Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Pangkas Waktu Perjalanan Cikunir - Karawang, Ini Yang Harus Anda Perhatikan

18/12/2019

Pengemudian

3 menit

 Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Pangkas Waktu Perjalanan Cikunir - Karawang, Ini Yang Harus Anda Perhatikan
Perjalanan ke arah timur jawa kian menyenangkan berkat adanya jalan tol layang Jakarta Cikampek II ini. Sebelum melewatinya, ini yang harus Anda siapkan.

Gambar menunjukkan jalan tol layang Japek II

Inilah foto drone karya jurnalis foto ANTARA, Risky Andrianto

Jalan tol layang Jakarta Cikampek II (Japek 2) telah selesai diresmikan oleh presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo beberapa hari lalu. Kini, tol sepanjang 36,4 kilometer ini sudah dapat dilewati oleh mobil. Meski membuat perjalanan jadi lebih cepat, karena setelah kami coba dari Jatibening ke Karawang hanya 30 menit saja, namun Anda harus memperhatikan dan menyiapkan hal-hal berikut ini:

>>> Hindari 10 kebiasaan bodoh di jalan tol berikut ini

1. Fisik Prima

Gambar menunjukkan ilustrasi kondisi fisik harus prima saat mengemudi

Kondisi fisik harus prima saat melintasi jalan tol layang jakarta-cikampek II ini

Hal pertama yang harus Anda siapkan ketika melewati jalan tol layang Japek II adalah kondisi fisik yang harus prima. Maklum saja, ketika naik ke jalan tol layang ini, Anda sama sekali tak akan menemukan rest area untuk beristirahat. Pastikan tidak ada rasa kantuk sedikit pun, apalagi sampai ada gejala microsleep. Berhenti untuk beristirahat di bahu jalan juga bukan merupakan hal bijak, karena ukuran bahu jalannya tidak terlalu lebar dan ada resiko ditabrak dari belakang oleh mobil lainnya.

>>> Begini cara mengemudi di jalan off-road

2. Kondisi Mobil

Gambar menunjukkan mesin Toyota Vios dan Yaris

Selain fisik yang prima, kondisi mesin mobil juga harus fit

Kondisi mobil juga harus Anda siapkan saat hendak lewat japek II. Sebab, kondisi jalan yang akan Anda lalui itu bergelombang naik dan turun. Coba lihat foto drone karya jurnalis foto ANTARA, Risky Andrianto yang kami sertakan. Disitu terlihat jelas bahwa kontur jalan tolnya naik dan turun. Jangan lupa cek kondisi tekanan angin ban agar sesuai rekomendasi pabrikan, isi BBM agar cukup, dan pastikan mesin mobil dalam keadaan sehat. Jika sampai mogok akan merepotkan dan sulit mencari bantuan.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas untuk liburan akhir tahun ada disini

3. Taati Peraturan

Gambar menunjukkan kondisi jalan tol layang Jakarta-Cikampek II

Permukaan jalan agak kasar, Anda harus hati-hati

Tak ingin sekadar berteori kami telah mencoba sendiri tol baru ini. Untuk ke arah Cikampek, pisahan pertama ada di setelah pintu gerbang tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Atau Anda bisa juga naik ke jalan tol layang Jakarta-Cikampek II ini via JORR. Anda harus benar-benar menaati peraturan kecepatan maksimum yang telah diumumkan Jasa Marga yakni 80 km/jam. Bukan hanya karena adanya tilang elektronik, tapi untuk keselamatan Anda sendiri.

>>> Ini teknologi yang digunakan untuk jalan tol japek II

Gambar menunjukkan jalan tol Jakarta-Cikampek

Setelah pintu tol JORR arah Cikampek Anda bisa langsung naik tol layang ini

Permukaan jalan masih belum sepenuhnya rata, terutama pada bagian sambungan gelagar jembatan layang. Hal ini membuat pengendaraan tidak terasa nyaman dan jika kecepatan Anda terlalu tinggi, hal ini bisa mengakibatkan mobil kehilangan traksi akibat pantulan pada roda. Selain itu, angin dari samping juga cukup besar yang dapat membahayakan pengendaraan.

>>> Tips dan trik lainnya baca disini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top