Pertama Kali Berkendara di Jalan Tol? Lakukan Tiga Hal Ini

07/01/2020

Pengemudian

3 menit

Pertama Kali Berkendara di Jalan Tol? Lakukan Tiga Hal Ini
Baru pertama kali berkendara di jalan tol? Tentu Anda akan merasa sedikit gugup dan khawatir dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan. Agar menciptakan suasana aman di jalan bebas hambatan untuk Anda dan pengemudi lainnya, apa yang harus diperhatikan?

Jalan tol atau jalan bebas hambatan memang sering kali dianggap sebagai jalur yang cukup menantang untuk para pengemudi pemula. Khususnya karena lalu lintas yang jauh berbeda dibandingkan jalan biasa, khususnya soal kecepatan mobil. Alhasil, jalan tersebut jadi pilihan banyak pengemudi yang ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil sebagai alat transportasi.

>>> Bagi Anda baru pertama kali lewat jalan tol luar kota, ini tips untuk Anda

Tak jarang kecepatan mobil yang melaju di jalan tol di atas rata-rata, hal ini tentu membuat Anda yang baru pertama kali mengendarai mobi di jalan tol gugup. Anda dan pengemudi lainnya dituntut berkendara dalam kecepatan konstan namun tetap lebih tinggi dibandingkan jalan raya, tentu karena karakteristik jalan tol yang bebas hambatan.

Lantas, bagaimana cara mengemudi aman dan benar saat pertama kali berkendara di jalan tol? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Hitung jarak aman

Ilustrasi berkendara di jalan tol

Biasanya jarak aman antar mobil di jalan tol berkisar antara 10-20 meter

Perhitungkan dan jaga jarak aman kendaraan Anda. Selain karena menjadi suatu keharusan dan dipatuhi bagi setiap pengendara, hal ini juga berpengaruh bagi keselamatan  dan kenyamanan selama berkendara untuk Anda maupun orang lain. Biasanya, jarak aman berkendara adalah sekitar 10-20 meter, atau jarak selisih waktu dengan kendaraan di depan Anda 3 detik.

>>> Tahun baru mobil baru? Temukan pilihannya di sini

2. Fokus dan konsentrasi penuh

Mengendarai mobil di jalan tol

Pastikan fokus Anda tetap terjaga dan tidak meleng

Karena karakteristik jalan yang cenderung lurus dan tidak berliku, tak jarang pengendara bosan dan bahkan mengantuk saat mengemudi di jalan tol. Hal tersebut dapat mengalihkan fokus dan konsentrasi, serta sangat berisiko untuk Anda ataupun pengendara lainnya. Untuk mengakali hal tersebut, coba minum air putih atau dengarkan musik untuk membuat diri tetap fokus selama berkendara.

>>> Temukan tips mengemudi lainnya di sini

3. Gunakan lajur lambat

Berkendara di lajur lambat jalan tol

Jika belum yakin dapat memenuhi kecepatan di jalan tol, pakai lajur lambat saja

Jika Anda belum merasa yakin untuk menggunakan jalur cepat tol yang berada di lajur kanan, gunakan lajur kiri untuk menjaga keselamatan Anda dan pengendara lainnya. Biasanya, pada lajur kiri yang merupakan lajur lambat, kecepatan rata-rata berkisar antara 60-80 km/jam.

Dengan mengikuti tips berkendara di jalan tol untuk pemula, Anda tidak akan terlalu canggung saat pertama kali mengendarai mobil di jalan tol, dan menghadirkan suasana aman bagi Anda dan pengendara lainnya. Untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya, simak link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top