah Louis Renault yang memenangkan balapan Paris-Toulouse-Paris dengan mobil kecil. Sedangkan nama lainnya yaitu Alfred Velghe yang menjadi pemenang di balapan yang sama menggunakan mobil dengan kelas yang lebih besar.

balap mobil tahun 1900 dari mobil klasik
Balap mobil sudah dilakukan sejak awal terciptanya mobil

Kategori lainnya yang dilombakan termasuk balap mobil dua tempat duduk yang dipisahkan menjadi dua kategori berat mobil. Mobil yang lebih ringan dipisahkan menjadi dua balapan lainnya. Ada pula kelas empat tempat duduk, lima tempat duduk, taksi berbahan bakar bensin, taksi bertenaga listrik, van bertenaga listrik, truk kecil, truk, dan truk pemadam kebakaran.
 
Di era modern saat ini, balap mobil pernah tidak dianggap sebagai olahraga Olimpiade karena meski pembalap juga disebut sebagai atlet, namun sebagian besar balapan bergantung pada peralatan, yaitu mobil balap yang digunakan. Apalagi persiapan untuk balapan lebih kompleks dibandingkan cabang olahraga lainnya.

>>> Dapatkan harga mobil populer Toyota terbaru dan promo 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top