Seksi 1 dan 5 Diresmikan, Tol Balikpapan-Samarinda Beroperasi Penuh

25/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda kini bisa dinikmati warga Kalimantan Timur dan sekitarnya secara penuh usai diresmikannya Seksi 1 dan 5 pada Selasa, 24/8/2021.

Presiden Joko Widodo meresmikan Seksi 1 dan 5 Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Kalimantan Timur, pada Selasa, (24/8/2021).

Peresmian ini menandai berakhirnya pembangunan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut sekaligus dimulainya operasional secara penuh karena tiga seksi yang lain sudah beroperasi sejak Desember 2019.

Foto Peresmian jalan Tol Balikpaan-Samarinda

Jalan tol pertama di Kalimantan diresmikan dan beroperasi penuh

“Sore hari ini alhamdulillah telah selesai seluruh ruas jalan Tol Balikpapan Samarinda sepanjang 97,3 Km, telah tuntas dikerjakan.” kata Presiden dalam sambutannya, di Balikpapan, (24/8/2021).

“Ini menjadi momen bersejarah bagi kita, karena Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Capaian yang patut kita syukuri, karena pembangunan infrastruktur tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di Pulau Sumatra, tetapi juga merata ke pulau-pulau yang lain.” lanjutnya.

Tingkatkan kegiatan ekonomi

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, keberadaan jalan Tol Balikpapan-Samarinda diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kalimantan Timur dan sekitarnya.

“Dengan diresmikannya dua seksi baru ini maka akan menjadi pelengkap dari keseluruhan seksi yang ada di Ruas Tol Balikpapan-Samarinda. Kehadiran Seksi Balikpapan-Samboja tentu akan memberikan dampak positif seperti distribusi barang dan jasa yang menjadi lebih lancar, mengingat Balikpapan merupakan kota pelabuhan yang sibuk di Kalimantan Timur,” kata Heru, dalam keterangan resminya di laman Jasa Marga.

>>> Pertama Kali Berkendara di Jalan Tol? Lakukan Tiga Hal Ini

Foto Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Ada jalan tol, waktu tempuh Balikpapan-Samarinda menjadi lebih cepat

Tol Balikpapan-Samarinda

Jalan Tol Balikpapan-Samarindah (Balsam) menjadi salah satu persiapan dari rencana Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru di tanah air. Tol ini memiliki panjang hampir 100 Km serta terhubung langsung dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan.

Pembangunannya dibagi menjadi 5 seksi, yaitu:

  • Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 Km),
  • Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 Km),
  • Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km),
  • Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 Km)
  • Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 Km).

Sebagai penunjang kenyamanan terdapat dua rest area tipe A yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business (JMRB), masing-masing rest area berada di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda. Pengendara bisa memanfaatkannya untuk beristirahat dan memenuhi kebutuhan lain. Sebagai rest area tipe A, keduanya memiliki fasilitas lengkap, meliputi bengkel, resto, kios, ATM, pengisian e-Toll, toilet, klinik kesehatan, minimarket, masjid/musholla, SPBU, ruang terbuka hijau, parkir luas dan lainnya.

>>> Jalan Tol BalSam Diresmikan, Ibu Kota Baru Punya Tol Pertama

Foto Peta Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Tol Balsam hampir 100 Km dari Balikpapan ke Samarinda

>>> Tinggal di Kota Balikpapan, temukan mobil impianmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top