Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Diresmikan, Ibu Kota Baru Punya Tol Pertama

19/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Diresmikan, Ibu Kota Baru Punya Tol Pertama
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 2, 3 dan 4 sepanjang 58,47 Km sebagai jalan tol pertama di ibu kota baru Indonesia.

Operasional jalan tol baru di Indonesia bertambah. Usai peresmian Tol Kunciran-Serpong pada 6 Desember 2019 dan Tol Jakarta Cikampek II Elevated pada 12 Desember 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berlanjut meresmikan jalan Tol Balikpapan-Samarinda pada 17 Desember 2019. Ruas jalan yang diresmikan yaitu Seksi 2, 3m dan 4 yang menghubungkan Samboja sampai Samarinda sepanjang 58,7 Km.

Foto menunjukkan Peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Jalan pertama di Kalimantan Timur diresmikan

Presiden meyakini keberadaan jalan tol ini bakal memberi dampak besar terhadap mobilitas masyarakat khususnya yang berada di sekitar Balikpapan dan Samarinda, sekaligus mempercepat konektivitas menuju kawasan ibu kota baru. "Biasanya Balikpapan-Samarinda sebaliknya membutuhkan waktu 3 jam pulang pergi, nantinya cuma satu jam atau satu jam seperempat lebih sedikit, sehingga nanti efisiensi benar-benar didapatkan," kata Presiden dalam peresmian di Gerbang Tol Samboja.

Tol pertama di ibu kota baru

Sebagai catatan, Kalimantan Timur dipilih sebagai calon ibu kota baru oleh Presiden Joko Widodo dengan lokasi di Kabupaten Penajam Paser Utaran dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Berbagai infrastruktur mulai dipersiapkan, termasuk jalan Tol  Balikpapan-Samarinda. Jalan tol pertama di Kalimantan Timur ini punya panjang 99,35 km dan terhubung langsung dengan Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Pembangunannya dibagi menjadi 5 seksi, yaitu:

  • Seksi I Balikpapan-Samboja memiliki panjang 22,03 km,
  • Seksi II Samboja-Muara Jawa 30,98 km,
  • Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,5 km,
  • Seksi IV Palaran-Samarinda 17,95 km, dan
  • Seksi V Balikpapan-Sepingan 11,09 km.

Dengan selesainya Seksi 2, 3 dan 4 sepanjang 58,7 Km, kini tinggal 2 seksi yang masih dalam tahan pengerjaan. Presiden berharap dua seksi ini bisa selesai pada 2020 sehingga akses ke ibu kota baru dari bandara di kedua kota segera tersambung. "Saya minta agar pada 2020 jalan menuju ibu kota baru sudah disiapkan antara jalan Tol Balikpapan-Samarinda, dengan jalan tol ini terhubung dua bandar udara di kedua kota," tutur Presiden.

>>> Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated, Implementasi Kedua Teknologi Sosrobahu

Investasi besar

Foto salah satu ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Tidak hanya mempersingkat akses dua kota, jalan Tol Balikpapan-Samarinda diyakini bakal mendongkrak kegiatan ekonomi baik UMKM, logistik, perkebunan, pertambangan hingga transportasi. Untuk itu semua investasi yang ditanamkan sangat besar.

  • Seksi I dibangun dengan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur sebesar Rp1,5 triliun dan APBN Rp271 miliar.
  • Seksi II, III, dan IV dibangun dengan dana Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu PT Jasa Marga Balikpapan-Samarinda.
  • Sedangkan Seksi V didanai oleh APBN yang berasal dari pinjaman dari pemerintah China sebesar Rp848,55 miliar.

>>> Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Pangkas Waktu Perjalanan Cikunir - Karawang, Ini Yang Harus Anda Perhatikan!

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top