McLaren Speedtail Jadi Penantang Baru Hypercar 400 km/jam

30/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
McLaren Speedtail Jadi Penantang Baru Hypercar 400 km/jam
Tidak banyak mobil yang dapat menyentuh kecepatan 400 km/jam, maka dari itu beberapa hypercar yang masuk ke dalam kategori tersebut sangatlah spesial. Yang terbaru, McLaren Speedtail mencatatkan kecepatan puncak 403 km/jam.

Jika berbicara soal hypercar 400 km/jam, tentu mobil pertama yang terlintas dalam pikiran kita adalah Bugatti Chiron dan Koenigsegg Regera. Atau jika Anda cukup update, Aspark Owl jadi mobil pertama yang mampu melesat hingga 400 km/jam.

>>> Review McLaren Speedtail bisa Anda lihat di sini

Ketiga mobil ini kini mendapatkan lawan baru, yakni McLaren Speedtail. Dalam sebuah pengetesan di Kennedy Space Center di Florida, versi purwarupa hypercar Inggris itu dipacu oleh mantan pembalap IndyCar yang kini jadi pembalap tes McLaren, Kenny Brack.

McLaren Speedtail sedang melakukan tes kecepatan tinggi

McLaren Speedtail tanpa kesulitan menyentuh angka 400 km/jam

Dalam tes tersebut, Speedtail dapat menyentuh angka 400 km/jam tanpa kesulitan, bukan sekali atau dua kali, tapi lebih dari 30 kali sepanjang tes yang dilakukan di landasan pendaratan pesawat ulang-alik luar angkasa Johnny Bohmer Proving grounds. Tes ini juga jadi puncak dari serangkaian program pencatatan top speed yang dilakukan di berbagai tempat di seluruh dunia.

>>> Temukan mobil pilihan Anda di sini

“Sudah sepantasnya program tes kecepatan puncak McLaren Speedtail diakhiri dengan beberapa tes dengan kecepatan puncak di lokasi yang diasosiasikan dengan mendorong batas kinerja ekstrem dan keunggulan teknis,” ujar CEO McLaren Automotive, Mike Flewitt.

“Speedtail adalah mobil yang sangat luar biasa, dan melambangkan semangat McLaren sebagai perintis mobil performa tinggi, dan menggambarkan tekad kami untuk terus membuat patokan baru untuk performa supercar dan hypercar.”

McLaren Speedtail tampak depan sedang melakukan tes kecepatan tinggi

Pengemudi di tengah, rasanya ini bukan kali pertama McLaren membuat mobil dengan layout seperti ini

Dibangun dengan rangka karbon yang ringan namun kuat, Speedtail adalah mobil hybrid bertenaga 1.055 HP dan 1.150 Nm. Dengan performa seperti ini, mobil ini membutuhkan waktu kurang dari 13 detik untuk melesat dari 0-300 km/jam. Dan seperti yang didemonstrasikan dalam tes ini, kecepatan puncaknya adalah 403 km/jam.

>>> Berita mobil baru bisa Anda lihat di sini

McLaren juga mengklaim sistem baterai yang digunakan Speedtail memiliki rasio power-to-weight terbaik di industri otomatis, secara aerodinamika mobil ini adalah mobil McLaren dengan efisiensi drag terbaik yang pernah dibuat. Konsep kabin mobil ini juga dibuat layaknya McLaren F1, yakni dengan memakai layout tiga tempat duduk dengan pengemudi di tengah.

Proses perakitan McLaren Speedtail

Hanya dibuat 106 unit, Speedtail mulai dikirimkan ke pemilik mulai Februari 2020

McLaren Speedtail juga dibuat dalam jumlah terbatas, hanya 106 unit dan dibanderol $ 2.240.000 (setara Rp 31 miliar). Jika Anda menginginkan salah satu mobil ini, siap-siap kecewa karena mobil ini sudah terjual habis. Adapun pengirimannya akan dimulai pada Februari 2020 mendatang.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Bedah Teknologi McLaren Speedtail

31/10/2018

Mobil baru

McLaren Speedtail memang seakan didaulat sebagai McLaren tercepat yang pernah dibuat oleh pabrikan Inggris ini. Berikut ini Tim Cintamobil lakukan Bedah Teknologi McLaren Speedtail.

Lihat juga

McLaren 620R Versi Jalan Raya dari GT4 Buat Konsumen Khusus

27/12/2019

Mobil baru

5 menit

McLaren 620R kabarnya mengadopsi teknologi yang selama ini dipakai pada mobil balap McLaren GT4. Dan sekarang, konsumen setia mereka bisa merasakan semua teknologi itu di jalur kota.

Lihat juga

McLaren Akan Perkenalkan Platform Baru, Termasuk Mesin V6 Hybrid di 2020

06/12/2019

Pasar mobil

3 menit

McLaren akan gunakan platform baru yang mampu mengakomodasi teknologi hybrid terbaru. Selain itu, terselip kabar tentang rumor akan kehadiran SUV McLaren yang sempat ramai diperbincangkan

Lihat juga

Syuting Hobbs & Shaw, ‘The Rock’ Mabuk Kendaraan Naik McLaren 720S

03/08/2019

Pasar mobil

2 menit

Meskipun memiliki perawatan kekar dan tangguh, ternyata Dwayne ‘The Rock’ Johnson masih tidak tahan ketika diajak ngebut bersama McLaren 720S. Hal tersebut diungkapkan oleh sesame bintang Fast & Furious Present: Hobbs & Shaw, Jason Statham.

Lihat juga

McLaren Senna Tebakar Saat Lakukan Lap Eksibisi di Austria

04/07/2019

Pasar mobil

5 menit

Sebuah McLaren Senna terbakar saat melakukan lap eksibisi jelang balapan F1 GP Austria Minggu pekan lalu, dan ini bukanlah yang pertama terjadi kepada hypercar asal Britania Raya itu.

Lihat juga

Gordon Murray Siap Bangkitkan McLaren F1 Lewat T.50 Supercar

27/06/2019

Event - Promosi

6 menit

Sukses menciptakan puluhan mobil balap F1 dan supercar McLaren F1, Gordon Murray siap mengubah tatanan dunia supercar menggunakan Gordon Murray Automotive T.50 Supercar yang akan dirilis 2022 mendatang

Lihat juga