Speed Gun, Implementasi dan Manfaat Besarnya Bagi Keselamatan

09/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Speed Gun, Implementasi dan Manfaat Besarnya Bagi Keselamatan
Di balik kepopulerannya sebagai pemantau batas kecepatan kendaraan di jalan tol, Speed Gun punya peran besar terhadap keselamatan pengendara di jalan tol.

Jalan tol memberi kemudahan kepada pengendara mobil saat melakukan perjalanan lewat jalur darat. Terlebih jika jarak yang ditempuh cukup jauh, jalan tol adalah favorit agar perjalanan lancar dan singkat. Konsekuensinya memang ada tarif yang harus dibayarkan, tapi itu senilai dengan manfaat yang didapat.

Foto menunjukkan batas kecepatan di jalan tol

Jalan tol, jalur favorit untuk perjalanan darat jarak jauh

Memiliki banyak kelebihan, keberadaan jalan tol memicu masalah lain terutama yang berkaitan dengan penggunanya. Jalan tol menjadi tempat favorit bagi pengendara untuk melanggar batas kecepatan. Seperti diketahui batas kecepatan maksimal di jalan tol adalah 100 km/jm. Di beberapa ruas malah lebih rendah, kecepatan dibatasi maksimal 80 km/jam ditandai dengan adanya rambu-rambu di sisi kiri jalan. Namun faktanya, mayoritas pengguna jalan tol yang lalu lintasnya lengang memacu kendaraan jauh melebihi kecepatan tersebut.

Ini pula salah satu yang jadi perhatian pemerintah dan kepolisian untuk melakukan tindakan pencegahan, karena selain melanggar aturan, pontensi bahaya yang ditimbulkan bisa sangat besar dan fatal. Sudah sering terjadi kasus kecelakaan di jalan tol dipicu pengemudi yang gagal mengendalikan kendaraannya karena melaju kencang.

>>> Pahami, Ini Dampak Negatif Melanggar Batas Kecepatan di Jalan Tol

Speed Gun

Foto menunjukkan proses Uji Coba Speed Gun

Polisi serius pantau kecepatan berkendara di jalan tol

Sejak Maret 2016 Ditlantas Polda Metro Jaya mulai menggunakan Speed Gun untuk memantau kecepatan pengguna tol. Perangkat berbasis teknologi canggih ini dikenal akuran mengukur kecepatan kendaraan yang sedang melaju dengan cepat, khususnya di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Menyusul di belakang Ditlantas Polda Metro Jaya, Dirlantas Polda wilayah lain pun menerapkan perangkat yang sama untuk memantau kecepatan kendaraan di jalan raya.

Dijelaskan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), (5/3/2020) Speed Gun pada dasarnya memiliki prinsip kerja menggunakan frekwensi dan gelombang suara seperti radar. Seiring dengan perkembangan teknologi, alat ini telah menggunakan teknologi laser dengan cara mengukur waktu pergi pulang cahaya untuk mencapai suatu objek dan memantulkan kembali. Sehingga menjadikan alat ini tepat dan akurat menangkap kecepatan kendaraan yang melintas.

Manfaat Besar Penggunaan Speed Gun

Penggunaan Speed Gun untuk memantau kecepatan kendaraan memiliki andil besar dalam penegakan aturan berkendara. Pengendara yang terdeteksi melebihi batas kecepatan maksimal bisa dikenakan tindakan tilang sesuai aturan yang berlaku.

>>> McLaren Speedtail Jadi Penantang Baru Hypercar 400 km/jam

Foto menunjukkan salah satu model Speed Gun

Speed Gun, banyak dijual di pasaran

Sanksinya, sebagaimana disebut dalam Pasal 287 Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ayat (5) adalah dipenjara 2 bulan atau didenda sebesar Rp500 ribu.

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf g atau Pasal 115 huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)."

Lebih dari penegakan aturan di atas, Speed Gun berperan dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menekan fatalitas kecelakaan yang disebabkan pengendara kehilangan kontrol kendaraan yang melaju kencang.

>>> Klik sini untuk lanjut update berita hot tentang pasar otomotif 

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman sebenarnya sudah ditetapkan dalam peraturan lalu lintas. Selain aman untuk pengemudi, menjaga kecepatan saat berkendara juga baik untuk kendaraan tersebut.

Lihat juga

Tanpa ABS, Begini Teknik Mengurangi Kecepatan Yang Aman Saat Musim Hujan

10/12/2019

Pengemudian

4 menit

Fitur Anti-Lock Braking System (ABS) kini menjadi standar di banyak mobil modern, dan sangat memudahkan pengemudi kala melakukan pengereman. Namun, bagaimana cara mengurangi kecepatan yang aman jika mobil Anda tidak dilengkapi ABS?

Lihat juga

Penting untuk Anda Ketahui, Aturan Batas Kecepatan di Jalan

28/11/2019

Pengemudian

3 menit

Bagi Anda pengguna jalan raya, mengendarai kendaraan bermotor jangan sembarangan karena aturan mengenai batas kecepatan sudah disahkan secara hukum, jika melanggar tentunya akan ada sanksi yang akan dikenakan. Tidak ingin terjadi terhadap Anda, simaklah tips di bawah ini.

Lihat juga

Garmin MARQ Driver: Smartwatch Canggih Bagi Para Pemuja Kecepatan

24/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Setelah merilis line-up smartwatch untuk keperluan outdoor dan aviasi, Garmin merilis MARQ Driver, smartwatch yang mampu menjadi sahabat para petrolhead saat melakukan track day di 250 sirkuit ternama dunia

Lihat juga

Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

03/03/2020

Pengemudian

5 menit

Lokasi tilang elektronik terus bertambah, yang tentunya diharapkan turut meningkatkan kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Karena jika terekam kamera CCTV serta terbukti melanggar peraturan lalu lintas, Anda tak mungkin lagi mengelak.

Lihat juga