Duel Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla 1.0, Pilih Mana?

10/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dengan mesin 1.000 cc Daihatsu Ayla 1.0 bisa jadi lawan Suzuki S-Presso yang punya mesin sepadan. Mari kita lihat siapa yang lebih layak dipilih antara keduanya

Nama Suzuki S-Presso telah terdaftar sebagai paten pada situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Hal ini mengindikasikan mobil mungil tersebut segara dijual di Tanah Air.

Foto menunjukkan Suzuki S-Presso tampak samping depan

SUV murah Suzuki segera dijual di Indonesia

Meski masih sebatas rumor, kehadirannya sangat menarik. S-Presso bakal menghadapi banyak lawan yang sama-sama dibekali mesin 1.000 cc. Seperti Daihatsu Ayla 1.0 yang saat ini menjadi varian paling murah dari mobil murah kembaran Toyota Agya itu.

Nah, siapa yang lebih layak dipilih? Mari kita lihat perbedaan Suzuki S-Presso dengan Daihatsu Ayla 1.0, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dimensi

Suzuki S-Presso memiliki ukuran panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.564 mm dengan jarak sumbu roda 2.380 mm dan ground clearance 180 mm. Sedangkan Ayla 1.0 memiliki ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm dengan jarak sumbu roda 2.455 mm dan ground clearance 180 mm.

Bisa dilihat keduanya sama-sama kurang dari 4 meter. Namun S-Presso lebih kompak. Adapun S-Presso lebih tinggi karena mobil ini merupakan mini SUV. Sedangkan Ayla murni hatchback.

>>> Cocok Untuk Millenial Ini Keunggulan Daihatsu Ayla

Foto Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe tampak samping depan

Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe facelift 2020 tidak banyak berubah dari sebelumnya

Eksterior

Sebagai mini SUV S-Presso punya desain SUV khas Suzuki. Fascia depannya terlihat kokoh mengotak meski tidak banyak sudut bergaris tegas. Interior samping dan belakangnya juga serasi dengan bagian depan.

Yang sedikit kurang oke adalah ban berukuran 165/70 R14. Akan lebih menarik jika menggunakan ban bertapak lebih lebar seperti 175 atau 185.

Versi terbaru Daihatsu Ayla 1.0 yaitu facelift 2020 tidak mengalami banyak perubahan dari facelift sebelumnya tahun 2017. Baik di bagian depan samping maupun belakang.

Satu-satunya yang bikin penampilannya beda adalah penggunaan velg baru warna gunmetal  dengan profil ban 175/65 R14. Tipe 1.0 Deluxe juga lebih sporty dengan body kit warna hitam di beberapa bagian.

Foto bagian depan dan belakang Suzuki S-Presso

Eksterio S-Presso mencirikan sebuah SUV

Interior

Masuk ke bagian kabin, keduanya sama-sama 5 seater untuk akomodasi penumpang dan pengemudi serta bagasi yang sekadar cukup membawa barang bawaan ringan.

Dalam hal desain ada yang sangat unik, yaitu bagian dashboard. Tidak ada cluster meter di balik kemudi Suzuki S-Presso baik digital maupun analog. Layar informasi kendaraan itu diletakkan di bagian tengah atas dashboard di bingkai lingkaran yang benar-benar bundar bersama dengan head unit 17,78 cm.

Sedangkan Daihatsu Ayla 1.0 seperti umumnya mobil lain. Layar MiD ada di belakang kemudi satu frame dengan speedometer dan tachometer. Di bagian tengah ada head unit 2DIN, kisi-kisi AC dan pengaturan AC berupa knop putar.

Foto menunjukkan  Interior Daihatsu Ayla 1.0

Interior Daihatsu Ayla varian terendah

Fitur

Suzuki S-Presso dibekali sejumlah fitur kenyamanan, seperti AC dengan heater, head unit layar sentuh 17,78 cm yang sekaligus berfungsi sebagai SmartPlay Studio. Head unitnya juga support Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur keselamatannya meliputi penggunaan platform Heartect, sistem pengereman ABS dan EBD, sensor parkir belakang, pengingat batas kecepatan, pengingat rem parkir, Immobilizer, Child Proof Rear Door Lock, Speed Sensitive Auto Door Lock, dan yang lain.

Foto menunjukkan tampilan unik dashboard Suzuki S-Presso

Tampilan unik interior Suzuki S-Presso

Dalam hal fitur Daihatsu Ayla 1.0 sangat kurang dibanding Suzuki S-Presso. Untuk kenyamanan dan hiburan tidak ada hanya ada Audio 2DIN, CD player, MP3, USB dan AUX. Tidak ada head unit layar sentuh untuk mendisplay video maupun beragam fitur penting lain.

Fitur keselamatannya juga sangat kurang, bahkan fitur paling penting yaitu Airbag SRS juga tidak ada. So, ini akan meningkatkan potensi fatalitas jika terjadi benturan dengan kendaraan atau objek lain.

Performa dan Harga

Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla 1.0 sama-sama menggunakan mesin bensin 1000 cc. Pada S-Presso menghasilkan tenaga 67 HP pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 90 Nm pada 3.500 rpm.

Sedangkan pada Ayla menghasilkan tenaga 64 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 86 Nm pada 3.600 rpm.

Untuk harga, Suzuki S-Presso dijual di India paling mahal 543.500 Rupee atau sekitar Rp 105 jutaan. Sedangkan Daihatsu Ayla 1.0 termahal yaitu X Deluxe MT dijual dengan harga Rp 133.650.000.

>>> Komparasi Suzuki S-Presso vs Karimun Wagon R, Mana yang Lebih Baik?

Foto Suzuki S-Presso warna biru

S-Presso dijual murah di India

Kesimpulan

Dengan mesin 1.000 cc dan harga yang tak jauh berbeda Daihatsu Ayla 1.0 lebih sepadan dikomparasi dengan S-Presso. Tentu pilihan ada pada Anda karena selera itu relatif. 

Setidaknya dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya Anda bisa menentukan mana yang terbaik untuk dibeli. Sayang untuk saat ini Anda hanya bisa memilih Daihatsu Ayla lantaran Suzuki S-Presso belum diluncurkan di Indonesia. 

>>> Cari mobil Suzuki second, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top